Tryout UTBK-SNBT Gratis

5 Cara Efektif Mengatasi Malas

cara efektif mengatasi malas

Halo sobat!, pasti kamu pernah mengalami rasa malas kan?, karena merasa lelah dengan aktivitas yang kalian pernah hadapi. 

Malas dapat menghambat aktivitas kita mencapai tujuan yang kita inginkan. Tetapi, rasa malas dapat dicegah dengan beberapa cara sederhana. Yuk simak berikut cara-cara yang efektif untuk mengatasi rasa malas.

Berbagai cara mengatasi rasa malas

  1. Mencari tahu penyebab terjadi nya malas

    Rasa malas memang sulit untuk dicegah, Namun jika kamu sudah mengalaminya , maka seharusnya kamu mencari tahu apa penyebab yang membuat kamu munculnya kemalasan. Luangkan waktumu dengan refleksikan diri supaya kamu dapat memahami faktor yang memicu rasa malas tersebut. 

    Faktor yang memungkinkan kamu terjadi nya malas yaitu seperti rasa lelah ataupun kewalahan mungkin saja itu yang jadi penyebab utama dari rendahnya dorongan kamu untuk melakukan aktivitas. 

    Kamu bisa mengawalinya dengan cara mencatat aktivitas apa saja yang kamu lakukan, sedikitnya selama satu minggu. Jika rasa malas itu muncul karena rasa lelah , harusnya kamu beristirahatlah sebentar dan fokuskan dirimu untuk rileks. Apabila penyebabnya rasa kewalahan karena terlalu banyak menghabiskan waktu, sebaiknya kurangi sesaat untuk mengatur prioritas kamu dan atasi satu per satu.

  2. Tetapkan target yang bisa dicapai

    Rasa malas umumnya disebabkan karena kurang motivasi untuk melakukan sesuatu aktivitas, kamu dapat mengatasinya dengan menetapkan target yang ingin dicapai atau tujuan. 

    Walaupun begitu, target yang berlebihan membuat kamu kewalahan juga dan dapat menghilangkan rasa semangat untuk selesaikan aktivitas tersebut. Diusahakan untuk menetapkan target yang bisa dicapai atau yang bisa dilakukan sesuai kemampuan kamu, hal itu dapat menjadi salah satu cara mengatasi rasa malas.

  3. Hargai setiap proses yang kamu capai

    Jika kamu dapat mencapai target yang kamu raih dalam rencana anda, hargailah usaha itu dan cara ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan motivasi dan melawan rasa malasnya sehingga kamu mendapatkan kesuksesan dalam jangka panjang. Hal-hal yang seperti itu akan membuat kamu bersemangat untuk mencapai tujuan yang ingin kamu raih.

  4. Lawan rasa yang membuat bosan

    Rasa Bosan disalah artikan dengan rasa malas, sebenarnya kedua itu sangat berbeda, rasa bosan umumnya tidak tertarik untuk melakukan kegiatan tertentu, tetapi masih ada keinginan untuk melakukan aktivitas yang berbeda. 

    Untuk mengatasi rasa malas, sebaiknya kamu mencoba hal-hal yang sangat menarik, dan bisa membuat kamu menjadi senang. Sehingga semangat akan kembali dan rasa malas akan hilang.

  5. Berpikirlah yang positif supaya kembali semangat

    Pikiran yang negatif dapat memungkinkan lawan terbesar yang harus kita basmi. Kemalasan tidaklah jarang yang menuju pada munculnya rasa pesimis dan rasa bersalah. 

    Karena itu kita merasa akan gagal dan tidak dapat menghasilkan apapun. Maka dari itu mulailah berpikir positif dengan menyemangatkan diri sendiri kalau kita dapat menyelesaikan suatu aktivitas hari ini juga. Jangan pernah untuk menunda-nunda suatu tugas atau aktivitas yang kamu lakukan. Jika kamu tidak melakukannya, Maka akibatnya aktivitas tersebut tidak akan ada yang selesai.


Faktor Internal dan Eksternal yang Menyebabkan Malas

Mengutip dari artikel ilmiah yang berjudul "Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Siswa Malas Belajar Pada Kelas V" terdapat beberapa faktor yang menyebabkan malash sebagai berikut:

1. Faktor Internal

Malas yang bersumber dari dalam diri seseorang meliputi:

  • a. Kurangnya motivasi diri menjadi salah satu penyebab malas.
  • b. Kebiasaan makan makanan yang tidak baik, sehingga menyebabkan tubuh merasa letih dan lemas. 
  • c. Emosi yang cenderung masih labil sehingga mudah untuk marah.

2. Faktor Eksternal

Malas yang bersumber dari pihak luar, meliputi:

  • a. Peran orang tua yang kurang memberikan dorongan belajar.
  • b. Guru juga berperan dalam menimbulkan rasa malas seorang pelajar, salah satunya adalah metode pengajaran guru yang menggunakan metode ceramah.
  • c. Lingkungan belajar yang ramai sehingga susah untuk fokus.
  • d. Sarana belajar di rumah yang kurang memadai
  • e. Terlalu sering bermain handphone.

Tentunya setiap orang memiliki alasan tersendiri yang menyebabkan malas, maka dari itu kita harus mengenal diri kita sendiri lebih dari siapapun. 


Kesimpulan

Semua orang pasti pernah atau bahkan sering mengalami rasa malas. Jika tidak kita atasi, rasa malas akan menimbulkan efek negatif, oleh karena itu terdapat beberapa cara mengatasi rasa malas mulai dari mengetahui penyebab malas, menentukan target, hingga selalu berpikir positif. 

Posting Komentar