Tryout UTBK-SNBT Gratis

5 Jalur Masuk UNPAD Selain SNBT dan SNBP

jalur masuk unpad

Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. 

Suatu hal yang membanggakan jika bisa berkuliah di PTN terbaik nomor lima di Indonesia ini. 

Jika kalian tertarik berkuliah di UNPAD, terdapat beberapa jalur masuk selain snbt dan snbp yang resmi dari pemerintah. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran)

SMUP merupakan jalur seleksi mandiri Universitas Padjajaran yang menggunakan metode ujian tulis berbasis komputer secara daring. 

Ujian mandiri UNPAD ini bisa diikuti oleh calon mahasiswa secara online di rumah masing-masing. 

Materi ujian mandiri UNPAD serupa dengan materi UTBK SNBT yaitu: Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Literasi dalam Bahasa Inggris, Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Penalaran Matematika.

2. Seleksi Mandiri UTBK dan Nilai Rapor

Bagi kamu yang sudah mengikuti UTBK SNBT juga bisa mengikuti seleksi mandiri dengan nilai UTBK yang telah didapatkan.

Pada jalur seleksi ini, peserta memberikan data nilai UTBK dan nilai rapor semester 1-5. 

Kriteria kelulusan berdasarkan nilai tertinggi sesuai daya tampung (kuota) program studi. 

3. Seleksi Mandiri Minat dan Bakat/Prestasi Non Akademik

Universitas Padjajaran juga membuka kesempatan bagi para calon mahasiswanya yang memiliki prestasi baik akademik dan non akademik, dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:

  • Pendaftar harus memiliki skor atau nilai UTBK-SNBT terbaru
  • Pendaftar harus memiliki prestasi di bidang Riset dan Inovasi, Olahraga, Seni Budaya, Pengahafal Kitab Suci dan Kegiatan Keagamaan Lainnya yang dibuktikan dalam bentuk portofolio dan dokumen prestasi lainnya.
  • Pendaftar kluster seni bidang orchestra/seni musik/paduan suara/seni suara harus dapat membaca partiture dengan menunjukkan sertifikat asli.

Detail syarat untuk jalur ini bisa diakses melalui : https://smup.unpad.ac.id/sarjana-s1-jalur-minat-dan-bakat-prestasi-non-akademik-2024/


4. Seleksi Kerjasama - Test Tulis dan Nilai UTBK + Rapor

Selain jalur seleksi mandiri dimana peserta secara individu mendaftar ujian mandiri, terdapat juga jalur seleksi kerjasama. Yaitu seleksi yang dikhususkan untuk peserta yang direkomendasikan oleh institusi yang telah bekerjasama dengan Universitas Padjajaran.

Seleksi ini melibatkan serangkaian tahapan yang bertujuan untuk ntuk memilih di antara calon peserta kerja sama yang memiliki potensi akademik, kompetensi, dan kualifikasi yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan program kerja sama.

Seleksi Kerjasama memiliki dua metode yaitu SMUP atau ujian tulis dan jalur Nilai UTBK & Rapor.

5. International Undergraduate Program (IUP)

Seperti PTN unggulan lainnya, UNPAD juga membuka program kelas internasional. Jika ingin memasuki kelas internasional, kita harus mengikuti seleksi IUP atau International Undergraduate Program. 


Demikian beberapa jalur masuk UNPAD yang bisa kita ikuti selain SNBT dan SNBP. Tentunya terdapat beberapa keuntungan jika mengikuti jalur mandiri di atas.

Posting Komentar