Tryout UTBK-SNBT Gratis

4 Kota Terbaik untuk Kuliah, Ada Kotamu?

kota terbaik untuk kuliah

Sobat Simbus masih bingung menentukan kota untuk kuliah? Yuk ketahui kota terbaik untuk kuliah disini!

Menentukan Kota atau Daerah untuk kuliah juga penting loh, selain menghitung biaya akomodasi, lingkungan yang ramah untuk pelajar juga perlu kita perhatikan. 

Lingkungan dan budaya Daerah/Kota yang banyak Perguruan Tingginya cenderung menyesuaikan kebutuhan para mahasiswa, sehingga dari segi biaya tergolong murah dan perlengkapan penunjang belajarpun lengkap.

Di Indonesia sendiri ada 4 Kota yang telah diakui ramah untuk para mahasiswa atau pelajar.


Kota Terbaik untuk Kuliah

1. Jakarta 

kota jakarta

Berdasarkan data dari QS Best Student Cities 2024, Kota Jakarta menempati urutan pertama dalam daftar Kota yang paling ramah untuk pelajar. 

Kota Jakarta terkenal dengan Kota Metropolitan, dengan berbagai macam fasilitas publik paling mumpuni di Indonesia, tak heran menjadikan kota ini menjadi salah satu kota terbaik untuk kuliah. 

Menurut data terbaru, Jakarta telah memiliki sekitar 289 Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri. Perguruan tinggi yang terkenal dari Jakarta seperti Universitas Bina Nusantara/Binus University, Universitas Trisakti, Universitas Mercu Buana, Unika Atma Jaya, Universitas Negeri Jakarta, dan masih banyak lagi.

2. Yogyakarta 

kota yogyakarta

Kota Pelajar, itulah sebutan untuk Kota Yogyakarta ataupun DIY secara keseluruhan. Tak diragukan lagi, kota ini memang kota terbaik untuk para pelajar dan mahasiswa. 

Biaya sewa tempat tinggal murah, makanan murah, banyak tempat nongkrong asik di Yogyakarta melengkapi kenyamanan kota ini untuk para mahasiswa. 

Selain itu, banyak perguruan tinggi unggulan Indonesia berlokasi di Yogyakarta, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), hingga Univerasita Amikom Yogyakarta. 

Yogyakarta memiliki 51 perguruan tinggi, jumlah tersebut cukup bagi calon mahasiswa untuk menentukan perguruan tingginya jika ingin berkuliah di Yogyakarta.

3. Bandung 

kota bandung

Bandung menempati urutan ketiga Nasional dan 133 dunia pada kategori Kota Pelajar Terbaik versi QS. 

Walaupun nggak semegah kota Jakarta dengan gedung pencakar langitnya, Bandung menjati kota yang asyik untuk berkuliah. 

Menurut salah satu pengguna Quora, Nurul Mukarromah, Bandung menjadi kota yang berkesan untuk kuliah karena tempatnya yang berdekatan alias aksesnya mudah, mall disana juga banyak, cuaca yang tidak begitu ekstrim, mudah beradaptasi karena banyak pendatang, dan jika ada event road show bandung masuk dalam listnya.

Selain itu beberapa kampus populer juga berasal dari Bandung seperti, Universitas Padjdjaran, Intitut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI), Universitas Telkom, dan masih banyak lagi.

4. Surabaya 

kota surabaya

Kota terbaik untuk kuliah di Indonesia yang terakhir adalah Surabaya. Kota Surabaya menempati urutan ke-145 Dunia, dan 4 di Indonesia dalam kategori kota yang ramah bagi pelajari versi QS.

Tak kalah dengan bandung dan kota terbaik lainnya, Surabaya juga banyak perguruan tinggi yang populer seperti, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Kristen Petra, Universitas Negeri Surabaya, hingga UIN Sunan Ampel.

Selain itu biaya hidup di sana relative murah, dengan biaya sewa tempat tinggal mulai dari 250 ribu hingga 500 ribu rupiah.


Kalau kamu ingin kuliah di kota mana? apakah kota terbaik untuk kuliah di atas masuk dalam incaran tempat kuliah kamu? jawab di kolom komentar ya.

Referensi:

  • https://qr.ae/psA8qj 
  • https://www.detik.com/jabar/berita/d-6241555/10-kampus-paling-populer-di-bandung-daftar-jurusan-dan-biaya-ukt
  • https://www.topuniversities.com/city-rankings?tab=indicators&region=Asia&countries=Indonesia&sort_by=rank&order_by=asc
  • https://edukasi.sindonews.com/read/1089239/211/27-universitas-terbaik-di-surabaya-berdasarkan-edurank-2023-pts-mana-yang-masuk-daftar-1683255931

Posting Komentar

tryout gratis