Tryout UTBK-SNBT Gratis

Tanda Pilihan Jurusan Kuliahmu Sudah Tepat

Tanda Jurusan Kuliahmu Sudah Tepat

Sobat Simbus perlu tahu ini! nanti kalau kalian sudah kuliah atau yang sudah kuliah. Pasti akan terbesit dipikiran kalian sebuah pertanyaan "aku ambil jurusan kuliah ini sudah tepat belum ya?". 

Hal itu wajar kok, apalagi kalau sudah masuk semester 2 atau 3. Keraguan-keraguan terhadap jurusan kuliahmu pasti ada. Lalu bagaimana cara agar kita tahu jurusan kuliah yang kita ambil sudah tepat atau belum?.

Untuk menjawab hal tersebut, yuk kita uraikan satu persatu tanda-tanda kalau jurusan kuliahmu sudah tepat.


1. Semangat ke Kampus untuk Mengikuti Kelas

Tanda-tanda pertama kita telah tepat memilih jurusan kuliah adalah "Semangat datang ke kelas".

Sesekali rasa malas datang itu wajar, karena kita memang perlu refreshing dari kegiatan sehari-hari termasuk kegiatan kuliah. 

Namun, kalau malas itu menjadi kebiasaan atau terlalu sering, berarti ada masalah pada motivasi belajarmu. Hal itu juga menjadi tanda bahwa kamu tidak menyukai jurusan kuliah tersebut.

Sebaliknya, mahasiswa yang semangat datang ke kelas untuk mengikuti pembelajaran bisa dianggap telah tepat memilih jurusan kuliah tersebut.

Jadi gimana, kamu semangat atau malas dateng ke kampus?


2. Tugas Kuliah Terasa Mudah

Sederhananya gini. Kalau kita menyukasi sesuatu, dalam konteks ini dalah jurusan kuliah, pasti ada usaha lebih untuk mempelajari jurusan kuliah tersebut. 

Nah, tanda-tanda kalau kita telah tepat memilih jurusan kuliah salah satunya adalah tugas-tugas yang diberikan terasa mudah. Bukan berarti kita pintar, tapi memang karena kita suka dengan tugas tersebut sehingga tugas yang diberikan terasa ringan dikerjakan.


3. Memperhatikan dan antusias dengan penjelasan dosen

Dulu di zaman SMA sederajat, kita pasti ada pelajaran favorit. Ingat gak kalau lagi waktunya mapel tersebut, kita pasti akan semangat hingga memperhatikan betul penjelasan guru. 

Hal itu seyogyanya terjadi juga saat kuliah jika jurusan yang kita ambil sudah tepat. 


4. Bangga dengan Jurusan Kuliah yang Kita Pilih 

Salah satu ciri kalau jurusan kuliah yang kita pilih sudah tepat adalah dengan bangga dengan jurusan tersebut. Mengekspresikan rasa bangga terhadap sesuatu berbeda-beda setiap orangnya. Tapi setidaknya kalau kita ditanya kuliah dijurusan apa. Kita menjawab dengan penuh kepercayaan diri dan kebanggaan. Misal kamu kuliah dijurusan "Teknik Informatika", saat ditanya orang kamu menjawabnya dengan rasa gembira dan menceritakan mata kuliah yang dipelajari hingga kegiatan pendukung saat kuliah.

Orang yang mendengar jawaban kamu pun merasa bahwa kamu sudah enjoy di jurusan kuliah tersebut.


5. Tau Arah Masa Depan Jurusan yang Kita Pilih 

Terakhir,  tanda bahwa kita telah memilih jurusan kuliah yang tepat adalah dengan tahu apa tujuanmu masuk dijurusan tersebut.

Misalkan kamu ambil jurusan Akuntansi. Dari awal masuk kuliah tersebut, kamu sudah bertekad untuk menjadi seorang akuntansi. Kemudian kamu menjalani proses perkuliahan dengan enjoy hingga dikira tanpa beban apapun. Dan kamu tidak tiba-tiba berpindah haluan ingin menjadi seorang editor dan semacamnya.

Kalau kamu sudah merasa enjoy dan tahu masa depanmu dengan memilih jurusan tersebut. Selamat, kamu sudah berada dijurusan kuliah yang tepat.


Bagi Sobat Simbus yang belum kuliah dan masih bingung memilih jurusan kuliah. Bisa mempelajari cara memilih jurusan kuliah yang tepat di blog simbus PTN.

Demikian informasi mengenai tanda-tanda jurusan kuliah yang kita pilih sudah tepat. Semoga bisa membantu Sobat Simbus semuanya.


Posting Komentar

tryout gratis