Tryout UTBK-SNBT Gratis

Ini Perbedaan Lama Kuliah D1, D2, D3, dan S1

Ini Perbedaan Lama Kuliah D1, D2, D3, dan S1

Kamu yang ingin kuliah mungkin masih ada yang bingung ingin mengambil jenjang studi yang mana, apakah D1, D2, D3, atau S1 sekalian. 

Beberapa dari kita pasti ada yang mempertimbangkan lama kuliah dari pilihan jenjang studi tersebut.

Emang berapa lama sih kuliah D1, D2, D3 dan S1? Simak di bawah ini.

Diploma Satu (D1)

Kuliah D1 merupakan jenjang pendidikan tinggi vokasi yang paling singkat masa studinya, yaitu hanya 2 semester atau satu tahun dan paling lama 2 tahun. 

Diploma Dua (D2)

Masa studi jenjang pendidikan tinggi D2 adalah 4 semester (2 tahun) dan paling lama adalah 3 tahun (6 semester). Mahasiswa pada jenjang ini akan menerima bobot studi sebanyak 72 SKS.

Diploma Tiga (D3)

Diploma Tiga atau D3 mungkin yang paling familiar untuk kita. Lama studi D3 adalah 3 tahun atau 6 semester dan paling lambat yaitu 5 tahun. 

Sarjana (S1)

Program sarjana beda dengan D1, D2, dan D3. Karena bukan pendidikan vokasi, maka kuliah S1 akan banyak teorinya daripada prakteknya. Lama kuliah untuk jenjang Sarjana (S1) adalah 4 tahun (8 semester) dan paling lama hingga 8 tahun atau 12 semester.


Setiap jenjang studi memiliki tujuan dan keuntungannya masing-masing. Untuk mengetahui perbedaannya selain dari lama kuliahnya akan kita bahas di artikel yang berbeda.

Posting Komentar

tryout gratis