Tryout UTBK-SNBT Gratis

Pengertian dan Manfaat Mengasah Soft Skill

pengertian soft skills

Hai sobat simbus, tahukah kamu bahwa mengasah soft skill itu penting?, sebelum itu apakah kamu sudah tau apa itu soft skill? Atau kamu sudah pernah mendengar kata kata seperti ini "Jangan lupa untuk mengasah soft skill kamu di dunia perkuliahan!". 

Kamu akan mendengarnya dari orang tua kamu maupun orang-orang yang ada di sekitarmu seperti guru dan senior kamu yang sudah punya pengalamannya di dunia kerja. Nah agar kamu tidak semakin bingung, Yuk kita simak penjelasannya!

Apa itu Soft Skill?

Soft skill adalah kemampuan yang dikembangakan dengan sendirinya dan tidak ada pelajarannya dalam pembelajaran formal. 

Soft skill mengacu kepada kepribadian, tingkah laku yang kamu miliki. Soft skill bahkan bisa memperlihatkan kecerdasan emosional dan juga empati dari dalam seseorang. 

Kemampuannya gimana kamu dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada disekitar kamu, sejak dari caranya berkomunikasi, menempatkan diri kamu dalam berbagai situasi, bagaimana kamu berdiskusi dan hingga menyampaikan opini kamu dengan baik, atau kamu juga dapat menjadi pendengar yang baik , dapat berpikir kritis , dan bagaimana caranya kamu dapat bekerja sama dan dapat memimpin orang lain.

Soft skill dapat terus dibentuk melalui banyaknya pengalaman kamu maupun dari dunia sekolah atau di kampus, karenanya kamu juga akan bertemu banyaknya orang yang memiliki latar belakang yang berbeda dan mungkin akan juga menghadapi bermacam-macam situasi dan kondisi.

Pentingnya Soft skill untuk dipelajari

Kamu mungkin sudah sering mendengar kalau di dunia kerja soft skill itu penting kan , soft skill itu merupakan faktor yang menentukan apakah kamu bakalan dapat bertahan, cepat berkembang dan cepat nya kamu beradaptasi, baik di dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari. 

Karena kamu kalau berada di dunia kerja, kamu akan sering berinteraksi dengan banyaknya orang, maka setidaknya kamu bisa bersosialisasi dan beradaptasi. Salah satunya upaya untuk bersosialisasi yaitu dengan memiliki soft skill yang baik. 

Faktanya , memiliki tingkah laku yang baik serta dapat mengatur diri dan emosi yang baik itu juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan hasil kerja dan prestasi kamu lho.

Jenis-jenis Soft Skill ada apa saja?

  • Kemampuan Berkomunikasi. Kemampuan ini merupakan gimana kamu bisa menempatkan diri kamu dalam berbagai situasi dan kondisi.
  • Bekerjasama. Dengan mempunyai keterampilan dalam bekerjasama, dapat membantu kamu untuk lebih gampang untuk beradaptasi dilingkungan yang baru.
  • Menyelesaikan Masalah dan Berpikir kritis. Kemampuan ini yaitu kemampuan yang berpikir tetap fokus terhadap satu masalah. Kalau menyelesaikan masalah merupakan kemampuan yang bertujuan untuk mencari solusi dari suatu  permasalahan tersebut. 

Manfaat Soft Skill ada apa saja ya?

  1. Dapat mengasah kemampuan kerja dalam tim, akan banyak kerja sama dalam tim, yang berarti kamu justru memiliki tantangan dalam bekerja dalam tim, bukan cuma untuk sebagai individu saja. Bekerja dalam tim akan sangat menggunakan soft skill, contohnya seperti komunikasi , negoisasi, pemecahan masalah, dan yang lain-lain.

  2. Mampu beradaptasi dengan cepat, manfaat yang satu ini yang terpenting yaitu menyiapkan diri agar lebih mudah beradaptasi di lingkungan kampus. Karena sangat berbeda dengan lingkungan yang ada di sekolah dari sistem pembelajarannya, lingkungan nya dan yang lain-lain.

  3. Dapat mengelola waktu dengan baik, ini bagus untuk kamu lebih baik dalam mengelola waktunya, keterampilan ini juga gak kalah pentingnya dalam mengerjakan tugas. Tanpa mengelola waktu dengan baik, kamu pasti bakalan ada banyak pekerjaan yang tidak selesai.

  4. Mampu berbicara di depan umum, Skill public speaking yaitu kemampuan untuk berkomunikasi dengan ide secara efektif melalui berbicara di depan umum merupakan soft skill yang vital. Ini memerlukan kepercayaan diri dan kemampuan menghibur pendengar.

Nah gimana nih , sudah paham belum tentang soft skill dan manfaatnya, jadi jangan lupa untuk sering mengasah soft skill nya ya sobat simbus!


Referensi : 

  • https://www.belajarlagi.id/post/manfaat-soft-skill
  • https://osc.medcom.id/community/pentingnya-pengembangan-keterampilan-soft-skills-di-era-digital-6377
  • https://sisi.id/stories/life-at-sisi/5-alasan-pentingnya-mengasah-soft-skill/
  • https://www.gokampus.com/blog/alasan-soft-skill-begitu-penting-untuk-anak-muda?hideHeader=false

Posting Komentar