Tryout UTBK-SNBT Gratis

Daftar Jurusan di Fakultas Teknik UNTIRTA

jurusan di fakultas teknik untirta

Halo, Sobat Simbus yang akan melanjutkan kuliah dan tertarik untuk Berkuliah di Fakultas Teknik Untirta, harus tau daftar Jurusan yang ada di Fakultas Teknik Untirta berikut.

Daftar Jurusan di Fakultas Teknik UNTIRTA

1. Teknik Mesin

Apa yang dilakukan Jurusan Teknik Mesin, jurusan teknik mesin adalah yang akan mempelajari konstruksi dan perancangan, konversi energi , teknik produksi dan juga material. Secara umumnya pasti kalian akan mempelajari dengan menggunakan dasar fisika dan matematika, seperti aliran air untuk mesin ataupun elemen paling penting yaitu roda gigi dan sumber mata air.

Jurusan Teknik Mesin memiliki keunggulannya seperti Industri otomotif sangat diperlukan lulusan Teknik Mesin untuk merancang sebuah kendaraan bermotor, perusahaan di industri manufaktur dan otomatisasi juga butuh lulusan Teknik Mesin.

Peminat jurusan ini jalur snbt tahun 2023 sebanyak 346 orang dengan kuota mahasiswanya di angka 100an, artinya teknik mesin di untirta cukup populer, yuk cek peluang lulus snbt di tryout snbt Simbus PTN.

2. Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri itu apa ya?,Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia yaitu seperti pengelolaan, produksi dan ekonomi. Di jurusan teknik industri nantinya kalian akan melakukan banyaknya penyelesaian masalah dengan pendekatan matematis

Jurusan Teknik Industri memiliki keunggulan yaitu, Sarjana Teknik Industri dibutuhkan perusahaan untuk mengelola informasi. Perlu di ingatkan perkembangan teknologi saat ini menuntut perusahaan untuk membuat engagement dengan konsumen.

3. Teknik Elektro

Teknik Elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Di jurusan teknik elektro nantinya kalian akan mempelajari ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik. 

Jurusan Teknik Elektro memiliki keunggulan yaitu, kalau kamu lulusan Teknik Elektro banyak diperlukan di berbagai perusahaan untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik, jadinya  kamu tak perlu khawatir akan prospek kerja pada jurusan ini.

4. Teknik Metalurgi

Pernahkah kamu mendengar tentang Jurusan Teknik Metalurgi? Ini merupakan salah satu jurusan yang kurang diketahui orang sehingga sampai sekarang peminatnya masih sedikit, jurusan teknik yang satu ini penting dan banyak manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. istilah metalurgi dapat memiliki arti proses ekstraksi logam dari mineral. Metalurgi hanya berkaitan dengan ekstraksi logam dan serta produksi logam, Jurusan ini masuk dalam bidang ilmu keteknikan yang khususnya mendalami proses pengolahan mineral, proses ekstraksi serta pembuatan , penguatan logam ,paduan logam, degradasi logam, juga mempelajari hubungan sifat mekanik logam dengan strukturnya. Intinya, jurusan ini mempelajari sifat-sifat kimia yang ada di dalam logam.

Jurusan Teknik metalurgi walaupun peminatnya sedikit, tetapi banyak loh keunggulannya yaitu banyaknya perusahaan besar yang mencari lulusan Teknik Metalurgi khususnya yang bergerak pada industri logam serta baja. Gaji yang ditawarkan dapat dikatakan cukup besar juga dan pasti akan meningkat sewaktu - waktu.

5. Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia adalah bidang studi yang belajar tentang rekayasa untuk menghasilkan suatu produk dengan nilai ekonomis yang tinggi. Kamu akan mengembangkan suatu teknik produksi. Jadi, jurusan ini memang berbeda dengan program studi kimia atau pendidikan kimia ya, jadi nantinya kamu akan banyak mengembangkan penelitian terkait desain molekular baru, sintesis, dan reaksi kimia untuk mewujudkan masyarakat ramah lingkungan.

Jurusan Teknik Kimia memiliki keunggulan, untuk berpeluang di pasar di tenaga kerja besar karena jurusan ini tidak banyak di kampus lain ,lulusan teknik kimia banyak dibutuhkan di berbagai industri.

6. Teknik Sipil

Jurusan lain yang ada di Fakultas Teknik UNTIRTA adalah Teknik Sipil. Apa itu Teknik Sipil? , Teknik sipil adalah bidang studi yang mempelajari perancangan atau perencanaan, manajemen atau pengelolaan , dan konservasi dari bermacam fasilitas dan sistem yang mendukung sebuah pedesaan dan perkotaan. 

Lulusan Teknik Sipil mempunyai keunggulan tersendiri salah satunya adalah bisa menghasilkan karya-karya yang sangat bermanfaat untuk masyarakat luas.

7. Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal dengan menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Di Jurusan Teknik Informatika kamu akan mempelajari bermacam prinsip terkait ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, sampai evaluasi sistem operasi perangkat lunak. Selama kuliah kamu akan banyak belajar tentang pemrograman dan komputasi, dan mempelajari dengan keterampilan merancang perangkat lunak.

Teknik informatika banyak sekali keunggulannya, karena perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan lulusan teknik informatika menjadi semakin luas dengan jenjang karir yang beragam dan tentunya juga gaji yang cukup banyak.

8. Prodi Statistika

Statistika merupakan perpanjangan dari bidang studi Matematika. Perbedaanya, Statistika lebih fokus ke arah data dan pengolahannya. Sederhananya, Jika kuliah di jurusan Statistika akan mempelajari cara menganalisis, menyajikan, dan mengumpulkan data ke dalam bahasa yang mudah dipahami sehingga bisa dijadikan sebuah informasi untuk kebanyakan orang.

Untuk Jurusan Statistika memiliki peluang yang sangat menjanjikan karena industri media membutuhkan ahli statistika untuk menentukan program yang akan mereka sajikan.

Untuk biaya masuk jurusan di fakultas teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)  yaitu, Rp. 3.500.000 sampai Rp.7.500.000, Jadi gimana nih sobat simbus, mau masuk jurusan mana , sudah dipikiran belum?

Posting Komentar