Tryout UTBK-SNBT Gratis

Apa itu Uang Pangkal? Berikut ini Pengertian dan Besaran Biayanya

Uang Pangkal Pengertian dan BIayanya

Uang Pangkal pasti akan sering terdengar oleh camaba. Tapi apa sebenarnya uang pangkal itu? kenapa kita harus membayar uang pangkal saat masuk ke Perguruan Tinggi. 

Selain UKT, camaba dan orang tua camaba juga perlu tahu besaran uang pangkal yang akan dibayarkan ketika masuk kuliah. Maka dari itu, mari kita bahas tentang uang pangkal secara lengkap.

Apa Itu Uang Pangkal?

Uang Pangkal adalah biaya yang dibayarkan oleh mahasiswa pada saat awal masuk kuliah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan dibayarkan hanya satu kali selama proses perkuliahan. 

Jika mahasiswa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur SNBT dan SNBP, maka mahasiswa tidak membayar uang pangkal. Sedangkan mahasiswa jalur mandiri akan membayar semacam uang pangkal yang juga sering disebut dengan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang juga dibayarkan oleh mahasiswa saat awal masuk kuliah. 

Setiap kampus mempunyai istilah masing-masing terkait uang pangkal. Namun pada prinsipnya sama yaitu hanya dibayarkan satu kali pada awal masuk kuliah.

Kenapa Ada Uang Pangkal?

Setiap institusi apalagi swasta memerlukan biaya operasional, pengembangan, dan pembinaan pendidikan. Biaya tersebut tidak murah apalagi kampus yang membuka program studi yang memerlukan peralatan mahal, seperti program studi kedokteran. 

Agar bisa menutup biaya operasional tentunya institusi akan memberikan biaya pendaftaran atau uang pangkal kepada mahasiswa.

Hal ini juga mirip dengan Sekolah Menengah Atas yang swasta, dimana ada biaya pendaftaran ulang yang dikenakan untuk siswanya.

Siapa yang Menetapkan Besaran Biaya Uang Pangkal?

Besaran dan ketentuan uang pangkal ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi. Maka dari itu sebelum kita menentukan kampus tujuan, penting juga untuk menanyakan besaran biaya dan ketentuan uang pangkalnya.

Besaran Biaya Uang Pangkal

Biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa sebagai uang pangkal berbeda-beda tiap Perguruan Tinggi. Setiap mahasiswa bisa juga membayar uang pangkal yang berbeda disesuaikan dengan tingkat kemampuan ekonomi penanggung biaya kuliah mahasiswa tersebut. 

Besaran biaya uang pangkal bervariasi mulai dari gratis hingga ada yang sampai 270 juta. 

Sebagai contoh adalah Iuran Pengembangan Institusi (IPI)/uang pangkal di Universitas Airlangga (UNAIR) jalur mandiri tahun 2024/2025 adalah sebagai berikut:

uang pangkal unair

Terlihat pada gambar, biaya IPI kedokteran paling tinggi sebesar Rp275.000.000 (dua ratus tujuh puluh lima juta). Kemudian biaya IPI pada UNAIR jalur mandiri sekitar Rp25.000.000 (dua puluh lima juta).


Jadi apakah kalian sudah ada gambaran apa itu uang pangkal dan besaran biayanya? semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semua camaba di Indonesia.


Referensi:

  • https://ppmb.unair.ac.id/id/page1/biaya-studi-sarjana-mandiri?tabmenu=front-tab-menu-studi-fee-s1&menu=Biaya%20Studi&label=Sarjana
  • https://campus.quipper.com/kampuspedia/uang-pangkal

Posting Komentar

tryout gratis