Tryout UTBK-SNBT Gratis

Terbukti Ini 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat


Simbus PTN - Memilih jurusan kuliah merupakan hal crusial yang harus dilakukan sebelum melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Menurut Irene Guntuh, seorang ahli psikolog pendidikan dari Integrity Development Felxibility (IDF) sebanyak 87% mahasiswa salah mengambil jurusan kuliah.

Banyak faktor yang mempengaruhi kesalahan dalam memilih jurusan tersebut, seperti kurangnya pemahaman terhadap jurusan kuliah tersebut, tekanan dari orang tua/keluarga, mengikuti teman, tidak memahami peluang karier, hingga kurangnya minat dalam bidang tersebut.

Kita bisa mengatasi penyesalan dalam memilih jurusan tersebut, dengan melakukan hal-hal berikut ini.

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Bagi Sobat Simbus yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, ikuti beberapa cara ini.

1. Mengenali Kekuatan, Kelemahan, dan Bakat Diri

Banyak cara mengenali bakat diri, salah satunya mengikuti Test Assessment Talent Mapping. Dalam test ini kita akan diberikan pertanyaan yang harus diisi dengan jujur agar bisa mendapatkan data minat atau bakat hingga kita termasuk pribadi yang produktif atau bukan. 

2. Buat Daftar Jurusan yang Sesuai Minat

Langkah kedua dalam memilih jurusan kuliah yang tepat adalah melakukan riset program studi atau jurusan yang sesuai dengan minat. Dengan begitu kita sudah memasuki tahapan yang benar untuk meminimalisir resiko kesalahan dalam memilih jurusan kuliah.

3. Perhatikan Jenjang Pendidikan

Perlu diketahui dalam dunia perkuliahan kita diharuskan memilih jenjang program studi yang terdiri dari D3, D4, hingga S1. Kita harus memperhatikan jenjang program studi tersebut agar tidak salah langkah dalam memilih jurusan, karena akan berdampak pada karier dan proses pendidikan itu sendiri.

Jenjang Diploma Tiga (D3) dan Diploma Empat (D4) atau sekarang disebut sarjana terapan merupakan bagian dari Program Vokasi yang dalam praktik pembelajarannya banyak mengedepankan praktik lapangan dan sedikit teori.

Sedangkan program sarjana (S1) akan lebih banyak teori dan sedikit praktik, biasanya jenjang ini banyak dipilih oleh mahasiswa karena memiliki prospek kerja yang tinggi dan penjenjangan pendidikan yang lebih mudah.

Akan tetapi pilihan jenjang tersebut harus disesuaikan dengan kemamuan dan peluang yang kamu inginkan.

4. Ketahui Peluang Karir

Mengetahui peluang karir dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat adalah hal yang penting karena akan berdampak pada nasib pekerjaan kita dimasa depan. 

Tentunya dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat ini, kita juga harus memiliki kemampuan menganalisa peluang. Kira-kira profesi dibidang apa yang akan banyak dibutuhkan dimasa depan. Kita harus memikirkan masa depan, karena pendidikan di perguruan tinggi juga tidak sebentar. 

Pastikan jurusan yang kamu tentukan sesuai minat, lalu pastikan jurusan dan minat tersebut masih relevan tidak dengan perkembangan zaman sekarang ini.

Apakah pekerjaan dari lulusan jurusan yang kamu pilih masih banyak dicari atau sebaliknya. Kita haru mengetahui hal itu.

Cara mengetahui peluang karir dengan cepat salah satunya dengan melihat profil lulusannya, apakah bekerja pada bidang yang sama atau justru melompat dibidang lain.

5. Menentukan Kampus Tujuan

Dalam tahap ini mungkin kita sudah menentukan jurusan yang akan dipilih, tapi masih bingung memilih perguruan tinggi mana yang akan kita tuju. 

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat memilih kampus tujuan ini, seperti akreditasi jurusan, profil lulusan, reputasi kampus, hingga letak geografis.

Mengapa kami meletakan letak geografis sebagai hal yang harus diperhatikan? karena menurut kami hal itu bisa berpengaruh kepada kemudahan akses dan juga faktor finansial. Jika letak kampusnya jauh hingga berada diluar pulau, maka kita perlu mengeluarkan biaya lebih untuk sewa tempat tinggal dan berdaptasi dengan lingkungan sekitar.

6. Biaya Kuliah

Jika kita tidak mendapatkan beasiswa, maka harus memikirkan dengan matang masalah biaya kuliah ini. Jangan terlalu memaksakan memilih jurusan kuliah yang mengeluarkan biaya terlalu tinggi jika finansial belum mampu mengcover semua biayanya.

Alangkah baiknya kita pandai dalam memilih jurusan kuliah dengan harga terjangkau akan tetapi peluang kerjanya yang tinggi.

Alternatif lain ya kita harus mendapatkan beasiswa agar meringankan biaya pendidikan.

Cara memilih jurusan kuliah yang satu ini seringkali membuat galau para calon mahasiswa.

7. Perhatikan Jalur Masuk 

Jalur masuk perguruan tinggi swasta tidaklah ribet dan banyak. Namun yang harus diperhatikan jika kita akan memasuki Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kita harus jeli dalam menentukan jalur masuknya, apakah mengikuti SNBP, SNBT, atau Jalur Seleksi Mandiri. 

Masing-masing jalur memiliki kualifikasi dan kesulitan masing-masing, maka dari itu perlu adanya persiapan dan perencanaan yang matang.

8. Cek Peluang Lulus 

Cara memilih jurusan kuliah yang terakhir adalah dengan cara mengecek peluang lulus dalam memasuki jurusan tersebut. 

Biasanya hal ini dilakukan bagi peserta snbt yang diwajibkan memilih 1 hingga 4 program studi. 

Kita bisa mengetahui peluang lulus snbt melalui tryout snbt Simbus PTN.


Demikian 8 cara memilih jurusan kuliah yang tepat, agar tidak menimbulkan penyesalan ditengah jalan.

Bijak dalam memilih jurusan, bijak dalam melihat peluang, agar masa depan gemilang.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Posting Komentar

tryout gratis