Tryout UTBK-SNBT Gratis

25 Organisasi Mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta

organisasi mahasiswa di UNJ

Dunia perkuliahan adalah dunia yang sedikit berbeda dengan sekolah menengah atas. Mulai dari pergaulan, sistem pembelajaran, hingga macam-macam organisasi yang ada di dalamnya.

Dunia perkuliahan juga terkenal dengan banyaknya organisasi kemahasiswaan, mulai dari organisasi masing-masing jurusan sampai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Di artikel ini kita akan membahas sedikit mengenai organisasi yang ada di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jakarta, yaitu Universitas Negeri Jakarta.

Universitas Negeri Jakarta adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Jakarta, dan merupakan PTN berbadan hukum atau PTN-BH.

Bagi kamu yang ingin masuk atau sudah diterima di Universitas Negeri Jakarta dan tertarik untuk aktif di organisasi kemahasiswaannya, mari kita bahas beberapa organisasinya di bawah ini.

Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Negeri Jakarta

Berikut ini daftar organisasi kemahasiswaan yang bisa kita ikuti jika berkuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Jakarta

Banyak manfaat yang bisa kita dapat jika bergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ini. Salah satunya adalah mengembangkan soft skill, critical thinking, sampai networking. 

BEM berfungsi sebagai jembatan antara mahasiswa dan pihak kampus untuk menyampaikan aspirasi, keluhan, atau usulan mahasiswa kepada pihak universitas untuk perbaikan kondisi kampus.

2. Unit Kesenian Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Bagi kalian yang minat dibidang seni, UKM atau Unik Kesenian Mahasiswa UNJ ini bisa menjadi pilihan organisasinya. 

Disini kita bisa mengembangkan bakat seni kita menjadi lebih baik lagi, bisa bertukar pikiran, hingga mengadakan event kesenian. 

3. Lembaga Dakwah Kampus Salim Universitas Negeri Jakarta

LDK Salim UNJ hadir sebagai angin perubahan menuju masyarakat madani dengan mengoptimalkan peran LDK baik di dalam maupun di luar kampus, melalui program-program pelayanan yang tepat dan bermanfaat bagi civitas akademika UNJ, membina para muslim dan muslimah secara kontinu, serta mengawal isu-isu nasional dan internasional dengan penuh tanggung jawab.

4. Racana Pramuka Universitas Negeri Jakarta

Pramuka “Racana” adalah organisasi kepramukaan di tingkat universitas yang memberikan pengalaman seru bagi para anggotanya. Dengan fokus pada jenjang pandega, organisasi ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kepemimpinan dan kemandirian di kalangan mahasiswa. Bergabunglah dan nikmati berbagai kegiatan yang mendidik serta mengasyikkan, sambil menjalin persahabatan dan keterampilan hidup yang tak ternilai.

5. Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) UNJ

Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) UNJ adalah wadah bagi mahasiswa Kristen di Universitas Negeri Jakarta untuk bertumbuh dalam iman melalui persekutuan, firman Tuhan, dan doa. 

Dengan visi membentuk mahasiswa yang siap menjadi garam dan terang di dalam panggilan mereka, PMK UNJ berfokus pada penginjilan, pembinaan spiritual, pelipatgandaan pelayanan, dan pengutusan. 

PMK UNJ berupaya membina mahasiswa agar bertumbuh dalam pengenalan yang benar akan Tuhan, memperlengkapi mereka untuk melayani, dan mengutus mereka untuk mewujudkan Amanat Agung Kristus di kampus dan lingkungan sekitarnya.

6. Badan Penyelenggara Radio Siaran Era FM Universitas Negeri Jakarta

Badan Penyelenggara Radio Siaran Era FM Universitas Negeri Jakarta berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan mahasiswa serta masyarakat kampus melalui media informasi, komunikasi, dan pendidikan. Dengan mengoptimalkan peran institusi perguruan tinggi, Era FM berkomitmen untuk menjadi wadah yang informatif dan edukatif bagi seluruh civitas akademika UNJ.

7. Lembaga Pers Mahasiswa Didaktika Universitas Negeri Jakarta

Lembaga Pers Mahasiswa Didaktika Universitas Negeri Jakarta berkomitmen menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi dengan menjadi media yang berpikir kritis dan merdeka, serta mendorong civitas akademika untuk mengembangkan wawasan dan keterampilan berpikir secara independen.

8. Keluarga Mahasiswa Hindu Budha Universitas Negeri Jakarta

Organisasi ini menjadi wadah bagi mahasiswa beragama Hindu dan Buddha untuk melakukan berbagai kegiatan kerohanian dan kemahasiswaan, yang mendukung pengembangan spiritualitas serta kebersamaan di lingkungan kampus.

9. Unit Kegiatan Olahraga Mahasiswa (UKO) Universitas Negeri Jakarta

Organisasi kemahasiswa di UNJ ini menaungi hingga 37 Klub Olahraga yang ada di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). 

Jadi, kalian yang mengambil jurusan olahraga ataupun minat dengan olahraga, bisa menjadi salah anggota UKO UNJ ini.

10. Kelompok Peneliti Muda Universitas Negeri Jakarta

UNJ juga memiliki organisasi kemahasiswaan yang mewadahi dan mendukung para mahasiswanya yang memiliki semangat lebih dibidang penelitian di era globalisasi ini.

11. Resimen Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Berfungsi sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi, minat, dan bakat dalam hal pembelaan negara secara teratur dan terarah, dengan tujuan membentuk karakter yang disiplin dan cinta tanah air.

12. Kelompok Mahasiswa Peminat Fotografi UNJ

Bagi peminat photography, tak perlu risau jika ingin perbanyak teman sesama pecinta photography, karena di UNJ memiliki organisasi tersendiri bagi mahasiswa-mahasiswa yang menekuni dan minat dibidang tersebut.

13. Majelis Tinggi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Majelis Tinggi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta merupakan organisasi pemerintahan mahasiswa yang menjalankan peran legislatif di tingkat universitas.

Organisasi ini berfungsi sebagai wadah representasi mahasiswa dalam menyuarakan aspirasi dan kepentingan mereka, serta berperan dalam merumuskan, menetapkan, dan mengawasi pelaksanaan kebijakan yang mendukung kesejahteraan seluruh mahasiswa UNJ. 

Sebagai badan legislatif, Majelis Tinggi Mahasiswa juga bekerja sama dengan berbagai elemen kampus untuk menciptakan lingkungan kampus yang demokratis, inklusif, dan kondusif bagi perkembangan akademik serta non-akademik mahasiswa.

14. Kelompok Sosial Pecinta Anak Universitas Negeri Jakarta

Kelompok Sosial Pecinta Anak (KSPA) Universitas Negeri Jakarta adalah organisasi mahasiswa yang mengedepankan kegiatan sosial dan pengajaran, terutama untuk pendidikan anak usia dini. 

KSPA hadir dengan tujuan memberikan kesempatan kepada anak-anak dari keluarga pra-sejahtera untuk merasakan pendidikan yang layak sejak usia dini. 

Melalui kegiatan pendidikan pra-sekolah atau PAUD, KSPA berupaya menciptakan ruang belajar yang inklusif, memberikan anak-anak kesempatan untuk berkembang dalam lingkungan yang aman dan mendukung. 

15. SIGMA TV Universitas Negeri Jakarta

SIGMA TV Universitas Negeri Jakarta adalah sebuah organisasi mahasiswa yang berperan sebagai wadah pembelajaran dan pusat pengembangan keterampilan di bidang audio visual berbasis kampus. 

Dengan fokus pada produksi konten kreatif dan edukatif, SIGMA TV berupaya menjadi barometer bagi organisasi sejenis, baik di tingkat regional maupun nasional. 

Organisasi ini menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar, berkreasi, dan mengembangkan minat di dunia media penyiaran, sekaligus menjadi representasi kemampuan mahasiswa UNJ dalam bidang audio visual yang berdaya saing tinggi.

16. Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra (KMPA) Universitas Negeri Jakarta

KMPA sudah ada sejak tahun 1981 dan terus berkomitmen mewadahi mahasiswa UNJ yang memiliki minat dalam berkegiatan di alam bebas, serta nilai menjaga kelestarian lingkungan. 

KMPA merupakan organisasi kemahasiswaan UNJ yang memiliki tujuan memberikan pembeniaan terhadap mahasiswa UNJ dalam bidang kelestarian lingkungan dan kegiatan petualangan di alam bebas.

17. Lembaga Kajian Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Lembaga Kajian Mahasiswa UNJ adalah sebuah wadah yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan ilmiah dan penalaran kritis mahasiswa. 

Organisasi ini berfokus pada membangun mahasiswa yang dinamis, berpikiran terbuka, dan memiliki semangat akademis yang tinggi. 

Melalui berbagai kegiatan kajian, diskusi, dan penelitian, Lembaga Kajian Mahasiswa berusaha menciptakan insan akademis yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga bermoral dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

18. Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

19. Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Negeri Jakarta

20. KSR Palang Merah Indonesia Unit Universitas Negeri Jakarta

21. PIK R Atenna Universitas Negeri Jakarta

22. Batavia Tim Universitas Negeri Jakarta

23. Robotic Club Universitas Negeri Jakarta

24. Entrepreneur Club Universitas Negeri Jakarta

25. ISAU UNJ


Kesimpulan

Organisasi kemahasiwaan UNJ menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka pada bidang masing-masing. 

Pilihan organisasi di UNJ juga cukup beragam, mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Pramuka, Pecinta Alam, sampai organisasi pecinta anak yang befokus memberikan pendidikan kepada anak-anak juga ada. 

Jadi, bagi kalian yang masuk di UNJ, tidak bingung lagi ingin mengembangkan bakat dan minatnya, karena hampir semua sudah ada wadahnya.

Posting Komentar