Tryout UTBK-SNBT Gratis

Perbedaan Politeknik, Universitas, Institut Hingga Akademi

perbedaan politeknik dan universitas

Lulus SMA bukan berarti kita selesai untuk belajar, namun ada jenjang pendidikan yang lebih tinggi yang menyambut kita, terdapat beberapa pilihan pendidikan tinggi, seperti politeknik, universitas, institut, sekolah tinggi, hingga akademi. 

Kita yang barus lulus SMA sederajat pasti bertanya-tanya, apakah mereka hanya berbeda dinama saja atau dari segi penyelenggaraan pendidikan tinggi terdapat perbedaan? So mari kita bahas perbedaan antara politeknik, univeristas, institut hingga akademi. 

Perbedaan Jenis Perguruan Tinggi

Berikut adalah pembahasan perbedaan jenis-jenis perguruan tinggi di atas, mulai dari definisi hingga tujuannya.

1. Politeknik

Berdasarkan KBBI Kemendikbud RI Politeknik merupakan hal-hal yang bersangkutan dengan pengajaran dan ilmu-ilmu terapan. 

Jadi Politeknik merupakan salah satu jenis Perguruan Tinggi yang berfokus pada aspek keterampilan dibandingkan dengan teori. Jika kalian pernah dengar jenjang vokasi, maka Kampus Politeknik adalah yang menaungi Program Vokasi tersebut.

Tujuan adanya Politeknik tentunya untuk mencetak lulusan yang telah memiliki keterampilan sesuai dengan bidangnya sehingga siap dalam dunia kerja. 

Terdengar familiar bukan? ya politeknik mirip dengan SMK jika kita melihat jenjang Sekolah Menengah. 

Lalu bagaimana dengan pilihan jurusannya? 

Tenang saja, sekarang Kampus Politeknik dan Program Vokasi sudah sangat bervariasi, yang paling populer adalah program Vokasi Kesehatan lalu Jurusan Teknik.

Apakah politeknik ada Negeri?

Tentu ada, Politeknik juga terdapat dua jenis yaitu Swasta dan Negeri. Kamu bisa pelajari politeknik negeri terbaik pada pembahasan sebelumnya.

2. Universitas

Kebanyakan orang hanya tahu kalau kuliah ya di Universitas, tapi apa sih arti dari Universitas itu?

Berdasarkan KBBI Universitas adalah Perguruan Tinggi yang terdiri dari sejumlah fakultas ang menyelenggarakan pendidikan ilmiah dan/atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu.

Pilihan jurusan di Universitas tentunya lebih bervariasi bahkan prorgam vokasi juga kita bisa temukan di Universitas, contohnya jurusan Vokasi UI. 

Universitas tidak hanya menaungi pembelajaran dalam satu rumpun ilmu saja, melainkan terdapat beberapa rumpun ilmu yang dibagi dalam suatu fakultas. 

Seperti yang sudah kita tahu juga bahwa universitas juga terdapat swasta dan negeri, dan Universitas Negeri pun terdapat beberapa jenisnya. Kamu bisa membaca ulasan mengenai jenis PTN di website ini.

Peminat kuliah di Universitas juga cukup tinggi, apalagi berkuliah di kampus unggulan seperti UGM, UI, dan lain sebagainya. Hal itu juga tercermin pada peserta SNBT yang begitu banyak di Perguruan Tinggi Universitas. Coba cek peluang lulusmua masuk Universitas di tryout utbk Simbus PTN.

3. Institut

Nah lalu apa bedanya institut dengan Politeknik dan Universitas?

Jadi berdasarkan definisi KBBI Institut berarti organisasi, badan, atau perkumpulan yang menyelenggarakan usaha pendidikan. 

Bedanya dengan politeknik dan universitas adalah Institut merupakan Perguruan Tinggi yang Fokus dengan 1-3 rumpun ilmu saja. Contohnya Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berfokus pada rumpun Tekni, Bisnis, dan Desain. Lalu di Yogyakarta ada ISI Yogyakarta atau Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang memiliki fakultas seni rupa, seni pertunjukan, seni media rekam, dan pascasarjana. 

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam juga terdapat Institut seperti IAIN Kudu yang berfokus pada pendidikan berbasis keagamaan islam. 

Jumlah perguruan tinggi Institut tidak sebanyak politeknik dan universitas tapi banyak juga yang menjadi perguruan tinggi unggulan di Indonesia, contohnya seperti yang telah kami sebutkan di atas. 

Sejauh ini apakah kamu sudah memamahami perbedaan politeknik, univeristas dan institut? jika belum coba baca kembali dari awal dan jika terdapat kalimat yang membuat bingung jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Baik kita lanjut dengan jenis Perguruan Tinggi yang lain.

4. Sekolah Tinggi

Kalau ini kita akan cukup mudah untuk mengenali perbedaannya. Berbeda dengan politeknik, universitas, dan institut yang menyelenggarakan pendidikan di beberapa rumpun ilmu, Sekolah Tinggi hanya berfokus pada satu saja. 

Contoh sekolah tinggi yang terkenal yaitu STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negera yang memiliki jurusan akuntansi, ekonomi, dan manajemen.

5. Akademi

Akademi juga hampir mirip dengan Sekolah Tinggi karena hanya menyelenggarakan pada satu rumpun ilmu saja, namun pilihan jenjang studinya hanya terbatas pada Diploma III hingga Diploma IV atau sekarang sering disebut dengan Sarjana Terapan (S.Tr) yaitu setara dengan Sarjana (S1) hanya saja berfokus pada keterampilan dan keahlian. 

Contoh akademi seperti Akademi Militer, Akademi Kepolisian, Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan dan lain sebagainya. 


Baik kita sudah bahas semua perbedaan antara politeknik, universitas, institut, sekolah tinggi dan akademi. 

Lalu kalau kamu bertanya harus pilih yang mana? jawabannya adalah sesuai kebutuhan, kamu bisa baca tips memilih kampus pada artikel kami sebelumnya. 

Semoga informasi ini bisa membantumu dalam menentukan target Perguruan Tinggi.

Posting Komentar