Tryout UTBK-SNBT Gratis

Daftar Mata Kuliah Tersulit di Berbagai Jurusna Kuliah

mata kuliah tersulit

Kuliah merupakan proses pembelajaran di tingkat pendidikan tinggi. Saat berkuliah kita akan mempelajari pelajaran yang akan disebut dengan mata kuliah.

Seperti halnya waktu sekolah pasti ada mata pelajaran yang sulit dan seringkali dihindari oleh siswa. Saat kuliah juga seperti itu, terdapat beberapa mata kuliah yang membutuhkan waktu dan pikiran ekstra untuk memahaminya.

Berikut ini mata kuliah tersulit di berbagai jurusan kuliah.

Statistika

Hampir semua jurusan kuliah ada mata kuliah statistik atau statistika ini. 

Mata kuliah statistika mempelajari cara mengumpulkan data, menganalisa data, hingga membuat hasil akhir dari data yang didapatkan. 

Proses pengambilan dan penganalisaan data tersebut seringkali menjadi kendala sebagian besar mahasiswa. Sehingga mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah tersulit di perkuliahan.

Oiya mata kuliah ini erat dengan matematika ya, karena disitu kita akan banyak menggunakan rumus matematika untuk mendapatkan data yang diinginkan.


Akuntansi Dagang

Jika kamu sudah mempelajari akuntansi perusahaan jasa, pasti akan ngeh bahwa mata kuliah akuntansi dagang lebih rumit.

Kita memerlukan pemahaman lebih tentang pencatatan transaksi keuangan, seperti pembelian, penjualan, potongan diskon, retur, pajak, ongkos kirim, dan penggunaan kartu debit/kredit


Fisika Kuantum

Kalian yang akan kuliah di jurusan fisika, terdapat mata kuliah yang menurut salah satu pengguna Quora tersulit yaitu mata kuliah Fisika Kuantum.

Mengapa mata kuliah tersebut dianggap sulit? 

Bayangkan kita mempelajari fenomena mikroskopis atom, kemudian menganalisa fenomena nuklir. Dari membayangkan saja kita juga sudah pusing, apalagi mempelajarinya.

Selain itu pada mata kuliah ini juga ada hitung-hitungan yang rumit.

Kalkulus dan Matematika Tingkat Lanjut Lainnya

Banyak jurusan kuliah yang diawal semester memepelajari kalkulus ini. Dari bangku sekolah saja matematika sudah menjadi momok yang dihindari oleh kebanyakan siswa, apalagi saat kuliah kita harus mempelajari matematika tingkat lanjut yang tingkat kerumitannya tinggi.


Struktur dan Konstruksi Bangunan (SKB)

Mata kuliah ini terdapat pada jurusan kuliah Arsitektur. Pada mata kuliah ini kita akan mempelajari bagaimana sebuah bangungan bisa berdiri kokoh dimana dalam membuat struktur bangunan yang kokoh tersebut kita memerlukan perhitungan yang tepat.


Studio Perancangan Arsitektur (SPA)

Tujuan utamanya sama dengan mata kuliah SKB. Salah satu mata kuliah di jurusan arsitektur ini juga berfokus pada bagaimana membuat bangunan yang kokoh, bedanya pada mata kuliah ini kita akan fokus masalah ide, konsep hingga desain struktur bangunan tersebut.


Kimia hidrokarbon

Walaupun termasuk pada kimia dasar, tapi tingkat kesulitan memahaminya ada pada level lanjut.



Posting Komentar