Tryout UTBK-SNBT Gratis

Cara Lulus Kuliah dengan Predikat Cum Laude

Cara Lulus Kuliah Dengan Predikat Cum Laude


Cum Laude adalah sebuah pujian yang dilakukan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan dengan nilai terbaik.

Mendapatkan cum laude adalah kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa. Akan tetapi hanya mahasiswa terpilih lah yang bisa mendapatkan predikat cum laude tersebut. 

Lalu bagaimana agar kita bisa lulus kuliah dengan predikat cum laude? Yuk kita bahas di bawah ini.

Cara Lulus Kuliah dengan Predikat Cum Laude

Untuk bisa mendapatkan predikat cum laude, kita harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan mahasiswa di jurusan yang kita ambil. Berikut adalah tips agar bisa mendapatkan cum laude.

Buat Rencana Studi

Memetakan dan merencakanakan rencana belajar kamu selama kuliah perlu dilakukan agar dapat menyelesaikan pembelajaran dengan disiplin. 

Sebagai mahasiswa kita juga perlu memahami apa yang kita butuhkan selama kuliah dan apa yang harus kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan rencana studi yang tepat dan disiplin dalam melaksanakan rencana tersebut. Besar peluang kita untuk mendapatkan predikat cum laude.

Mengetahui Kriteria Mendapatkan Cum Laude

Kriteria cum laude tiap Perguruan Tinggi berbeda-beda. Oleh karena itu kita harus mengetahui kriteria cum laude pada kampus yang kita tuju. 

Untuk mengetahuinya, kita bisa berkonsultasi dengan dosen ataupun kakak kelas yang mengetahuinya.

Namun, pada umumnya kriteria untuk bisa mendapatkan predikat cum laude adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan IPK yang berkisar 3.50 hingga 4.00
  • Lulusa tepat waktu
  • Tidak mengulang mata kuliah atau mendapat nilai C

Disiplin dan Mematahui Persyaratan

Biasanya dosen akan memberitahukan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk menyelesaikan masing-masing mata kuliah.

Berusahalah untuk disiplin mematuhi persyaratan tersebut. Agar kita mendapatkan nilai yang bagus dan berpeluang mendapatkan predikat Cum Laude.

Menjalin Hubungan Baik dengan Dosen

Menjalin hubungan baik dengan dosen seperti mengetahui karakter dan memenuhi ekspektasinya bisa membantu kita untuk mendapatkan cum laude. 

Setiap dosen memmpunyai kriteria tertentu untuk menilai mahasiswa, maka dari itu kita perlu tahu karakter dosennya dan memenuhi apa yang dosen tersebut inginkan.

Optimalkan Sumber Belajar

Mengoptimalkan sumber belajar seperti buku, jurnal, video online dan sebagainya yang bisa meningkatkan pemahaman akan memudahkan kita dalam meraih cum laude.

Menyeimbangkan Kegiatan

Kegiatan mahasiswa tidak hanya sekedar hadir dalam kelas. Tapi banyak kegiatan di luar itu, seperti berorganisasi, melakukan kegiatan sosial, ataupun sekedar melakukan hobi. 

Sebagai mahasiswa yang berjuang untuk cum laude, kita harus bisa menyeimbangkan kegiatan-kegiatan tersebut.

Aktif dalam Diskusi Kelas

Salah satu cara untuk dapat memahami materi pelajari dengan baik adalah dengan ikut aktif dalam bertanya maupun memberikan pendapat saat kelas berlangsung. 

Mengikuti Bimbingan Akademik

Selain belajar mandiri. Kita juga bisa memanfaatkan layanan bimbingan akademik yang disediakan oleh kampus untuk mengatasi kesulitan saat belajar mandiri.

Pelajari Metode Belajar yang Efektif

Kemudian, tips agar lulus cum laude adalah dengan mengetahui metode belajar yang efektif. 

Setiap orang mempunyai preferensi belajarnya masing-masing, maka dari itu tugas kita untuk menemukan preferensi tersebut.

Kumpulkan Tugas Tepat Waktu

Mengumpulkan tugas tepat waktu juga akan menjadi nilai tambah untuk kita dan memperbesar peluang mendapatkan predikat cum laude.


Demikian beberapa tips atau cara lulus kuliah mendapatkan predikat cum laude. 

Posting Komentar

tryout gratis