Tryout UTBK-SNBT Gratis

Jurusan Akuntansi, Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya


Keuangan adalah komponen yang sangat penting bagi keberlangsungan suatu bisnis. Maka dari itu, seseorang yang menguasai keahlian dalam pengelolaan keuangan, menyusun laporan, hingga mengurus perpajakan sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Nah jurusan yang berhubungan dengan hitung menghitung uang adalah jurusan akuntansi. Tapi jurusan akuntansi bukan hanya sekedar menghitung uang loh. Bagi kamu yang masih penasaran dengan jurusan akuntansi,  yuk simak pembahasan berikut sampai habis.


Apa itu Jurusan Akuntansi?

Jurusan akuntansi adalah  salah satu program studi di perguruan tinggi yang membahas tentang proses pengukuran, pengungkapan, dan analisis informasi keuangan suatu entitas. Entitas tersebut bisa berupa perusahaan, organisasi non-profit, pemerintah, atau individu. 

Tujuan dari jurusan ini adalah untuk menghasilkan profesional yang mampu mengelola, menganalisis, dan menyajikan informasi keuangan dengan baik dan akurat. 

Akuntansi juga menjadi salah satu rekomendasi jurusan kuliah untuk introvert, jika tertarik dengan jurusan ini, yuk cek peluang kelulusanmu di tryout snbt Simbus PTN. Gratis!


Lalu Apa Saja Mata Kuliah yang Akan Dipelajari Oleh Mahasiswa Akuntansi?

Jurusan akuntansi menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati saat ini, penasaran dengan mata kuliah jurusan akuntansi? berikut daftar dan penjelasannya.


Pengantar Akuntansi

Diawal kuliah kita akan mempelajari dasar-dasar akuntansi yang tergabung dalam pengantar akuntansi. Pada mata kuliah ini kita akan mengenal berbagai teknik dan metode yang digunakan dalam mencatat, mengukur, dan melaporkan aktivitas keuangan suatu entitas. 

Biasanya pengantar akuntansi akan mencakup topik-topik berikut:

  • Konsep dasar akuntansi
  • Proses pencatatan transaksi
  • Penyusunan laporan keuangan
  • Analisis laporan keuangan
  • Etika dalam akuntansi

Pengatar Ekonomi

Mata kuliah jurusan akuntansi ini juga diajarkan pada awal semester, dimana kita akan mempelajari berbagai macam prinsip ekonomi yang mendasari ekonomi suatu negara atau entitas.

Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini seperti Mikroekonomi, Makroekonomi, Sistem Ekonomi, teori nilai dan distribusi, dan ekonomi global.

Akuntansi Keuangan 

Mata kuliah Akuntansi Keuangan adalah mata kuliah yang mendalami prinsip-prinsip dasar dan teknik-teknik yang digunakan dalam mempersiapkan, menganalisis, dan menyajikan informasi keuangan suatu entitas kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti pemegang saham, kreditur, pemerintah, dan lain sebagainya.

Pengantar Manajemen

Selain hitung menghitung keuangan, mahasiswa jurusan akuntansi juga akan mempelajari manajemen, seperti mata kuliah pengantar manajemen ini. 

Mata kuliah pengantar manajemen adalah mata kuliah yang memberikan pemahaman yang kuat tentang fungsi-fungsi manajemen, teori-teori manajemen, dan praktik-praktik manajemen yang digunakan dalam berbagai organisasi.

Akuntansi Biaya

Mata kuliah Akuntansi Biaya, juga dikenal sebagai Akuntansi Manajemen Biaya, adalah mata kuliah yang membahas tentang pengukuran, analisis, dan pengendalian biaya produksi serta pengeluaran lainnya dalam konteks manajemen perusahaan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana informasi biaya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan manajerial yang efektif.

Mata kuliah Akuntansi Biaya sangat penting karena memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa jurusan akuntansi untuk memahami bagaimana biaya dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam proses produksi dan bagaimana informasi biaya dapat digunakan secara efektif untuk mengelola operasi perusahaan. 

Matematika Dasar untuk Ekonomi dan Bisnis

Mata kuliah "Matematika Dasar untuk Ekonomi dan Bisnis" adalah mata kuliah yang dirancang khusus untuk memberikan pemahaman dasar tentang konsep matematika yang diperlukan dalam konteks ekonomi dan bisnis.

Selain mata kuliah yang disebutkan di atas, masih banyak mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan akuntansi. Biasanya tiap perguruan tinggi akan berbeda porsi dan waktu pengajarannya. Kami sarankan langsung mencari informasi mata kuliah tersebut di website resmi perguruan tinggi yang akan kamu tuju.


Prospek Kerja Lulusan Jurusan Akuntansi

Kalau menjadi salah satu jurusan favorit calon mahasiswa Indonesia, itu berarti peluang karirnya juga luas, apa saja pekerjaan yang bisa diarih oleh lulusan akuntansi?

Akuntan Publik

Bekerja di firma akuntansi publik atau konsultan keuangan untuk memberikan jasa audit, perpajakan, dan konsultasi keuangan kepada klien-klien perusahaan.

Akuntan Manajemen

Bekerja di departemen keuangan perusahaan untuk menyusun laporan keuangan, melakukan analisis biaya, penganggaran, dan perencanaan keuangan, serta memberikan rekomendasi manajemen.

Auditor Internal

Bekerja di departemen internal perusahaan untuk mengevaluasi efektivitas sistem pengendalian internal, melakukan audit internal, dan memberikan rekomendasi perbaikan.

Analis Keuangan

Bekerja di perusahaan atau lembaga keuangan untuk melakukan analisis laporan keuangan, memprediksi kinerja keuangan, serta memberikan saran investasi dan keputusan keuangan.

Konsultan Pajak

Bekerja di firma konsultan pajak atau perusahaan untuk memberikan jasa perencanaan pajak, pemenuhan kewajiban pajak, dan strategi pengurangan pajak kepada klien.

Manajer Keuangan

Bekerja di departemen keuangan perusahaan untuk mengelola kebijakan keuangan, mengelola arus kas, manajemen risiko keuangan, serta mengambil keputusan investasi dan pendanaan.

Pengajar atau Peneliti

Bekerja sebagai pengajar atau peneliti di perguruan tinggi atau lembaga penelitian untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang akuntansi.

Wirausaha

Memulai bisnis sendiri sebagai konsultan akuntansi, akuntan independen, atau pengusaha di bidang terkait akuntansi dan keuangan.


Bagaimana dengan penjelasan di atas? apakah tertarik dengan jurusan akuntansi? semoga penjelasan megnenai jurusan akuntansi tersebut bisa membantu teman-teman dalam menentukan jurusan kuliah.

Posting Komentar

tryout gratis