Tryout UTBK-SNBT Gratis

Menjelajahi Berbagai Informasi Menarik tentang Politeknik Negeri Ketapang

Politeknik Negeri Ketapang

Bagi kalian yang telah menyelesaikan Masa pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Masa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan kalian ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri, ada nih rekomendasi ada sebuah Politeknik Negeri di provinsi Kalimantan Selatan, yaitu Politeknik Negeri Ketapang yang berlokasi di daerah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Selatan, Indonesia.

Sejarah Politeknik Negeri Ketapang

Pada Tanggal 12 Februari 2006 adalah momen berdirinya Politeknik Negeri Ketapang yang berlokasi di daerah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Selatan, Indonesia. Yayasan Pangeran Iranata dan Pemerintah Kabupaten Ketapang bersama-sama sepakat untuk dirinya Politeknik Negeri Ketapang, pada periode tahun Akademik 2008/2009 adalah momen resmi beroperasi Politeknik Negeri Ketapang. berdirinya Politeknik Negeri ini mempunyai tanda-tanda oleh munculnya Peraturan Daerah Kabupaten Ketapang dan Keputusan Pendidikan Nasional.

Sebelum jadi Politeknik Negeri Ketapang, awalnya dari kampus sementara Balai Latihan Kerja, Politeknik Negeri Ketapang mempunyai 3 program studi yaitu Program Perawatan dan Perbaikan Mesin, Program Teknik Pertambangan, dan Program Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan.

Politeknik Negeri Ketapang merubah statusnya menjadi di bawah Kemenristekdikti pada tahun 2014. Jumlah program studi di Politeknik Negeri Ketapang bertambah 5 program studi lagi, termasuk dari Program Teknologi Informasi dan Program Teknologi Konstruksi jalan dan Jembatan. Pada saat ini Politeknik Negeri Ketapang  menjadikan dirinya satu-satunya perguruan tinggi negeri yang mempunyai 1300+ alumni, didukung oleh pengajar S2 76 orang dan pengajar S3 2 orang, beserta semua fasilitas yang ada di Politeknik Negeri Makassar yang sangat memadai kualitasnya.

Visi dan Misi Politeknik Negeri Ketapang

Visi Politeknik Negeri Ketapang

Visi dari Politap adalah menjadikan Politeknik negeri unggul dari bidang pertanian dan unggul bidang pertambangan, berdasarkan tingkat nasional dan tingkat internasional

Misi Politeknik Negeri Ketapang

  1. Membuat suatu organisasi Pendidikan Vokasi pada bidang studi pertanian dan pertambangan untuk meningkatkan para mahasiswa dalam rangka peningkatan wilayah sekitar dan peningkatan nasional.
  2. Membuat dan memajukan penelitian yang akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bagi ilmu pengetahuan dan  ilmu teknologi.
  3. Melaksanakan perilaku baik dan sopan kepada masyarakat sekitar wilayah untuk memajukan kesejahteraan bagi masyarakat.
  4. Membuat sistem pengelolaan tridharma agar mendapatkan peningkatan bagi perguruan tinggi negeri dengan membuat prinsip tata kelola yang kompeten.
  5. Menciptakan lingkungan akademik yang inspiratif guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan proses pembelajaran, sekaligus mendorong pola belajar seumur hidup serta mengembangkan semangat kewirausahaan.

Fakultas Yang Ada Di Politeknik Negeri Ketapang

Jurusan Teknik Mesin

  • D3 Pemeliharaan Mesin

Jurusan Pertanian & Bisnis

  • D4 Teknologi Hasil Produksi Perkebunan
  • D3 Teknologi Hasil Produksi
  • D3 Agroindustri

Jurusan Teknik Sipil & Pertambangan

  • D4 Teknologi Konstruksi Jalan & Jembatan
  • D3 Teknologi Pertambangan

Jurusan Teknik Elektro & Teknik Informatika

  • D4 Teknologi Listrik
  • D3 Teknologi Informasi

Referensi:
https://politap.ac.id/
https://politap.ac.id/index.php/sejarah-singkat-2
https://politap.ac.id/index.php/visi-misi-dan-tujuan

Posting Komentar