Tryout UTBK-SNBT Gratis

Cara Lolos Ujian Mandiri PTN dengan Mudah

cara lolos ujian mandiri

Banyak calon mahasiswa yang tidak lolos SNBP dan SNBT kemudian menargetkan agar lolos ujian mandiri. 

Apa itu ujian mandiri? secara singkat ujian atau seleksi mandiri adalah jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diadakan secara mandiri (independent) oleh masing-masing PTN. Untuk lebih lengkapnya bisa klik DISINI.

Tips Lolos Ujian Mandiri

Ujian mandiri tidak sulit kalau kita punya cara dan strategi yang tepat untuk menghadapinya. Berikut adalah sebagian dari strategi tersebut.


1. Mengetahui Peraturan dan Syarat Mengikuti Seleksi Mandiri PTN Tujuan

Setiap PTN memiliki peraturan dan persyaratan masing-masing. Oleh karena itu langkah awal agar kita bisa lolos ujian mandiri adalah dengan mengetahui peraturan dan syarat mengikuti ujian mandiri PTN tujuan.

Dengan mengetahui dua hal itu, kita bisa mempersiapkannya lebih awal dan juga bisa mempersiapkan rencana belajar lebih matang.


2. Memilih Prodi Sesuai Kemampuan dan Minat

Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh pada kemampuan dan keseriusan saat belajar mempersiapkan ujian mandiri. 

Biasanya PTN menerapkan aturan materi ujian mandiri sesuai dengan kelompok keilmuannya. Sebagai contoh Ujian Mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM), dimana materi ujian prodi kelompok saintek adalah TKA Saintek [Fisika, Kimia, Biologi, Mat. IPA] sedangkan materi ujian kelompok soshum adalah TKA Soshum [Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi]. 

Jadi memilih program studi yang sesuai kemampuan dan minat juga menjadi salah satu kunci bisa lolos ujian mandiri.


2. Mengetahui Ujian Mandiri PTN Tujuan

Materi ujian berbeda tiap PTN, maka dari itu kita perlu mengetahui apa saja materi yang akan diujikan. 

Mungkin saja materi yang diujikan sama dengan materi UTBK-SNBT. Hal itu malah lebih mudah kalau kita sebelumnya sudah mengikuti jalur SNBT. 


3. Membuat Rencana Belajar

Setelah lulus sekolah kita punya banyak waktu bukan? akan tetapi sebagian dari kita mungkin mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK-SNBT. Kalau materi ujian mandiri sama dengan SNBT, rencana belajar kita akan lebih mudah. 

Namun yang perlu kita perhatikan adalah jika materi ujian mandiri PTN tujuan tidak sama dengan SNBT. Kita perlu menyiapkan rencana belajar yang matang dan membagi waktu antara belajar materi SNBT dan belajar materi ujian mandiri.


4. Mencari Sumber Belajar yang Tepat

Sumber belajar yang tepat juga menjadi cara lolos ujian mandiri

Semakin akurat sumber yang kita dapat, maka peluang untuk lolosnya juga tinggi.

Sumber belajar yang dimaksud adalah seperti buku latihan soal, video pembahasan soal, hingga contoh soal ujian mandiri ditahun sebelumnya. 


5. Manfaatkan Nilai UTBK dan Prestasi

Sebagian PTN juga menerima nilai UTBK dan prestasi (akademis ataupun non akademis) sebagai nilai tambahan pada seleksi mandiri mereka. 

Untuk lebih detail informasi tersebut kita bisa mengunjungi website resmi PTN tujuan atau menghubungi contact person bagian penerimaan mahasiswa baru.


6. Latihan Soal untuk Menguji Kemampuan

Mengetahui kemampuan diri sebelum pelaksanaan ujian mandiri adalah bekal untuk kita melakukan evaluasi. 

Semakin sering kita latihan soal dan mengerjakan simulasi ujian. Semakin paham dan terlatih juga kita saat mengerjakan soal ujian. 

Maka dari itu kita bisa mencari platform yang bisa untuk melakukan tryout.


7. Mengatur Pola Makan dan Istirahat

Pola makan dan tepat dan istirahat yang cukup juga berpengaruh pada kemampuan otak kita. Oleh karena itu selama masa persiapan kita perlu menyeimbangkan gizi dan tidur atau istirahat yang cukup.


Itulah 7 tips agar lolos ujian mandiri Perguruan Tinggi Negeri. Kalian tidak perlu mengikuti semua tips yang disebutkan di atas. Tapi jadikanlah tips di atas sebagai referensi dan kembangkan sesuai dengan kemampuan dan gaya belajarmu.

Posting Komentar

tryout gratis