Tryout UTBK-SNBT Gratis

Apa itu Ujian Mandiri? Pengertian dan Materi Ujiannya

ujian mandiri

Kita sebagai calon mahasiswa baru banyak diberikan pilihan jalur masuk perguruan tinggi. Kita mungkin sudah familiar dengan jalur UTBK-SNBT dan SNBP. 

Selain 2 jalur tersebut, terdapat jalur masuk PTN yang tak kalah pamornya, yaitu jalur mandiri atau ujian mandiri. 

Bedanya apa jalur mandiri dengan UTBK-SNBT? dan apa saja materi yang diujikannya? 

Mari kita bahas lengkap di bawah ini.

Ujian Mandiri

Ujian mandiri atau seleksi mandiri adalah sistem seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diadakan setelah pengumuman UTBK-SNBT. 

Ujian mandiri dilaksanakan oleh masing-masing PTN dan harus sudah selesai paling lambat bulan juli tahun berjalan. Adapun persyaratan, jadwal, dan ketentuannya diatur oleh Perguruan Tinggi Negeri masing-masing. Beda dengan UTBK-SNBT yang sudah ditentukan oleh menteri pendidikan mulai dari jadwal, biaya pendaftaran, hingga materi yang diujikan.

Akan lebih tepat kalau ujian mandiri kita sebut dengan seleksi mandiri PTN. Karena dalam pelaksanaannya, ujian mandiri tidak melulu mengerjakan ujian tulis, dibeberapa PTN terdapat seleksi mandiri yang menggunakan nilai UTBK, nilai rapor, hingga prestasi (akademis ataupun non akademis) sebagai poin tambahan. 

Materi Ujian Mandiri

Setiap PTN memiliki standar materi ujiannya masing-masing, ada beberapa kampus yang mengikuti materi SNBT sebagai materi ujian mandiri, terdapat pula materi tambahan yang disesuaikan dengan kategori jurusan kuliahnya. 

Sebagai contoh materi ujian mandiri Universitas Indonesia tahun 2024 adalah sebagai berikut:

Materi ujian SIMAK UI S1 dan Vokasi 2024

  • Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris)
  • Pengukuran Kemampuan Akademik (Verbal, Kuantitatif, dan Logika)

Materi ujian SIMAK S1 Kelas Internasional 2024

  • Basics Mathematics, English, Logic, dan Quantitative Reasoning

Materi Ujian SIMAK S1 kelas RPL (Ekstensi), Profesi, Spesialis, S2, S3  terdiri dari

  • Tes Pengukuran Kemampuan Akademik (biasa dikenal dengan TPA)
  • Bahasa Inggris

Universitas Indonesia juga telah memberikan contoh soal pada tahun-tahun sebelumnya agar bisa dipelajari oleh calon mahasiswa yang mendaftar lewat jalur ini. Kita bisa akses soalnya DISINI.

Biaya Ujian Mandiri

Sama halnya dengan UTBK-SNBT, jalur mandiri juga dikenakan biaya pendaftaran, dan relatif lebih mahal daripada biaya mengikuti UTBK-SNBT.

Biaya pendaftaran ujian mandiri mulai dari gratis hingga 1.6 juta. Tergantung jenjang dan kampus tujuan yang kita pilih.

Rincian biaya yang tepat kita bisa lihat pada website resmi PTN tujuan. 


Kelebihan dan Kekurangan Ujian Mandiri

Kelebihan: Pesaing Lebih Sedikit

Peminat calon mahasiswa pada jalur seleksi mandiri tidak sebanyak jalur SNBP ataupun jalur SNBT. Oleh karena itu tingkat persaingannya akan lebih rendah, namun tidak mengurangi kesulitan untuk lolos di jalur mandiri ini.

Kekurangan: Biaya Lebih Mahal

Di beberapa PTN, mahasiswa yang lolos jalur mandiri dikenakan uang pangkal atau istilah dalam PTN nya adalah SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). Hal inilah yang menjadikan jalur mandiri tidak banyak peminatnya. 

Namun, terdapat PTN yang tidak memungut uang pangkal bagi mahasiswa yang lolos pada jalur mandiri. Kalian bisa baca lebih lengkapnya disini. 


Referensi:

https://simak.ui.ac.id/tentang-simak.html

https://um.ugm.ac.id/um-ugm-computer-based-test-um-ugm-cbt-2024/

Posting Komentar

tryout gratis