Tryout UTBK-SNBT Gratis

Update Terbaru 8 Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia Tahun 2024



Simbus PTN - Memilih perguruan tinggi tujuan adalah kewajiban bagi seorang mahasiswa kedokteran, kita harus jeli dalam memilih kampus yang memiliki fakultas kedokteran terbaik

Berdasarkan yang disampaikan oleh Plt. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam saat ini sebanyak 115 fakultas kedokteran telah berdiri. Lalu dari 115 itu fakultas kedokteran mana saja yang terbaik? dan mungkin bisa menjadi target perguruan tinggi saat ingin berkuliah nanti. Yuk simak data berikut ini.


10 Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia Tahun 2024 Versi Edu Rank

Data berikut diambil dari lembaga pemeringkatan perguruan tinggi independed yang bernama Edu Rank. Pemeringkatan ini didasari pada 3 indikator yaitu 45% research performance (kinerja penelitian), 45% non-academic prominence (keunggulan non-akademik), 10% alumni score (skor alumni).

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menjadi fakultas kedokteran terbaik saat ini dengan menduduki peringkat pertama di Indonesia dan 588 dunia. Hal ini juga menyebabkan peminat fakultas kedokteran UI jalur SNBT tahun 2023 mencapai 3.800an peserta. Padahal rata-rata daya tampung per tahunnya hanya 80 mahasiswa.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia layak sebagai yang terbaik dengan 25.362 publikasi dan 130.376 sistasi yang diterima. Dimana topik penelitian utamanya yaitu patalogi, bedah, psikiatri, kesehatan masyarakat dan imunologi.

2. Universitas Gadjah Mada

Menduduki peringkat 2 di Edu Rank, Universitas Gadjah Mada telah menerbtikan 17.784 publikasi ilmiah dan 73.752 sitasi yang diterima. 

Jumlah peminat pada jalur SNBT jurusan kedokteran UGM juga menjadi salah satu yang terbanyak yaitu 3.700 peserta pada snbt tahun 2023.

Update terbaru pada tanggal 29 Februari 2024 versi Edu Rank Universitas Gadjah Mada menempati urutan kedua dan 244 di Asia pada kategori Kedokteran.

3. Universitas Airlangga

Selanjutnya Universitas yang terletak di Jakarta Barat ini menempati urutan Ke-3 Fakultas Kedokteran terbaik Versi Edurank dengan 19.543 publikasi ilmiah dan 51.642 sitasi diterima. 

Universitas Airlangga mempunyai fasilitas yang mumpuni dalam pembelajaran kedokteran, mulai dari e-learning yang canggih, berbagai jenis laboratorium, hingga memiliki jaringan rumah sakit sendiri.

Tak heran perguruan tinggi yang biasa disingkat menjadi UNAIR ini menempati urutan ke-3 dan 249 di asia versi Edurank.

4. Universitas Padjadjaran

Fakultas Kedokteran terbaik nomor empat ditempati oleh Universitas Padjadjaran. Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Sumedang, Jawa Barat ini telah mempublikasikan publikasi ilmiah sebanyak 12.273 dengan 45 ribu sitasi yang diterima.

Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran menempati urutan keempat di Indonesia dan 298 di Asia. 

5. Universitas Dipenogoro

Selanjutnya kita masuk ke wilayah Jawa Tengah dengan fakultas kedokteran terbaik nomor lima yaitu Universitas Dipenogoro. Universitas ini telah menerbitkan 11 ribu publikasi ilmiah dan 23 ribu sitasi yang diterima dengan topik utamanya yaitu Pathology, Public Health, Psychiatri, Surgery, dan Gynecology (OB-GYN).

6. Univeristas Udayana

Perguruan Tinggi Negeri unggulan yang berada di pulau Bali ini menjadi salah satu dari Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia dengan menempati urutan ke-6 dan 389 di Asia. 

7. Universitas Hasanuddin

Bagi kamu yang berdomili di Provinsi Sulawesi Selatan dan ingin masuk ke fakultas kedokteran, Universitas Hasanuddin adalah pilihan yang harus kamu masukan dalam top tiernya. 

Universitas Hasanuddin menduduki peringkat ke-7 di Indonesia dan 410 di Asia dalam kategori Kedokteran Versi Edurank tahun 2024.

8. Universitas Brawijaya

Universitas dengan almamater warna biru navy ini menempati posisi ke delapan Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia.

Universitas Brawijaya juga telah menerbitkan publikasi ilmiah dengan topik kedokteran sebanyak 9.777 publikasi dan 19.800 sitasi yang diterima.


Demikian informasi mengenai daftar fakultas kedokteran terbaik di Indonesi versi Edurank dengan update terbaru pada tanggal 29 Februari 2024. 

Stay tune untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. 

Posting Komentar

tryout gratis