Tryout UTBK-SNBT Gratis

Macam-Macam Jalur Masuk Universitas Indonesia (UI)

jalur masuk UI


Banyak siswa yang ingin kuliah di Universitas Indonesia (UI). Mungkin kamu menjadi salah satunya?

Agar bisa berkuliah di UI, tentunya kita harus diterima terlebih dahulu dan terdapat beberapa jalur masuk UI yang bisa kita ikuti. Pada artikel kali ini kita akan bahas lengkap semua jalur masuk Universitas Indonesia. 

SNBT

Mungkin sebagian besar dari kalian yang membaca artikel ini sudah mengetahui apa itu SNBT. Jadi disini kami tidak akan menjelaskannya secara detail tentang SNBT itu sendiri.

Universitas Indonesia menjadi PTN Akademik dengan pendaftar jalur SNBT terbanyak nomor satu, yakni dengan jumlah 102.197 pendaftar.

Tidak mengherankan sih, karena Universitas Indonesia juga menjadi Top 1 Universitas terbaik di Indonesia, sehingga calon mahasiswa berbondong-bondong untuk memilih UI sebagai target kampusnya saat mendaftar SNBT.

SNBP

Ya untuk jalur ini mungkin juga sudah banyak yang tahu, jika belum silahkan baca ketentuannya pada artikel ini "Apa itu SNBP?". 

Pada tahun 2024 UI menerima sebanyak 2.105 mahasiswa melalui jalur SNBP ini. Program studi yang paling diminati oleh peserta SNBP 2024 dari rumpun SAINTEK yaitu S1 Pendidikan Dokter dengan pendaftar 1.720 pendaftar. Sedangkan dari rumpun SOSHUM adalah program studi S1 Ilmu Hukum dengan 1.634 pendaftar.

SIMAK UI

Ini adalah jalur masuk UI yang biasa kita kenal dengan seleksi mandiri. 

SIMAK UI adalah seleksi masuk UI terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. Mahasiswa yang diterima melalui jalur SIMAK UI membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor terkait biaya pendidikan.

Karena ini SIMAK UI termasuk seleksi mandiri alias bukan resmi dari pemerintah, sehingga biaya kuliahnya juga disesuaikan langsung oleh pihak kampus. 

Mungkin akan relatif lebih mahal jika kita masuk melalui jalur SIMAK UI ini.

Bagaimana peraturan SIMAK UI? 

Tiap periode atau tahun peraturan dan syarat mengikuti SIMAK UI pasti akan berbeda-beda, jadi untuk mengetahuinya lebih lanjut silahkan langsung akses halaman resmi SIMAK UI melalui https://penerimaan.ui.ac.id/.

Biaya pendaftaran SIMAK UI bervariatif tergantung program yang dipilih yakni sekitar 750 ribu hingga 1.6 juta.


Posting Komentar