Tryout UTBK-SNBT Gratis

Syarat dan Ketentuan 3 Jalur Masuk UGM

jalur masuk ugm

UGM merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia. Tak heran banyak yang ingin menimba ilmu di kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini. 

Bagi kamu yang ingin kuliah di UGM, terdapat beberapa jalur masuk UGM yang bisa kamu ikuti. Berikut ini penjelasannya.

SNBP

Seperti PTN yang lain di Indonesia, calon mahasiswa juga bisa mengikuti SNBP. 

SNBP merupakan kependekan dari Seleksi Nasional Berbasis Prestasi, dimana calon mahasiswa harus menyerahkan transkip nilai selama sekolah disertai juga dengan prestasi akademik ataupun non akademik. 

Dari transkip nilai tersebut, calon mahasiswa akan dinilai apakah memenuhi kriteria atau tidak. 

Untuk mengetahui tentang jalur SNBP, kalian bisa membaca artikel kami yang berjudul Apa itu SNBP.


SNBT

Selain SNBP. SNBT merupakan jalur masuk resmi yang diatur pemerintah. Bedanya dengan SNBP yang cukup dengan nilai rapor saja, kalau melalui jalur SNBT kita harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Test (UTBK). Setelah itu kita akan mendapatkan nilai dan nilai yang paling tinggi akan lolos lewat jalur SNBT di UGM.

FYI UGM menempati 3 PTN dengan nilai tertinggi di UTBK-SNBT 2024 dengan rata-rata nilainya sebesar 702,83. Cukup tinggi kan? maka dari itu mulai persiapkan snbt dari sekarang dengan mendaftar bimbel dan tryout snbt Simbus PTN.


Jalur Mandiri

Selain 2 jalur masuk yang telah diatur oleh Pemerintah. Terdapat pula jalur masuk yang secara eksklusif di atur oleh masing-masing PTN. 

UGM sendiri memiliki jalur seleksi mandiri dengan beberapa tipe, yakni: 

1. Ujian Masuk UGM Penelusuran Bibit Unggul (UM UGM PBU)

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap calon peserta dengan kemampuan akademik tinggi dan prestasi dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Olahraga, atau Seni, namun mengalami keterbatasan ekonomi.

Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi siswa yang menjadi pemenang/juara lomba di bidang olahraga, seni, dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sesuai Program Studi yang dipilih. Kejuaraan yang diakui adalah tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM, dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan. Juara pada kejuaraan beregu harus dibuktikan dengan kehadiran dan keikutsertaan seluruh anggota tim saat lomba.

Penelusuran Bibit Unggul Wilayah Afirmasi dan Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) dalam Penyelenggaraan Kegiatan Tridharma UGM

Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi siswa Kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang berasal dari Wilayah Afirmasi dan Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) yang memenuhi kriteria umum Pendaftar PBU Wilayah Afirmasi dan Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi UGM.

2. UM UGM Computer Based Test (UM UGM CBT)

UM UGM - Computer Based Test (UM UGM CBT) adalah jalur seleksi yang menggunakan kombinasi nilai/skor UM UGM CBT yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK.

Jalur seleksi ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) Program Studi pada Program Sarjana dan/atau Program Sarjana Terapan. Kelompok ujian UM UGM CBT terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  • kelompok ujian sains dan teknologi (saintek);
  • kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum); atau
  • kelompok ujian campuran (saintek dan soshum).

Setiap calon mahasiswa hanya dapat mengikuti salah satu kelompok ujian, yaitu: saintek, soshum, atau campuran.

Selengkapnya tentang jalur masuk UGM bisa baca melalui website resmi UGM berikut ini:

https://um.ugm.ac.id/

Posting Komentar

tryout gratis