Tryout UTBK-SNBT Gratis

Jangan Bingung! Berikut Tips Memilih Kampus Tujuan dengan Tepat


Saat memasuki kelas akhir SMA/SMK Sederajat, kita akan menghadapi dilema menentukan kampus/universitas tujuan.

Mungkin beberapa siswa sudah mantap menentukan kampus tujuan mereka, tapi banyak siswa yang masih bingung antara kampus A dan B atau bahkan kampus C. 

Bingung nentuin kampus tujuan wajar kok, karena kampus akan menjadi tempat belajar selanjutnya, sudah seharusnya kita memikirkannya dengan baik dan tepat.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan mencoba memberikan tips memilih kampus tujuan dengan tepat, agar teman-teman tidak bingung lagi dalam memilih kampus atau perguruan tinggi tujuan.


Tips Memilih Kampus dengan Tepat

Tentukan Program Studi

Sebelum kita memilih kampus tujuan, tentunya kita harus menentukan program studi yang akan kita ambil. Tips memilih program studi yang benar sudah kami buatkan artikelnya.

Intinya sih menentukan prodi jadi hal penting untuk menentukan kampus tujuan kita.

Tentukan Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta

Kita juga harus menentukan ingin berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta, karena akan mempengaruhi jalur masuk dan penilaian terhadap perguruan tinggi tersebut.

Di awal kita boleh menargetkan Perguruan Tinggi Negeri karena dari segi biaya relative lebih murah (tergantung mendapatkan tingkat UKT berapa). Lalu perguruan tinggi swasta bisa menjadi cadangan, jika kita tidak lolos di Perguruan Tinggi Negeri.

Tapi kalau memang dari awal kita sudah menentukan target masuk ke Perguruan Tinggi Swasta berarti bisa kita anggap opsi untuk masuk ke PTN sudah tidak ada lagi.

Pilih Beberapa Universitas Pilihan

Kalau sudah menentukan PTN atau PTS, saatnya menentukan alternatif kampus tujuan. Kalau masuk PTN lewat jalur snbt kita sudah diberikan kesempatan untuk memilih prodi alternatif hingga PTN alternatif.

Jika target kita PTN dan melalui jalur SNBT, sebaiknya prioritaskan PTN yang akan kita tuju, lalu PTN yang hampir setara bisa menjadi pilihan kedua.

Jika memilih kampus swasta, sebaiknya perhatikan dari segi akreditasi, fasilitas, dan biaya.

Pertimbangkan Akreditasinya

Akreditasi Perguruan Tinggi itu penting, karena akan berdampak pada perkembangan karir masa depan.

Sebisa mungkin memilih perguruan tinggi yang memilih akreditasi Baik.

Perhatikan Fasilitas dan Prasarana

Tips memilih kampus tujuan yang tepat selanjutnya adalah dengan memperhatikan fasilitas dan rasarananya. 

Fasilitas dan prasarana yang memadai dan mengikuti perkembangan zaman, akan berdampak pada kualitas pembelajaran itu sendiri. 

Kalau fasilitasnya bagus, kita sebagai mahasiswa juga akan lebih semangat untuk belajar dan bisa mengeskplor banyak hal dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Fasilitas dan Prasarana yang menurut kami wajib diperhatikan kualitasnya adalah:

  • Lab untuk praktik sesuai jurusan, apakah sudah memenuhi standar yang ada
  • Perpustakaan yang lengkap
  • Gedung atau fasilitas olahraga

Amati Lulusannya

Dengan mengamati lulusannya, kita bisa menilai apakah kampus tersebut terbukti berkualitas atau tidak. 

Biasanya pada website resmi kampus, mereka menginformasikan lulusannya, dari situ kita bisa lihat track record alumni tersebut.

Lokasi Kampus

Lokasi juga penting untuk menentukan kampus yang tepat. Jika kita memang siap dengan lokasi kampus yang jauh, maka memilih kampus di luar daerah pun tidak menjadi masalah. 

Kalau memang ada kampus yang bagus di daerah sendiri, sebaiknya pilih kampus yang di daerah itu.

Biaya Kuliah dan Beasiswa

Banyak mahasiswa yang putus kuliah dikarenakan tidak mampu membayar biaya kuliah yang kian membengkak. Kita sebagai calon mahasiswa, harus bijak dalam menentukan target kampus sesuai kemampuan ekonomi yang kita miliki. 

Karena tidak ada gunanya memaksakan ekonomi untuk masuk kampus yang bagus apalagi kampus swasta yang memang terkenal dengan biayanya yang mahal.

Beda cerita kalau di kampus tersebut membuka program beasiswa, kita bisa memanfaatkan program tersebut untuk meringankan beban ekonomi.

Realistis

Masuk Universitas Indonesia yang menjadi kampus terbaik nomor satu di Indonesia memang menjadi idaman semua calon mahasiswa, tapi kita juga harus realistis, jika sedari awal diri kita tidak mempersiapkan untuk masuk UI, alangkah baiknya mencari alternatif kampus yang lain. 

Selain itu, kita juga tidak bisa memaksakan diri masuk perguruan tinggi swasta dengan biaya yang mahal dan tidak mendapatkan beasiswa. Karena kesanggupan biaya kuliah menjadi faktor penting keberhasilan kita. 

Kita bisa mencari kampus alternatif dengan biaya yang lebih murah, walaupun tidak sebaik kampus swasta yang mahal tersebut, tapi tak jarang kok lulusan kampus underrated tapi menjadi seseorang yang sukses bahkan menjadi seseorang yang berpengaruh di masyarakat.


Kesimpulan

Memilih kampus tujuan yang tepat perlu memperhatikan beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, akan tetapi kita juga harus bijak dalam menentukan kampus tujuannya, jangan terlalu memaksakan ambisi yang tidak masuk akal dan di luar kemampuan kita.


Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa untuk bagikan kepada teman-teman yang lain agar bisa mendapatkan manfaat yang sama. Terima kasih.

Posting Komentar

tryout gratis