Tryout UTBK-SNBT Gratis

Penjelasan dan Manfaat Jika Kamu Ikut Ospek Kampus

pengertian dan manfaat ospek

Halo Sobat , pasti kamu pernah bertanya-tanya tentang “ Sebenarnya, ikut ospek itu harus tidak sih?” Sesudah lolos snbt dan masuk ke Perguruan Tinggi, umumnya para mahasiswa baru akan diharuskan untuk ikut orientasi di kampus. 

Kegiatan ini masih sering memiliki kesan negatif karena kebanyakan ada yang dimarahi seniornya, harus datang pagi hari , dan lainnya. Tapi kalian jangan anggap itu sebagai hal yang negatif ya! , ternyata banyak manfaat ikut ospek yang bisa kamu peroleh lho , Yuk bahas dahulu apa itu ospek dan setelah itu manfaat mengikuti ospek.

Penjelasan Ospek

Apa itu Ospek? Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau Ospek merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menghadirkan kepada mahasiswa baru tentang lingkungan kampus, tradisinya, dan budaya akademik, juga membantu kamu beradaptasi dengan aktivitas universitas.

Latar Belakang Ospek

Semenjak di jenjang pendidikan SMP dan SMA, kamu juga sudah diperkenalkan dengan konsep Masa Orientasi Siswa (MOS) , yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah, proses pembelajaran , dan ekstrakurikuler. 

Tapi ketika menuju ke jenjang yang lebih tinggi yaitu universitas konsep ini telah berkembang menjadi ospek yaitu sebuah program  yang beragam dan komprehensif, mencakup pengenalan kehidupan di kampus , Pameran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), penyesuaian belajarnya dan serta pengenalan fakultas dan jurusan.

Jenis-jenis Ospek

Ospek ternyata ada banyak ragam jenisnya, sesuai kebijakannya dan tradisi perguruan tinggi yang berhubungan. Berikut ini beberapa jenis Ospek yang diadakan dengan perguruan tinggi.

  1. Ospek Kampus , Ospek Kampus merupakan orientasi yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi secara umumnya untuk semua mahasiswa baru. Kegiatan ini biasanya membahas pengenalan kepada kampus, fasilitasnya dan layanan yang sudah ada.

  2. Ospek Fakultas, Setelah orientasi kampus mereka biasanya akan mengikuti Ospek Fakultas , mereka mendapatkan sebuah informasi yang lebih spesifik tentang fakultas akademik, serta meliputi kegiatan team building dan pengenalan staf dan dosen.

  3. Ospek Jurusan, Ospek Jurusan merupakan orientasi yang paling fokus yang dimana mahasiswa baru diperkenalkan ke jurusan studi mereka. Kegiatan ini memberikan penjelasan terperinci tentang kurikulum jurusannya , pengenalan kepada dosen serta staf jurusan , dan kegiatan yang dibuat untuk membantu mahasiswa mengerti dan mempersiapkan tantangan akademik dan profesional dalam bidang studi mereka.


Manfaat Ospek

Adanya Sejumlah manfaat yang bisa kita peroleh dari proses ini. Tapi meskipun tampak menakutkan di awal, Ospek dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa salah satunya adalah menambah pengalaman yang berharga dan mengesankan, Yuk simak berikut manfaatnya;.

  1. Beradaptasi dengan lingkungan kampus, Kampus jelas menjadi sesuatu yang baru untuk kamu kan?, bahkan kehidupan di kuliah itu berbeda banget sama kegiatan di sekolah , jadi itu sangat penting mengikuti kegiatan Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus), dengan mengikuti ospek, kamu jadi lebih terbantu untuk beradaptasi mengenal lingkungan kampus dan sistemnya yang akan dihadapi oleh kamu di tahun kedepannya.

  2. Melatih mental, pada umumnya kegiatan orientasi mahasiswa baru ini akan membantu melatih mental kamu, dipersiapkan untuk lebih siap menjalani kehidupan di kampus yang sepenuhnya akan berbeda dengan di sekolah, berhadapan dengan dosen, senior dan lainnya.

    Tugas yang diberikan oleh senior juga akan melatih mental psikologis kamu supaya bisa tenang dalam kondisi yang penuh tekanan. Biasanya peserta ospek akan diberi tugas untuk membuat name tag dari bahan tertentu dan tas dengan motif tertentu dan yang lain-lain. Jadi salah satu manfaat ospek adalah mengasah mental agar kamu menjadi lebih tenang dan berpikir positif mencari jalan keluar.

  3. Membangun Jaringan/Relasi, Selama kuliah kamu akan membutuhkan banyak relasi, bukan hanya dari teman saja, tetapi juga yang dari satu jurusan , satu fakultas dan bahkan satu kampus, Semakin banyaknya relasi yang kamu punya, akan semakin mudah kamu saat mengikuti kepanitiaan atau organisasi di tingkat jurusan, fakultas atau universitas. Apalagi kegiatan ospek akan sangat berguna menambah relasi dan juga kenalan orang baru di lingkungan kampus kamu.

  4. Memahami Tradisi kampus, Pastinya setiap universitas memiliki suatu tradisi dan budaya yang unik, melalui ospek kamu dapat diperkenalkan dengan nilai-nilai , etos kerja dan serta budaya yang sudah menjadi identitas dan semangat kampus. Pentingnya agar mahasiswa dapat menjadi bagian dari komunitas kampus dan serta berkontribusi secara positif.


Jadi, jangan lupa untuk mengikuti ospek ya! , karena itu banyak hal yang sangat bermanfaat untuk kamu , ada nya banyak relasi , melatih mental kamu , dan memahami tradisi kampus.


Referensi : 

  • https://bentaracampus.ac.id/mengenal-ospek-definisi-sejarah-dan-manfaat-bagi-mahasiswa-baru/#:~:text=Memahami%20Tradisi%20dan%20Budaya%20Kampus&text=Melalui%20Ospek%2C%20mahasiswa%20baru%20diperkenalkan,kampus%20dan%20berkontribusi%20secara%20positif.
  • https://www.ruangguru.com/blog/manfaat-ospek-untuk-mahasiswa-baru
  • https://masuk-ptn.com/artikel/detail/manfaat-ospek

Posting Komentar