Tryout UTBK-SNBT Gratis

Contoh Soal Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia UTBK-SNBT


Table of Contents

Literasi dalam Bahasa Indonesia adalah salah satu subtes yang akan muncul pada UTBK SNBT 2024. Subtes ini merupakan bagian dari tes literasi dengan jumlah soal 30 soal.

Selain dari artikel ini, contoh soal literasi dalam bahasa Indonesia juga bisa didapatkan melalui buku snbt 2024 dari Simbus PTN.

Sebelum kita lanjut ke contoh soalnya, terlebih dahulu kita bahas pengertian dan tujuan adanya subtes literasi dalam bahasa Indonesia di UTBK SNBT mendatang.

Apa itu Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia?

Literasi dalam Bahasa Indonesia adalah ujian yang memusatkan perhatian pada Kemampuan Membaca (Reading Literacy). Literasi membaca mengacu pada keterampilan individu dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merenungkan, dan secara aktif serta berkelanjutan berinteraksi dengan teks, dengan tujuan mencapai pencapaian tertentu, memperluas pengetahuan dan potensi, serta berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Contoh Soal Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia

1. Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 26 sampai dengan 30!

(1) Self-love dalam bahasa Indonesia berarti mencintai diri sendiri. (2) Konsep mencintai diri sendiri tidak hanya seputar menjadi percaya diri dan merasa bangga atas diri sendiri. (3) Self-love mencakup hal-hal yang lebih kecil, sederhana, dan lebih mendasar dari itu. (4) Itu mencakup pula hal-hal yang seringkali kita abaikan padahal sangat berpengaruh untuk diri kita.

(5) Pertama, menjaga kesehatan juga termasuk ke dalam bentuk mencintai diri sendiri. (6) Kesehatan adalah hal yang penting dan sangat mendasar untuk dilakukan sebagai manusia. (7) Ketika jatuh sakit akibat tidak menjaga kesehatan, akan lebih sulit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. (8) Menjaga kesehatan pun banyak bentuknya. (9) Makan teratur dan tepat waktu menghindarkan seseorang dari naiknya asam lambung atau maag.

(10) Memilah dan memilih makanan yang sehat pun menjadi hal yang esensial dalam menjaga kesehatan tubuh sebagai bentuk self-love. (11) Badan terasa lebih ringan dan segar serta semangat beraktivitas ketika seseorang mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. (12) Dibandingkan dengan ketika seseorang lebih sering mengonsumsi makanan dan minuman cepat saji, akan lebih sulit untuk fokus dan badan terasa lebih berat serta tidak fresh.

(13) Minum air putih secara rutin dan rajin berolahraga termasuk juga untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh kita. (14) Merujuk artikel riset BMC Public oleh Grimani et al. (2019) yang berjudul The effectiveness of workplace nutrition and physical activity interventions in improving productivity, work performance and workability: a systematic review, nutrisi yang seseorang konsumsi dapat memengaruhi produktivitas, prestasi kerja, dan kemampuan kerja. (15) Maka dari itu, ketika tubuh sudah dirawat, jaga, dan pedulikan, maka tak sulit untuk perlahan membangun rasa percaya diri karena tubuh pun dalam kondisi sehat. (16) Rasa percaya diri itu akan tumbuh ketika seseorang benar-benar menjaga diri sebaik mungkin.

Sumber: (opini.id)

Informasi yang terdapat pada teks di atas adalah ….

A. Jenis-jenis kesehatan tubuh

B. Kondisi badan ketika sudah dirawat dan dijaga

C. Penyebab seseroang tidak dapat self-love

D. Cara mengobati asam lambung dan maag

E. Macam-macam makanan sehat cepat saji

Jawaban: B


2. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E).

Musk dan Kirkhon juga akan tetap memiliki titel lamanya sebagai CEO dan CFO. Tesla tidak menjelaskan apa alasan di balik 21pemerian gelar baru untuk keduanya. Julukan Musk mungkin mengacu pada rencana Tesla membuka tempat pesta bertema techno di bawah pabriknya di Berlin, Jerman. Musk sempat sesumbar bahwa "rave cave" tersebut bakal dibekali woofer sebesar mobil. Di akunnya di Twitter, dia juga menggugah sebuah video lagu electronic tentang non-fungible token (NFT), yakni tipe aset digital yang kepemilikannya diverifikasi dengan blockchain. "Saya menjual lagu tentang NFT ini sebagai NFT," kicaunya. 

(Sumber: Kompas.com, dengan perubahan)

A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

B. Tersambar

C. Sambar

D. Sumber

E. Sumbar

Jawaban: A


3. Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 24 sampai dengan 26!

(1) Barongsai menjadi sebuah legenda berabad-abad bagi warga keturunan Tionghoa di berbagai belahan dunia. (2) Sebuah wujud hewan rekaan yang selalu muncul di tengah keramaian dan keriuhan dengan suara tambur serta petasan yang diyakini sebagai pengusir hal-hal buruk yang akan terjadi, terutama saat Tahun Baru Imlek saat para dewa sedang menghadap Tuhan dan meninggalkan bumi. (3) Barongsai memang berasal dari China atau kebudayaan Tionghoa. (4) Di negeri asalnya barongsai memiliki sejarah ribuan tahun, catatan pertama yang ditemukan berawal pada Dinasti Chin, sekitar tiga abad sebelum masehi. (5) Barongsai merupakan hewan rekaan kepercayaan etnis Tionghoa yang menggambarkan filosofi baik dari hewan singa, anjing, dan kijang, dalam setiap gerakannya. (5) Selain itu juga barongsai adalah pengantar keberkahan dan keberuntungan bagi rumah-rumah yang didatanginya.

(6) Saat masa Orde Baru, beragam aktivitas etnis Tionghoa dibatasi karena stabilitas politik yang kala itu ramai peristiwa G30S. (7) Barongsai pun mulai mati sejak sekitar tahun tahun 1967. (8) “Karena Partai Komunis Indonesia (PKI) dulu memang berafiliasi dengan di China, dari situ semua yang berkaitan dengan China diberantas,” ungkap Guntur Santoso kepada Kompas.com. (9) Dua tempat di Indonesia yang kala itu tetap bisa menampilkan barongsai adalah di Semarang, tepatnya di panggung besar Kelenteng Sam Poo Kong dan di sudut kota Padang, Sumatera Barat.

Sumber: Kompas.com, dengan perubahan

Kalimat (8) pada teks di atas menjelaskan bahwa ….

A. Keadaan politik Indonesia pada masa itu sedang tidak baik sehingga ada pemberantarasan pada masyarakat China

B. Hubungan antara PKI dan China pada masa itu menjadi latar belakang pudarnya barongsai

C. PKI pada masa itu tidak senang terhadap masyarakat etnis Tionghoa

D. Ada anggapan barongsai menjadi acara kebudayaan yang dilakukan oleh anggota PKI

E. Hubungan PKI dan China memperburuk keadaan dan keberagaman kebudayaan di Indonesia pada masa itu

Jawaban: B


4. (1) Bagi hewan, berbagai cara dilakukan agar bisa lepas dari jeratan predator, misalnya pura-pura mati. (2) Taktik ini juga digunakan pada serangga. (3) Salah satu hewan yang menggunakan taktik tersebut adalah kumbang mirip larva bernama antlion terbang (Euroleon nostras). (4) Perilaku tersebut terungkap saat peneliti dari University of Bristol, Inggris, Nigel R Franks bersama rekan-rekannya mencoba mengukur berat badan dan menempatkan serangga itu di timbangan mikro. (5) Seperti dikutip New Scientist, saat serangga itu diletakkan di timbangan, peneliti melihatnya kaku, seperti telah mati.

(6) Mereka kemudian mencatat bahwa serangga tetap tidak bergerak selama beberapa detik hingga lebih satu jam. (7)  Para peneliti menduga, perilaku itu adalah mekanisme bertahan hidup terakhir, ketika berbagai jenis burung pemangsa, seperti dunnock (Prunella modularis), secara tak sengaja menjatuhkan antlion setelah menangkapnya dari lubang pasir. (8) Peneliti lantas memodelkan perilaku antlion menggunakan komputer untuk lebih memahami perilaku pura-pura mati yang disebut sebagai post-contact immobility (PCI) ini. (9) Beberapa faktor digunakan sebagai pertimbangan dalam studi, misalnya aspek perilaku burung atau berapa lama waktu serangga antlion untuk pura-pura mati.

(10) Pemodelan juga menggunakan marginal value theorem yang menggambarkan cara optimal hewan harus makan untuk memaksimalkan efisiensi. (11) Hal tersebut untuk mengukur biaya dan manfaat hewan yang tinggal di satu tempat untuk makan atau memilih untuk pindah ke tempat lain yang lebih kaya sumber daya makanan. (12) Hasil analisis menunjukkan bahwa pura-pura mati benar-benar dapat membantu seekor serangga bertahan hidup.

(13) Para peneliti […] bahwa perilaku ini disebabkan oleh cara berburu burung. (14) Jika burung berburu dengan cara mendeteksi gerakan maka serangga yang "mati" dan tak bergerak adalah sasaran yang sulit. (15) Sebaliknya, serangga yang bergerak di sekitar lebih mudah dideteksi dan dimangsa. (16) Itulah alasan strategi pura-pura mati menjadi taktik yang jitu supaya terbebas dari pemangsa. Ibaratnya, strategi pura-pura mati hampir seperti teknik yang digunakan pesulap untuk mengalihkan perhatian penonton saat melakukan trik sulap.

(17) "Saya menemukan perilaku ini benar-benar memikat sekaligus membingungkan.” (18) Taktik tersebut adalah konsep. (19) Meski begitu, peneliti menyebut bahwa tak ada manfaat pura-pura mati terlalu lama. (20) Dalam pemodelan, periode […] yang lama justru tak akan memberikan perlindungan yang lebih baik. (22) Alasannya, serangga justru berisiko untuk dimangsa oleh pemakan bangkai. (23) Temuan tentang mekanisme pertahanan hidup serangga unik ini dengan pura-pura mati telah dipublikasikan di Biology Letters.

Sumber: Kompas.com, dengan perubahan

Kata itulah yang digunakan kalimat (16) merujuk pada ….

A. Strategi pura-pura mati serangga

B. Gerakan yang dibuat serangga

C. Mudah dimangsa akibat bergerak

D. Serangga yang terdeteksi

E. Deteksi pergerakan serangga

Jawaban: C


5. (1) Anak yang baru lahir berkondisi rentan setelah kekebalan yang diperoleh dari ibunya habis, meski penyakit memberi efek kekebalan sesudah infeksi. (2) Itu sebabnya, infeksi yang terjadi pada anak-anak cukup tinggi terjadi di dunia seperti campak, misalnya. (3) Selain itu, pada penyakit yang hanya punya efek kekebalan sementara dari infeksi natural, orang-orang yang mulai kehilangan kekebalan akan jadi rentan kembali. (4) Sebuah virus atau bakteri juga dapat menghindari ingatan kekebalan lewat mutasi sehingga orang yang memiliki kekebalan terhadap jenis yang lebih tua akan menjadi rentan terhadap penyakit versi baru. (5) Influenza adalah contoh utama.

(6) Kita tidak tahu pasti berapa lama kekebalan dari infeksi Covid-19 ini akan berakhir atau cara vaksin terbaik bisa melindungi kita. (7) Namun, pada virus corona lain yang sudah menjadi endemik di antara populasi manusia, seperti yang biasa menyebabkan flu, imunitas sementara hanya bertahan satu tahun. (8) Hal penting lainnya adalah orang-orang yang punya kekebalan baik dari infeksi maupun vaksinasi, sangat jarang tersebar secara merata di komunitas, negara, bahkan dunia. (9) Tentu, dalam kasus Covid-19, ada daerah yang penularannya lebih intensif dan daerah yang relatif terselamatkan. (10) Tanpa penyebaran yang merata, tidak ada kekebalan komunal bahkan jika telah ada cukup banyak orang yang telah divaksinasi untuk memenuhi ambang batas yang diperkirakan diperlukan.

Sumber: The Conversation Indonesia, dengan perubahan

Pada kalimat (10) dikatakan “Tanpa penyebaran yang merata ….” Penyebaran yang merata yang dimaksud kalimat tersebut berhubungan dengan ….

A. Orang-orang yang sudah divaksinasi

B. Penyebaran penduduk di beberapa daerah

C. Orang dengan kekebalan tubuh yang baik

D. Penyebaran infeksi Covid-19 

E. Penyebaran vaksin di komunitas, negara, atau dunia

Jawaban: C


Kesimpulan

Tes literasi dalam bahasa Indonesia merupakan bagian dari tes literasi dimana terbagi menjadi dua yaitu tes literasi dalam bahasa Indonesia dan tes literasi dalam bahasa Inggris. Tes ini berjumlah 30 soal pilihan ganda dengan waktu pengerjaan 45 menit.

Kita juga bisa mendapatkan prediksi soal tes literasi dalam bahasa Indonesia di buku utbk 2024 Simbus PTN yang ditulis oleh penulis berpengalaman dari perguruan tinggi negeri unggulan Indonesia.

Posting Komentar

tryout gratis