Tryout UTBK-SNBT Gratis

Udah Kelas 12 SMA? Ini yang Harus Kamu Lakukan

hal yang bisa kamu lakukan saat kelas 12

Kamu yang baru aja masuk ke kelas 12, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tidak mengalami penyesalan dikemudian hari.

Banyak yang bilang bahwa kelas 12 atau kelas akhir di SMA/SMK/Sederajat adalah tahun paling berat. Kalau dulu kelas 12 akan menghadapi Ujian Nasional, mungkin hal itu yang menjadikan kelas 12 terasa berat.

Pada kelas 12 inilah banyak siswa yang menyesal tidak melakukan hal-hal yang seharusnya perlu dilakukan. 

Maka dari itu, mari kita bahas bagaimana caranya memaksimalkan kelas 12 agar tidak mengalami penyesalan dikemudian hari.


Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan untuk Memaksimalkan Kelas 12 SMA Sederajat


1. Jangan Pacaran Dulu

Pendapat ini penulis ambil dari beberapa jawaban dari Quora. 

Pada pertanyaan "Apa Nasihatmu untuk Anak Kelas 12 SMA?". Banyak jawaban dari pertanyaan tersebut yang mengungkapkan untuk tidak berpacaran.

Mungkin bagi sebagian orang pacaran atau menjalin hubungan khusus dengan lawan jenis bisa meningkatkan motivasi untuk melakukan suatu hal. Tapi banyak juga orang yang gagal karena terlalu fokus berpacaran, sehingga mengesampingkan tujuan-tujuan yang sedang digapai.

2. Tentukan Apakah Akan Lanjut Ke Pendidikan Lebih Tinggi

Wajib belajar saat ini memang hanya 12 tahun, namun pendidikan lebih tinggi setelah SMA sederajat juga sangat penting. Banyak manfaat yang akan didapat jika kita menempuh pendidikan minimal sampai Sarjana (S1).

Apabila kamu memutuskan untuk tidak atau belum lanjut kependidikan yang lebih tinggi, persiapkan dirimu dengan skill yang bisa berguna di dunia luar. Kemudian, jika kamu menentukan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi maka ikut beberapa tips selanjutnya.

3. Tentukan Jurusan Kuliah yang Sesuai

Jurusan kuliah yang sesuai berdampak positif untuk perkembangan diri di masa depan. Agar bisa menentukan jurusan kuliah yang tepat, kamu bisa membaca artikel tips memilih jurusan kuliah di Simbus PTN yang telah kami terbitkan sebelumnya.

4. Tentukan Kampus yang Cocok

Jika sudah menentukan jurusan kuliah yang sesuai, kemudian tentukan dimana kita akan berkuliah. Menentukan kampus yang tepat juga penting karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran dan reputasi lulusannya. Jadi coba pertimbangan Perguruan Tinggi yang cocok untukmu. 

Jika kamu masih bingung cara menentukan kampus yang tepat. Kamu bisa baca artikel tips memilih kampus tujuan dengan tepat.

5. Persiapkan Diri untuk Masuk Perguruan Tinggi

Kelas 12 sudah waktunya untuk mempersiapkan diri untuk masuk perguruan tinggi. Pertama kita perlu menentukan mau masuk perguruan tinggi swasta ataupun negeri. Jika ingin masuk perguruan tinggi swasta, pelajari cara masuk perguruan tinggi tersebut, apakah ada ujian yang harus diikuti dan seberapa ketat tingkat persaingannya.

Nah, bagi kamu yang menentukan masuk perguruan tinggi negeri, perlu tahu jalur masuknya, seperti SNBP, SNBT, dan jalur mandiri. 

SNBP merupakan jalur prestasi yang menggunakan nilai raport dan prestasi akademis sebagai sistem kualifikasi dan biasanya yang memilih jalur ini sudah mempersiapkan sejak kelas 10.

Sedangkan jalur SNBT dan jalur mandiri dalah jalur tes tulis. Namun, jalus SNBT adalah jalur yang paling populer, karena akan bisa mendapatkan subsidi jika diterima lewat jalur ini.

Akan tetapi jalur SNBT memiliki tingkat persaingan yang tinggi, karena kita harus mencapai nilai batas pada UTBK (Ujian Tulis Berbasis Tes) agar diterima oleh PTN tujuan.

6. Mengikuti Bimbingan Belajar Persiapan Masuk PTN

Selanjutnya kegiatan yang bisa dilakukan oleh siswa kelas 12 adalah mengikuti bimbel persiapan masuk PTN.

Seperti yang kita tahu, jalur SNBT memiliki tingkat persaingan yang tinggi, tidak jarang siswa kelas 12 perlu mengikuti bimbel snbt untuk bisa menguasai materi yang akan diujikan pada SNBT.

Selain bimbel, kita juga perlu mengerjakan tryout utbk agar bisa melatih kemampuan sebelum menghadapi SNBT.


Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Siswa Kelas 12 agar tidak mengalami penyesalan dikemudian hari.

Posting Komentar

tryout gratis