Tryout UTBK-SNBT Gratis

Prodi dengan Minat Terendah Jalur SNBT di Universitas Indonesia


Simbus PTN
- Universitas Indonesia merupakan salah satu Perguruan Tingi Negeri unggulan Indonesia. Universitas yang biasa di singkat UI ini menempati urutan ke-1 pada daftar universitas terbaik versi Edu Rank. 

Minat siswa untuk masuk ke universitas ini pun cukup tinggi, para siswa ramai berlomba agar bisa memasuki Perguruan Tinggi yang berlokasi di Depok tersebut. Salah satu jalur yang paling bergengsi untuk bisa masuk ke Universitas Indonesia adalah SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Test).

Dari total 79 prodi yang dibuka jalur SNBT, terdapat beberapa prodi dengan minat terendah di Universitas Indonesia

Program Studi apa saja itu? mari kita bahas satu per satu.


10 Program Studi dengan Minat Terendah di Universitas Indonesia

Data minat ini kami ambil dari peserta SNBT tahun 2023.


1. D3 Administrasi Asuransi & Aktuaria

Program Studi ini memiliki minat terendah pada SNBT tahun 2023. Dimana hanya ada 75 peserta SNBT yang memilih Prodi D3 Administrasi Asuransi & Aktuaria Universitas Indonesia.

D3 Administrasi Asuransi & Aktuaria adalah program studi Vokasi yang berfokus menghasilkan tenaga madya asuransi dan aktuaria yang memiliki pengetahuan administrasi aktuaria dalam industri asuransi jiwa, kesehatan, dan kerugian. 


2. S1 Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa

Menempati urutan kedua prodi dengan minat terendah di Universitas Indonesia, S1 Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa merupakan Prodi yang berada di Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya.

Peserta SNBT 2023 yang memilih prodi ini sebagai target prodi mereka adalah sebanyak 137 orang, dimana pada saat itu daya tampung Prodi S1 Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa adalah 24 mahasiswa.


3. D3 Administrasi Keuangan Dan Perbankan

Memasuki urutan ketiga yaitu Prodi D3 Administrasi Keuangan Dan Perbankan. Peminat program studi ini pada snbt tahun 2023 sebanyak 142 orang.


4. S1 Sastra Rusia

Perguruan tinggi yang membuka program studi ini hanya ada 2 di Indonesia, salah satunya adalah Universitas  Indonesia.

Sebanyak 152 calon mahasiswa yang memilih program studi ini pada jalur SNBT 2023, menjadikan prodi ini menjadi salah satu prodi sarjana yang memiliki minat rendah.

Prodi ini menjadi jajaaran prodi dengan minat terendah jika dibandingkan dengan program studi populer di Universitas Indonesia yang mencapai 900 bahkan 3000-an peserta SNBT.


5. D4/STr Terapi Okupasi

Program Studi D4 Terapi Okupasi Universitas Indonesia adalah prodi Vokasi Kesehatan yang berfokus menghasilkan lulusan yang dapat memberikan pelayanan pada klien/pasien dengan kelainan/kecacatan fisik dan/mental yang mempunyai gangguan pada kinerja okupasional.

Prodi ini menjadi salah satu Program Studi dengan minat terendah di UI dengan jumlah peserta snbt tahun 2023 sebanyak 181 siswa.


6. D3 Akuntansi

Berbeda dengan program sarajananya yang memiliki minat ribuan peserta, jurusan akuntansi jenjang Diploma Tiga (D3) hanya diminati oleh 183 orang pada jalur SNBT tahun 2023.


7. D3 Penyiaran Multimedia

Prospek kerja dari lulusan penyiaran multimedia cukup luas seperti menjadi Asisten Produser Program Radio, Reporter Radio, Staf Redaksi, Staff Multimedia Radio. Akan tetapi di Universitas Indonesia program studi ini menjadi salah satu yang memiliki peminat terendah yakni hanya sebanyak 189 peserta SNBT tahun 2023.


8. D3 Administrasi Perkantoran

Prodi D3 Administasi Perkantoran hampir mencapai 200 peminat pada SNBT tahun 2023. Namun dengan jumlah itu, prodi ini masih masuk dalam 10 prodi dengan minat rendah di Universitas Indonesia.


9. S1 Sastra Perancis

Kampus yang membuka jurusan ini di Indonesia sudah cukup banyak, salah satu ungulannya yaitu Universitas Indonesia. Bukan tidak bagus prospek kerjanya, mungkin masih belum terkenal sehingga prodi ini masuk dalam 10 program studi dengan minat rendah.


10. S1 Geofisika

Belum banyak siswa yang memiliki minat terhadap jurusan ini, padahal lulusan dari S1 Geofisika bisa bekerja di perusahaan BUMN, dimana terkenal dengan gaji atau tunjangannya yang tinggi. 

Minat rendah itu dibuktikan dengan data peminat jalur SNBT pada tahun 2023 yang hanya ada 197 peminat di jurusan ini.


Penutup

Data peminat program studi di atas, diambil langsung dari website SNPMB Kemdikbud RI. 

Kami menempatkan menjadi 10 Prodi dengan minat rendah sesuai dengan jumlah peminat jalur SNBT semua prodi di Unviersitas Indonesia.

Mau tau peluang lulus SNBT tahun 2024? yuk cek di tryout snbt gratis!

Dapatkan info lengkap tentang Daya Tampung dan Peminat Program Studi Jalur SNBT Universitas Indonesia Tahun 2024.
KLIK DISINI

Posting Komentar

tryout gratis