Tryout UTBK-SNBT Gratis

Kapan Waktu yang Tepat untuk Belajar UTBK-SNBT?

persiapan utbk snbt

Sobat Simbus mungkin masih banyak yang bingung kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan UTBK SNBT. Apakah dari kelas 10, kelas 11, atau kelas 12?

Yuk kita cari tahu!

Sebelum itu, kita ulas dulu tentang UTBK.

Apa itu UTBK dan SNBT?

UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Kompeter, istilah ini populer untuk menggambarkan ujian masuk berbasis test yang menggunakan komputer. Lalu apa itu SNBT? Selesi Nasional Berbasis Tes (SNBT) adalah jalur resmi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dimana peserta SNBT nantinya akan mengerjakan soal ujian melalui komputer yang disini kita sebut dengan UTBK.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mempersiapan UTBK SNBT?

Jawabannya tidak ada yang tahu pasti, karena kemampuan belajar setiap orang berbeda-beda.

Namun menurut pengalaman beberapa peserta SNBT yang berhasil lolos. Terdapat beberapa pendapat mengenai waktu yang tepat untuk mempersiapkan SNBT, sebagai berikut:

Mulai dari Kelas 11

Start belajar UTBK SNBT dari kelas 11 bisa dimulai dengan mempelajari pelajaran-pelajaran yang tidak di ajarkan oleh sekolah, seperti materi matematika yang seringkali menjadi kendala banyak peserta SNBT.

Akan tetapi, belajar UTBK dari kelas 11 juga bisa sia-sia kalau peraturan SNBT berubah. Seperti pada tahun 2022 terdapat materi TPA, tapi pada tahun 2023 TPA dihapus. 

Maka dari itu kita harus hati-hati saat mempelajari materi ujian SNBT.

Sobat simbus bisa baca ulasan lengkapnya tentang persiapan kuliah mulai dari kelas 11 di Website ini.

Kelas 12

Kelas 12 adalah waktu ideal untuk mempersiapan UTBK-SNBT. Karena di kelas ini kita akan fokus untuk kelulusan, kegiatan organisasi pun sudah sedikit berkurang. Sehingga kita juga punya waktu yang lebih untuk belajar materi UTBK-SNBT. 

Tapi kita juga perlu pandai mengatur waktu, walaupun Ujian Nasional sudah ditiadakan, terdapat beberapa ujian-ujian lainnya yang akan dijalani pada kelas 12.

Mengikuti Bimbingan Belajar

Mengikuti bimbingan belajar saat memasuki kelas 12 juga menjadi pilihan yang tepat. Karena kita akan lebih terarah belajar materinya. Kalau kita belajar mandiri pastinya masih abu-abu materi yang harus dipelajari. Jika ikut bimbingan belajar, kita tidak perlu khawatir dengan materi yang dipelajari sudah sesuai atau belum, karena bimbingan belajar seperti Simbus PTN membuat kurikulum sesuai dengan kisi-kisi dari BP3K Kemdikbud.

Selain itu, akses Simbus PTN juga bisa di akses hingga 2 tahun lamanya. Jadi jika terjadi hal yang tidak kita inginkan (tidak lolos snbt di tahun pertama), kita masih bisa mengikuti bimbingan SNBT di Simbus PTN di tahun ke-2.

Jangan Sistem SKS

Penting! mengikuti UTBK-SNBT itu berarti kita harus siap bersaing dengan ratusan hingga ribuan calon mahasiswa yang memilih prodi dan kampus sama dengan kita. 

Pertarungan sudah dimulai sejak persiapan, maka dari itu jangan menggunakan Sistem Kebut Semalam alias SKS. 

3 bulan sebelum pelaksanaan SNBT bisa saja kita baru mempersiapkan diri, akan tetapi kita harus meluangkan waktu yang lebih hingga memangkas jam tidur. 

Jadi sebaiknya bisa melakukan persiapan mulai dari awal kelas 12 yang telah kami sebutkan tadi, atau minimal 6 bulan sebelum pelaksanaan.


Jadi Kesimpulannya Apa?

Seperti yang sudah kami informasikan di awal. Kalau mempersiapkan UTBK-SNBT tidak ada waktu pastinya. Jika ingin tahu pastinya kapan untuk kita mulai, ketahui dulu kemampuan belajar kita sejauh mana. Jika memang kita tipe yang belajar harus lama dan santai, maka persiapkanlah UTBK-SNBT sedini mungkin, jika kita berotak senku sistem SKS mungkin tidak menjadi masalah :).

Posting Komentar