Tryout UTBK-SNBT Gratis

10 Universitas Terbaik di Bandung Versi Edurank

universitas terbaik di Bandung

Bandung merupakan Kota yang terletak di Jawa Barat dan merupakan salah satu kota terbaik untuk kuliah.

Selain akses yang mudah, Bandung juga terkenal dengan tempatnya Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia. 

Bagi kamu yang tertarik kuliah di Bandung, terdapat universitas terbaik di Bandung versi Edurank sebagai berikut.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Tentu saja ITB menjadi yang pertama di Bandung. Dalam skala nasional, ITB menempati urutan ketiga pada daftar Universitas Terbaik di Indonesia.

Apa yang spesial dari ITB? 

Hal yang paling penting menurut penulis jika ingin memilih tempat kuliah yang tepat adalah fasilitas dan tenaga pengajarnya yang mumpuni. Kedua hal itu sudah dimiliki oleh ITB. Kualitas tersebut juga dibuktikan dengan banyaknya lulusan ITB yang saat ini menjadi orang-orang penting di Indonesia. 

Selain itu, ada hal menarik yang mungkin jarang ditemui pada kampus-kampus lain. Di ITB ada yang namanya beasiswa Ikatan Alumni ITB. Jadi para alumni ITB memberikan sumbangan pendidikan kepada mahasiswa terpilih yang mengalami keterbatasan ekonomi. 


2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI merupakan Perguruan Tinggi Berbadan Hukum atau PTN-BH yang ada di Bandung. 

Pada awalnya UPI merupakan universitas swasta dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954. Barulah pada tahun 2014 tepatnya pada tanggal 28 Februari 2014, UPI berubah menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014, tentang Statuta Universitas Pendidikan Indonesia.

Selain di Bandung, UPI juga memiliki beberapa kampus yang tersebar di beberapa daerah seperti Cibiru, Sumedang, Purwakarta, Tasikmalaya, dan Serang.

Tertarik untuk masuk UPI? yuk cek peluang lulus snbtmu di tryout snbt Simbus PTN.


3. Universitas Telkom

Walaupun namanya ada kata Telkom yang merupakan salah satu BUMN Indonesia. Akan tetapi Universitas Telkom bukanlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Meskipun begitu, Universitas Telkom menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik dengan meraih PTS terakreditasi unggul pertama di Indonesia.


4. UIN Sunan Gunung Djati

PTKIN terbaik di Indonesia juga ada di Bandung yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati/UIN Sunan Gunung Djati. 

UIN Sunan Gunung Djati telah terakreditasi unggul oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). 

UIN Sunan Gunung Djati menawarkan hingga 60 program studi yang rata-ta sudah terakreditasi A hingga unggul. 

Fasilitas yang ada di UIN Sunan Gunung Djati juga lengkap untuk mendukung kehidupan mahasiswanya seperti cafetaria, book store, fasilitas keagamaan, discussion room, hingga sarana dan prasaran ruang publik.


5. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

UNPAR merupakan kampus swasta berbasis Katolik yang terletak di Kota Bandung. UNPAR memiliki 9 fakultas yaitu Ekonomi, Hukum, Teknik, Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Filsafat, Teknologi Industri, Teknologi Informasi dan Sains, Kedokteran, dan Program Vokasi & Profesi.

Terdapat enam (6) program studi yang telah terakreditasi unggul oleh BAN-PT. Keenam program studi tersebut adalah Teknik Sipil, Arsitektur, Ilmu Filsafat, Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Matematika.


6. Universitas Kristen Maranatha

Universitas terbaik di Bandung selanjutnya adalah Unviersitas Kristen Maranatha. Universitas Kristen Maranatha terletak di Jl. Prof. drg. Surya Sumantri, M.P.H. No. 65.

Universitas Kristen Maranatha memiliki beberapa program studi unggulan salah satunya adalah Sarjana Kedokteran Gigi dengan masa depan lulusannya yang bisa menjadi seorang prakitisi, akademisi, peneliti, hingga manajerial.


7. Institut Teknologi Nasional (ITENAS)

Selain Univeristas Telkom, di Bandung juga terdapat Perguruan Tinggi yang berbasis teknologi lagi yaitu Institut Teknologi Nasional (ITENAS). 

ITENAS memiliki 3 faskultas yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dengan program studi di dalamnya yang sudah terakreditasi B-A.


8. Universitas Pasundan (UNPAS)

Bagi kamu yang suka dengan programming mungkin sudah tidak asing lagi dengan channel youtube Web Programming Unpas yang dimiliki oleh Sandika Galih, nah beliau adalah salah satu dari dosen dari Universitas Pasundan ini.

UNPAS sendiri memiliki program studi yang beragam mulai dari program sarjana hingga pasca sarjana (S2-S3).

UNPAS juga menjadi salah satu PTS terbaik ke-8 di Indonesia versi Unirank (salah satu lembaga pemeringkatan universitas).

Bagaimana dengan akreditasinya?

UNPAS telah mendapatkan akreditasi "A" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2018. 


9. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

UNISBA merupakan Perguruan Tinggi Swasta di Bandung yang telah terakreditasi unggul oleh BAN-PT.

UNISBA memiliki misi menghasilkan SDM yang beriman dan bertaqwa, Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan pemikiran, konsep dan teori-teori baru bagi kemaslahatan umat.

Terdapat 10 fakultas dan 35 program studi di UNISBA yang terdiri dari berbagai macam rumpun ilmu, sehingga terdapat banyak pilihan untuk kamu yang ingin kuliah di UNISBA.


10. Universitas Advent Indonesia

Universitas terbaik di Bandung yane ke-10 adalah Universitas Advent Indonesia.

Universitas Advent Indonesia (UNAI) adalah lembaga Pendidikan Tinggi yang dikelola oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Uni Indonesia Kawasan Barat.

Fakultas yang ada di Universitas Advent Indonesia:

  • Fakultas Filsafat
  • Fakultas Keguruan dan Pendidikan
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Ilmu Keperawatan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Teknologi Informasi

Dan terdapat juga program pascasarjana.


Penutup

Bisa kita baca universitas terbaik di Bandung  tidak semua dihuni oleh Perguruan Tinggi Negeri, apakah itu artinya Perguruan Tinggi Swasta semain baik?

Tidak bisa dipungkiri memang perguruan tinggi swasta cenderung berkembang pesat, karena mereka memiliki sistem tata kelola yang baik dan biasanya PTN yang perkembangannya cepat juga dari PTN BH yang notabennnya dulunya adalah swasta. 

Tapi kuliah di swasta atau negeri menjadi tidak relevan kalau dari diri kita tidak ada niatan untuk belajar. So mulai tanamkan pada diri kita bahwa Belajar itu penting bukan yang penting Belajar.

Posting Komentar