Tryout UTBK-SNBT Gratis

Apa Arti UTBK? Pengertian Hingga Tips Lolos UTBK

arti utbk


Sudah bukan rahasia lagi kalau pemerintah kita suka sekali dengan singkatan, contohnya UTBK yang pasti terkenal dikalangan siswa Sekolah Menengah Atas. Lalu apa arti utbk? seberapa penting untuk siswa Sekolah Menengah Atas?

Pada artikel ini kita akan bahas mulai dari pengertian, sistem pelaksanaan, hingga informasi-informasi yang berhubungan dengan UTBK. So jangan lupa untuk baca sampai habis ya


Pengertian UTBK

UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Jadi arti UTBK adalah pelaksanaan ujian tulis yang menggunakan komputer. 

Ujian tulis disini lebih populer ditujukan untuk seleksi masuk perguruan tinggi. Jadi awal mula istilah UTBK populer adalah adanya ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri yang bernama SBMPTN.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada awalnya menggunakan ujian tulis berbasis cetak atau disingkat dengan UTBC, lalu pada tahun 2019 menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Jadi disini sudah paham ya apa arti utbk? 

Walaupun arti utbk merupakan sistem ujiannya yang bisa ada disemua ujian, UTBK lebih populer sebagai ujian untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Maka dari itu kita selanjutnya akan bahas bagaimana mekanisme pelaksanaan UTBK sebagai sistem ujian masuk PTN.


Apakah UTBK Wajib Diikuti Oleh Siswa yang Ingin Masuk PTN?

Jawabannya tentu tidak wajib ya, karena masih banyak jalur masuk PTN lainnnya seperti SNBP dan jalur seleksi mandiri. Tapi jalur UTBK menjadi yang terpopuler karena banyak benefitnya jika lulus lewat jalur ini.


Perkembangan Istilah Jalur Masuk PTN

Sampai disini kita sudah tahu kalau UTBK adalah jenis ujiannya yang menggunakan komputer. Nah UTBK biasanya berkaitan dengan jalur seleksi masuk PTN yang bernama SNBT. Kita akan bahas perkembangan istilah dari waktu ke waktu.

SBMPTN (2008 - 2022)

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur masuk yang sangat populer karena jika lolos lewat jalur ini kita mendapatkan benefit seperti terbebas dari uang pangkal. 

Materi ujian SBMPTN:

  • Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) atau juga sering disebut TPA yang terdiri dari Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. 
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek), tes ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang mengambil prodi dirumpun SAINTEK, ujian ini meliputi materi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. 
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum), tes ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang mengambil prodi dirumpun SOSHUM, ujian ini meliputi materi Sejarah, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi. 

Terdapat juga 3 jenis ujian keterampilan:

  1. Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  2. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  3. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.

SNBT (2023 - sekarang)

Memasuki tahun 2023, SBMPTN berganti nama menjadi SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Tes. Pada SNBT ini sudah tidak ada lagi TKD Saintek ataupun TKD Soshum, namun diganti dengan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi.

  • Tes Potensi Skolastik (TPS) terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pengetahuan Kuantitatif. 
  • Tes Literasi terdiri dari Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Sehingga total terdapat 7 subtest dengan jumlah soal total 155 soal dengan waktu pengerjaan 190 menit yang dibagi berdasarkan sistem blok (Blocking System).


Sistem Pelaksanaan dan Kriteria Penerimaan UTBK-SNBT

Karena sekarang sudah berganti nama menjadi SNBT, maka kita akan lebih sering menyebutnya dengan UTBK-SNBT bukan lagi dengan UTBK-SBMPTN.

Sistem pelaksanaannya sendiri calon mahasiswa harus mendaftar akun SNPMB lalu memilih target program studi dengan maksimal 4 prodi dengan kampus yang berbeda-beda. 

Kemudian peserta SNBT melaksanakan UTBK di pusat UTBK yang telah ditentukan dan sesuai dengan jadwal yang telah diatur oleh pemerintah. 

Kemudian peserta SNBT diseleksi berdasarkan perolehan nilai atau point UTBK. Nilai tertinggi sesuai dengan jumlah kuota calon mahasiswa prodi dan kampus yang dipilih maka dialah yang lolos. 


UTBK Dilaksanakan Dimana?

Tadi sudah sempat disinggung kalau UTBK dilaksanakan di pusat UTBK. Lalu apa itu pusat UTBK?

Pusat UTBK adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyediakan fasilitas ujian tulis berbasis komputer dan tersebar diseluruh Indonesia. 

Peserta SNBT yang akan mengikuti UTBK dalam memilih tempat mengikuti UTBK di kampus PTN terdekatnya. 

Untuk mengetahui informasi mengenai pusat utbk terletak dimana saja, bisa baca artikel kami atau langsung mengunjungi laman SNMPB.

Sub Pusat UTBK: https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/utbk-snbt/sub-pusat-utbk


Sedikit Tips Agar Bisa Lolos UTBK-SNBT

Pada artikel yang lain kami telah membahas lengkap mengenai tips lolos snbt. Jika ingin lengkapnya silahkan baca pada artikel tersebut.

Menguasi Materi Ujian

Tentunya untuk bisa lolos UTBK-SNBT kita harus menguasi materi ujian. Walaupun keberuntungan juga berpengaruh pada hasil, tapi dengan menguasi materi kita akan memperbesar keberntungan tersebut.

Mengikuti Tryout UTBK

Sebelum pelaksanaan disarankan untuk mengikti tryout utbk agar bisa mengetahui kemampuan, apakah sudah siap atau masih banyak yang harus di evaluasi.

Berdoa

So berdoa sesuai kepercayaan masing-masing akan menambah kepercayaan diri, sehingga dalam pelaksanaannya kita bisa all out.


Jadi itulah informasi tentang UTBK yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Posting Komentar