Tryout UTBK-SNBT Gratis

Gak Suka Matematika? Ini Jurusan Kuliah Tanpa Matematika

jurusan kuliah tanpa matematika

Sudah bosan dengan pelajaran matematika saat SMA? pasti ada harapan saat kuliah kita tidak bertemu lagi dengan pelajaran matematika, iya kan?

Sebagian dari kita ada yang tidak suka matematika, bukan tidak bisa tapi memang bakatnya ada dibidang lain. 

Saat menentukan jurusan, mungkin pelajaran matematika juga menjadi pertimbangan bagi kita yang tidak suka hitung-hitungan. 

Oiya sebelum lanjut ke listnya, matkul matematika pada dasarnya ada pada semua jurusan tapi biasanya hanya ada pada semester 1 dan 2, karena memaang itu menjadi pemahaman dasar untuk kebutuhan kedepannya. 

Tapi untuk pembelajaran inti dari jurusan tersebut, jurusan di bawah ini tidak ada mata kuliah matematikanya.


1. Bahasa dan Sastra

Jurusan kuliah bahasa dan sastra mungkin hampir mirip, tapi inti pembelajarannya itu beda ya. Nah kuliah dijurusan bahasa dan sastra adalah pilihan yang tepat bagi kita yang tidak suka hitung-hitungan.


2. Hubungan Internasional

Skill yang dibutuhkan oleh mahasiswa yang berkuliah dijurusan Hubungan Internasional lebih menekankan komunikasi dan kemampuan diplomatisnya. 

Karena banyak berhubungan dengan budaya dan politik, jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang tidak ada matematikanya.


3. Ilmu Komunikasi

Mata kuliah jurusan ilmu komunikasi tidak jauh dengan mempelajari tentang komunikasi. Mulai dari cara berkomunikasi yang benar, etika berkomunikasi, hingga mempelajari jenis komunikasi dalam sosial dan budaya. 


4. Ilmu Hukum

Kuliah dijurusan ini harus mempunyai kemampuan bernalar dan analisis yang kuat. Mahasiswa akan mendalami berbagai jenis hukum di berbagai bidang. Ilmu hukum itu kental dengan logika, walaupun tidak menghadapi hitung-hitungan secara langsung, tapi pada inti keilmuannya sama dengan matematika yaitu menggunakan logika.


5. Jurusan Seni

Jurusan seni seperti seni musik, seni drama, seni lukis dan seni lainnya tidak ada mata kuliah matematikanya. 


6. Ilmu Sejarah

Ilmu sejarah menjadi salah satu jurusan tanpa matematika. Mungkin sesekali harus melakukan perhitungan sederhana, tapi tidak sampai mempelajari rumus matematika yang dikenal sulit. Mahasiswa di jurusan ini lebih dituntut untuk sering membaca dan kemampuan mengingat yang tinggi.


7. Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu tentang masyarakat. Kita akan mempelajari struktur dan karakter masyarakat, problematika masyarakat, dan gerakan masyarakat. Jadi tenang saja kalau kalian tertarik di jurusan ini. Karena akan minim hitung-hitungannya.


Itulah 7 jurusan kuliah yang minim matematika atau bahkan tidak ada matematikanya sama sekali. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar

tryout gratis