Tryout UTBK-SNBT Gratis

5 PTN yang Tidak Memungut Uang Pangkal di Jalur Mandiri

5 PTN  Tidak Ada  Uang Pangkal  Di Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur masuk kuliah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diadakan langsung oleh perguruan tinggi tersebut. 

Biasanya, mahasiswa yang masuk lewat jalur mandiri, akan dikenakan uang pangkaluang pangkal atau semacamnya yang dibayarkan saat awal masuk kuliah. 

Namun, terdapat beberapa PTN yang tidak memungut uang pangkal di jalur mandiri. 

Informasi ini jadi kabar baik untuk kita semua yang tidak mengikuti ataupun tidak lolos jalur SNBT. Terlebih kampus PTN yang tidak ada uang pangkal di jalur mandiri berikut ini merupakan kampus-kampus ternama di Indonesia. 

Berikut ini daftar PTN yang tidak ada uang pangkal di jalur mandiri.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kebijakan tanpa uang pangkal di UGM sekarang sedang mengalami kontroversial. 

Sejak dulu UGM memang tidak menarik uang pangkal atau biasanya kalo di kampus PTN disebut dengan Iurang Pengembangan Institusi (IPI). 

Sebelum tahun 2023, UGM tidak menarik uang pangkal sepeserpun, hanya membuka opsi Sumbangan Sukarela dari Mahasiswa. Barulah pada tahun 2023, uang pangkal diwajibkan bagi mahasiswa yang mendapatkan UKT golongan tertinggi. 

Namun, pada tahun 2024 ini UGM diisukan akan mewajibkan uang pangkal kepada seluruh mahasiswa jalur mandiri, kecuali yang mendapatkan UKT golongan nol rupiah. 

Tapi kebijakan tersebut belum menjadi keputusan final, mengingat menteri pendidikan Nadiem Makarim telah membatalkan kenaikan UKT dan IPI bagi kampus PTN. 

Saat ini belum ada informasi resmi dari UGM, apakah akan tetap menjadi PTN tanpa uang pankal lewat jalur mandiri, atau sebaliknya. 

Kita tunggu saja pengumuman resminya dari pihak UGM.

2. Universitas Indonesia

Sobat simbus bisa berkesempatan mendapatkan gratis uang pangkal jalur mandiri UI. 

Universitas Indonesia membuka jalur mandiri yang diberi nama SIMAK UI. Mereka memang menarik uang pangkal, akan tetapi hanya dikenakan kepada mahasiswa yang mendapatkan UKT golongan 3, 4, dan 5 saja. 

Jika kamu berhasil mendapatkan UKT golongan 1 dan 2, maka kamu tidak perlu membayar Iuran Pengembangan Institusi (IPI) alias uang pangkal. 

3. UIN Seluruh Indonesia

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) atau juga sering dikenal dengan Universitas Islam Negeri (UIN) merupakan Perguruan Tinggi Negeri berbasis keagamaan Islam. 

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 82 tahun 2023. PTKIN dilarang untuk memungut uang pangkal dan pungutan lain selain UKT.

Jadi jika ingin kuliah dengan biaya yang relatif terjangkau, kalian bisa memilik kampus PTKIN. 

Selain terjangkau, kampus PTKIN juga tidak kalah saing dengan PTN biasa. Kami juga sudah mengulas PTKIN terbaik di Indonesia di blog Simbus PTN. Kalian bisa membaca selengkapnya jika ingin mendapatkan informasi tentang PTKIN di Indonesia.

4. Universitas Sriwijaya

Mahasiswa yang lolos lewat Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) atau jalur mandiri USRI hanya membayar UKT sesuai golongan dan tidak dipungut uang pangkal. Kecuali untuk program studi kedokteran yang harus membayar Biaya Operasional Pendidikan (BOP) sebesar 200 juta, biaya Preklinik, dan biaya klinik.

5. Universitas Terbuka

Universitas Terbuka merupakan PTN ke-45 di Indonesia dan merupakan salah satu PTN yang tidak memungut biaya uang pangkal bagi mahasiswa yang lolos jalur mandiri.

Universitas Terbuka merupakan PTN yang menerapkan pembelajaran secara daring, sehingga diatas kertas memang tidak memerlukan uang pangkal yang biasanya digunakan oleh kampus untuk biaya operasional.


Selain 5 PTN di atas, Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga tidak memungut uang pangkal untuk mahasiswa yang lolos jalur mandiri, akan tetapi hal tersebut khusus untuk jalur seleksi prestasi.

Dari kelima PTN yang tidak memungut uang pangkal di atas, mana yang menjadi favorit kalian?


Referensi:

  • https://masuk-ptn.com/artikel/detail/ptn-tidak-ada-uang-pangkal-jalur-mandiri
  • https://nasional.tempo.co/read/1872845/aksi-menginap-mahasiswa-ugm-di-gedung-rektorat-universitas-gadjah-mada-protes-iuran-pembangunan-institusi
  • https://um.ugm.ac.id/uang-kuliah-tunggal-ukt-dan-iuran-pengembangan-institusi-ipi-universitas-gadjah-mada-tahun-akademik-2024-2025/

Posting Komentar

tryout gratis