Tryout UTBK-SNBT Gratis

Strategi Menghadapi Biaya Kuliah Yang Mahal

strategi menghadapi biaya kuliah yang mahal

Kamu berencana masuk ke jurusan kuliah dengan biaya yang relatif mahal? Jangan khawatir, kita bisa atasi jika punya strategi yang tepat.

Tak jarang mahasiswa putus kuliah karena masalah finansial. Tapi kita juga tidak boleh patah semangat untuk mengejar target jurusan dan kampus impian. 

Biaya kuliah memang menjadi kendala untuk kebanyakan mahasiswa. Oleh karena itu kita memerlukan strategi yang tepat untuk menghadapinya. 

Strategi Menghadapi Biaya Kuliah yang Mahal

Beasiswa

Langkah awal untuk menghadapi biaya kuliah yang mahal adalah dengan mengejar beasiswa. Berkat adanya Beasiswa, banyak calon mahasiswa dan mahasiswa yang memiliki kendala finansial bisa melanjutkan kembali pendidikan tingkat lanjutnya. 

Banyak pilihan Beasiswa yang bisa dikejar oleh calon mahasiswa seperti, Bidikmisi, KIP Kuliah, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik, Beasiswa Sampoerna Foundation, Beasiswa BCA Finance, dan lainnya. 

Masuk PTN Lewat Jalur SNBP dan SNBT

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi incaran calon mahasiswa baru. Selain fasilitas dan reputasinya yang terjamin, biaya kuliah di PTN juga cukup terjangkau karena adanya subsidi pendidikan. Jalur untuk masuk PTN sangat bervariasi, tapi yang cukup bergengsi dan bisa mendapatkan biaya kuliah yang terjangkau adalah SNBP dan SNBT.

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur resmi masuk perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik dan non akademik. Siswa yang direkomendasikan sekolah selanjutnya mengupload data nilai rapor dan prestasi non akademik lainnya, setelah itu akan mendapatkan penilaian apakah lolos ke jurusan yang dipilih. Agar bisa mengikuti jalur ini, kita harus mempersiapkan diri dari kelas 1 SMA dengan menjaga nilai tetap stabil.

Kemudian jalur SNBT adalah Seleksi Nasional Berbasis Tes, sepertinya namanya, peserta pada jalur ini harus melewat ujian berbasis komputer yang biasanya disebut dengan UTBK. Siswa yang mengikuti jalur snbt berhak memilih maksimal 4 program studi. Kemudian pihak PTN akan menyeleksi berdasarkan score UTBK yang didapatkan. Nilai tertinggi akan lolos ke jurusan dipilih sesuai daya tampung masing-masing PTN. Untuk mengetahui prediksi kelulusanmu dijalur snbt, kita bisa cek peluang lewat tryout snbt Simbus PTN.

Perbanyak Pilihan Jurusan dan Kampus

Jika memang tidak mengejar beasiswa dan masuk PTN jalur SNBT dan SNBP. Mau tidak mau kita harus masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS), maka dari itu sejak awal kita perlu menyiapkan target jurusan dan kampus cadangan. 

Kita harus jeli dalam memilih kampus tujuan. Sebaiknya perhatikan point penting yang sudah pernah kita bahas pada artikel tips memilih kampus tujuan.

Menjadi Freelancer

Strategi menghadapi biaya kuliah mahal yang berikutnya adalah kita harus punya pekerjaan paruh waktu atau menjadi seorang freelancer. Dengan begitu kita bisa mendapatkan uang tambahan untuk menunjang kegiatan kuliah. 

Selain untuk menambah pemasukan, bekerja paruh waktu juga menambah pengalaman yang akan berguna ketika sudah lulus kuliah. 

Namun, kita harus pandai dalam mengatur waktu dan manajemen prioritas, jangan sampai kuliah terbengkalai karena terlalu fokus mencari penghasilan tambahan.

Berhemat, Mengeluarkan Uang Sesuai Kebutuhan

Banyak cara untuk berhemat, seperti mengurangi nongkrong, kos bersama dengan teman seperjuangan, sehingga biaya sewa bisa dibagi dua, dan masih banyak lagi. 

Tidak ada jalan lain selain berhemat, jika kita sudah mengusahakan semua langkah di atas tapi tidak berhasil.


Itulah beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk menghadapi biaya kuliah yang mahal. 

Posting Komentar

tryout gratis