Tryout UTBK-SNBT Gratis

Apa Perbedaan IPS dan IPK? Maba Wajib Tahu!

Halo Sobat Para Pejuang PTN!

IPS dan IPK, dua-duanya memang menerangkan tentang nilai, Sekilas memang mirip tetapi berbeda. Lalu, apa perbedaan dari keduanya?

Meskipun yang berbeda hanya di "huruf" terakhirnya saja, istilah IPK dan IPS tidaklah sama. Yang satunya dipengaruhi oleh yang lainnya tetapi tidak adanya hubungan saling berpengaruh antara keduanya. Agar lebih jelas, Yuk simak perbedaan lengkapnya

Indeks Prestasi Semester (IPS)

Pentingnya Memahami IPS, Sebagai mahasiswa, memahami IPS sangatlah penting. IPS bukan hanya sekadar angka di transkrip akademik ini mencerminkan seberapa baik kita menguasai materi selama satu semester. Dengan memahami IPS, kita dapat mengukur kemajuan kita dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.IPS tidak dipengaruhi sama IPK, IPS yang rendah dapat ditingkatkan pada semester berikutnya.

  • Faktor yang Mempengaruhi IPS

    Sebagai mahasiswa ketepatan waktu dalam menyelesaikan studi itu penting karena kalau sering mengulang mata kuliah atau mengalami keterlambatan menyelesaikan studi, ini juga akan berdampak pada IPS

  • Strategi Meningkatkan IPS

    Tingkatkan Konsistensi dengan Hadir di kelas, mengerjakan tugas, dan berpartisipasi aktif akan membantu meningkatkan IPS dan juga atur waktu dengan baik , karena kalau bisa mengatur waktu dengan baik , mahasiswa tidak terlalu terbebani oleh tugas dan ujian.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

IPK adalah rata-rata dari semua IPS yang telah kita peroleh selama masa studi. Jadi, setiap IPS memiliki bobot yang sama dalam perhitungan IPK.IPK adalah nilai akhir dan tidak bisa diperbaiki.IPK sangatlah penting karena diperlukan untuk melamar kerja.

  • Bagaimana Cara Menjaga IPK?

    Sangatlah penting untuk mahasiswa lebih berkonsisten dalam belajar dan Jangan hanya fokus pada satu semester. Mempertahankan konsistensi dalam belajar sepanjang masa studi karena itu akan berdampak pada kedepannya.

    Untuk mahasiswa berpartisipasilah dalam Kegiatan Akademik, Karena Selain nilai, keikutsertaan dalam kegiatan akademik juga dapat memperkaya pengalaman dan pengaruh ke IPK.

  • Penghitungan IPK

    Dengan menggabungkan semua mata kuliah yang telah ditempuh dari suatu semester tertentu. Pada perhitungan IPK, angkanya berkisar 0 atau E sama dengan gagal hingga 4 atau A adalah nilai terbaik. Angka kredit ditentukan dari besarannya, biasanya 1 sampai 4 Satuan Kredit Semester (SKS) berdasarkan bobot setiap mata kuliah. Bobot mata kuliah ditentukan berdasarkan pentingnya mata kuliah tersebut dalam membentuk kompetensi lulusan.

  • Predikat IPK

    - IPK 2,76 - 3,00 Yang Berarti Memuaskan

    - IPK 3,01 - 3,50 Yang Berarti Sangat Memuaskan

    - IPK 3,51 - 4,00 Yang Berarti Dengan pujian (cum laude)

  • Apa itu Cumlaude?

    Cumlaude merupakan penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa yang telah berhasil mencapai tingkat akademik secara baik dengan memenuhi syaratnya seperti telah menyelesaikan masa studi.

Lebih Penting Mana, IPK atau IPS?

Setelah mengetahui pengertian dan perbedaannya masing-masing, lalu lebih penting mana IPK atau IPS?

Kalau konteksnya dalam dunia kerja, penerima kerja cenderung melihat nilai IPK, karena memang itulah nilai akhir dari keseluruhan IPS, namun dengan menjaga IPS dengan baik, nilai IPK kita juga akan baik.

Jadi dua-duanya penting.

Kesimpulan

Meskipun IPS dan IPK memiliki kesamaan dalam mengukur prestasi akademik mahasiswa, keduanya memiliki perbedaan mendasar dalam cakupan waktu dan tujuan. IPS berfokus pada prestasi yang dicapai dalam satu semester tertentu, sedangkan IPK memberikan gambaran keseluruhan prestasi akademik mahasiswa sejak awal perkuliahan hingga semester yang sedang berjalan. Dengan kata lain, IPS adalah potret sementara, sedangkan IPK adalah potret keseluruhan.

Referensi :

  • https://masuk-ptn.com/artikel/detail/perbedaan-sks-ipk-ip
  • https://unnes.ac.id/beda-ipk-dan-ips-pada-sistem-perkuliahan-maba-harus-paham/#:~:text=Dari%20pengertian%20di%20atas%2C%20bisa,IPS%20tidak%20dipengaruhi%20oleh%20IPK.
  • https://unair.ac.id/bingung-perbedaan-ipk-dan-ips-berikut-penjelasaannya/
  • https://biologi.uksw.edu/detail_post/pengumuman/perubahan-predikat-kelulusan

Posting Komentar