Tryout UTBK-SNBT Gratis

7 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Terbaik di Indonesia


Berbeda dengan PTN yang berada di bawah naungan Kemendikbud Ristek, PTKIN atau Perguruan Tinggi Keagamana Islam Negeri berada di bawah naungan Kemenag. PTKIN terdiri dari 3 jenis yaitu, Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN). 

Jumlah PTKIN di Indonesia saat ini sebanyak 59 unit, dari jumlah tersebut, PTKIN mana saja yang terbaik di Indonesia? 

Untuk menjawabnya kita bisa melihat data 100 perguruan tinggi terbaik versi Edurank, dimana 7 PTKIN di bawah ini masuk di dalamnya. Apa saja kampusnya? mungkin ada kampus incaranmu. Mari kita bahas.

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Terbaik di Indonesia

1. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menempati urutan 30 dari 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan menempati urutan pertama untuk Perguruan Tinggi Islam Negeri terbaik di Indonesia. 

Walaupun namanya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, akan tetapi kampus utamanya terletak di Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten. 

Di UIN Syarif Hidayatullah terdapat 13 fakultas yang menaungi lebih dari 40 program studi, dengan fasilitas yang lengkap dan modern, menjadikan UIN Syarif Hidayatullah salah satu kampus Islam yang jadi incaran calon mahasiswa. 

2. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

PTKIN terbaik di Indonesia berlokasi di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Menempati urutan ke 32 dari 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia, menjadikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terbaik kedua PTKIN di Indonesia.

Apa saja fasilitas dari PTIKIN terbaik kedua ini? 

UIN Sunan Kalijaga menawarkan fasilitas yang lengkap seperti, gedung kuliah yang nyaman, laboratorium agama Masjid Sunan Kalijaga, UPT perpustakaan, pusat pengembangan bahasa (P2B), dan masih banyak lagi.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Universitas Ilsam Negeri yang berada di Bandung ini menempati urutan ke-3 dalam daftar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri terbaik di Indonesia. 

Berdasarkan Edurank, UIN Sunan Gunung Djati juta menempati urutan ke-35 dalam nominasi 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

4. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Malang juga terkenal sebagai Kota Pendidikan, dengan jumlah perguruan tingginya lebih dari lima puluh. Oleh karena itu tidak meherankan lagi kalau UIN Maualana Malik Ibrahim Malang menjadi salah satu PTKIN terbaik di Indonesia.

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menempati urutan ke 48 dalam daftar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, kemudian posisi empat dalam PTKIN terbaik di Indonesia.

5. Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau

Perguruan tinggi terbaik ke-66 di Indonesia ini, menempati urutan ke-5 PTKIN terbaik yang dimiliki Indonesia.

UIN Sulthan Syarif Kasim berada di Jl. HR. Soebrantas No.Km. 15, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Dilengkapi dengan 9 fakultas yang menaungi 50an program studi dan sarana prasana mumpuni, menjadikan UIN Riau ini layak menjadi salah satu PTKIN terbaik di Indonesia.

6. Universitas Ilsam Negeri Sumatera Utara

PTKIN terbaik di Indonesia selanjutnya berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara. 

UINSU awalnya berdiri dengan nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN SU) pada tahun 1973. Kemudian alih status IAIN SU menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara telah disetujui dengan Perpres No. 131/2014 tanggal 16 Oktober 2014 oleh Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

7. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

UIN Sunan Ampel berada di salah satu kota terbaik untuk kuliah, yaitu Kota Surabaya. Perguruan tinggi negeri ini menempati peringkat ke-100 dari 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. 

UIN Sunan Ampel juga sudah menyandang akreditasi "Unggul" dari Badang Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 


Demikian daftar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) terbaik di Indonesia. Kamu yang masih bingung memilih kampus tujuan di snbt, bisa banget untuk mempertimbangkan kampus di atas untuk masuk dalam list tujuanmu.


Posting Komentar

tryout gratis