Tryout UTBK-SNBT Gratis

11 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Introvert


Setiap orang memiliki tipe kepribadiannya masing-masing, ada yang introvert, extrovert, dan ambivert. Namun pada artikel ini kita akan fokus membahas rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk orang introvert.

Mengutip dari hellosehat.com setiap orang memiliki unsur introvert dan ekstrovert akan tetapi ada yang lebih didominasi oleh kepribadian introvert, dan selanjutnya orang tersebut disebut memiliki kepribadian introvert.

Bagi orang introvert memilih jurusan kuliah yang tepat sangatlah penting, karena tidak semua jurusan cocok untuk orang introvert, seperti ilmu komunikasi yang mengedepankan interaksi dengan banyak orang, bagi yang introvert akan susah untuk menghadapi situasi tersebut. Lalu apa saja jurusan yang cocok untuk orang introvert? Yuk kita bahas di bawah ini.


1. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika berfokus mempelajari dan mengembangkan sistem operasi, perangkat lunak, dan kinerja komputer. 

Mahasiswa jurusan ini akan lebih banyak menghabiskan waktunya di depan komputer, sehingga tidak memerlukan interaksi dengan banyak orang. 

Biasanya lulusan jurusan ini akan menjadi seorang programer web, programer aplikasi, hingga ui-ux desainer. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorit karena terkenal dengan prospek kerjanya yang luas, baik bekerja di perusahaan maupun menjadi seorang freelancer. Pada jalur snbt juga banyak yang memilih jurusan teknik informatika, coba cek peluang lulus snbt teknik informatika di tryout snbt Simbus PTN.

2. Akuntansi

Jurusan ini identik dengan perempuan, karena memang jurusan ini memerlukan ketelitian dan kedisiplinan, dimana perempuan terkenal memiliki dua sifat tersebut. Selain itu, jurusan ini juga minim interaksi langsung dengan manusia, sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian introvert. 

FYI dibeberapa kampus unggulan seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjadh Mada (UGM), akuntansi menjadi jurusan yang paling banyak diminati.

Prospek kerjanya juga bagus, karena orang yang memiliki keahlian menghitung, mengelola, membuat laporan keuangan dibutuhkan oleh tiap perusahaan. Bagaimana tertarik dengan jurusan akuntansi?

3. Farmasi

Ingin bekerja di dunia medis tapi tidak ingin jadi dokter atau perawat? Jurusan Farmasi bisa menjadi alternatif terbaik. Jurusan ini mempelajari obat-obatan, termasuk cara mengenali struktur senyawa obat dan cara mensinstesisnya. Kamu juga kan belajar cara meracik, melakukan formulasi, hingga menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. 

4. Ilmu Perpustakaan

Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang jurusan Ilmu Perpusatakaan. Jurusan ini melibatkan banyak keahlian di bidang informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan, dan menyimpan data. Jika kamu menikmati bekerja dengan penyimpanan data dan bermimpi untuk berkarier dalam bidang perpustakaan dan pengarsipan, maka jurusan ini sangat sesuai untuk kamu.

5. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi adalah program studi yang mempelajari integrasi teknologi informasi dan manajemen bisnis untuk mengelola informasi di organisasi. Mahasiswa belajar tentang pengembangan perangkat lunak, analisis sistem, manajemen database, dan strategi teknologi informasi untuk mendukung tujuan bisnis. 

6. Filsafat

Jurusan Filsafat adalah program studi yang mempelajari konsep-konsep dasar tentang realitas, pengetahuan, nilai, etika, dan eksistensi manusia. Mahasiswa filsafat sering terlibat dalam penelitian dan analisis yang mandiri, yang dapat dilakukan dengan lebih baik oleh individu yang cenderung menikmati waktu sendirian dan fokus pada pemikiran mendalam. Hal itulah yang mendasari mengapa jurusan ini cocok untuk kamu yang introvert.

7. Sains/Ilmu Pengetahuan Alam

Ketika kita memutuskan untuk berkuliah di Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, artinya kita sudah siap untuk mendidikasikan waktu melakukan penelitian, mengerjakan tugas-tugas, hingga melaporkan penelitiannya. Mungkin dalam beberapa kasus kita akan berinteraksi dengan orang banyak, namun kebanyakan penelitian yang dilakukan adalah pekerjaan individu maupun kelompok kecil. 

Jurusan yang termasuk dalam sains termasuk banyak, seperti Teknik Fisika, Kimia, Biologi, dan masih banyak lagi. Orang introvert cocok masuk dijurusan ini karena akan lebih banyak memenghabiskan waktu sendiri untuk mempelajari hal-hal baru seperti yang telah disebutkan di atas.

8. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Mahasiswa belajar tentang desain grafis, ilustrasi, tipografi, fotografi, dan media digital. 

Mereka mengembangkan pemahaman tentang komunikasi visual, estetika, dan psikologi audiens. 

Jurusan ini menghasilkan profesional yang terampil dalam merancang identitas merek (brand identity), publikasi, kampanye iklan, dan media digital, serta memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan pesan secara jelas dan menarik melalui berbagai media visual.

9. Psikologi

Sebagian besar Program Studi Psikologi melibatkan pengamatan, analisis, dan refleksi yang lebih mendalam daripada interaksi sosial yang aktif. Seorang introvert mungkin menemukan kepuasan dalam penelitian, analisis data, atau kerja mandiri dalam memahami teori-teori psikologi dan memecahkan masalah.

10. Bisnis Digital

Banyak aspek pembelajaran pada Program Studi Bisnis Digital yang berfokus pada teknologi dan analisa data, sejalan dengan itu, anak introvert juga suka dalam menganalisa sesuatu dan bekerja secara mandiri. 

11. Arsitektur

Jurusan arsitektur melibatkan banyak waktu yang dihabiskan untuk penelitian, desain, dan pengembangan konsep, yang seringkali dapat dilakukan secara mandiri.


Demikian informasi mengenai jurusan kuliah yang cocok untuk anak introvert, jika kamu merasa introvert jurusan-jurusan di atas bisa menjadi pertimbangan untuk pilihan jurusan kalian. Kamu juga bisa cek kelulusan target jurusanmu di jalur SNBT lewat Simbus PTN.

Posting Komentar

tryout gratis