Tryout UTBK-SNBT Gratis

Kuliah Adalah Pengangguran dengan Gaya, Benarkah Begitu?

benarkah kuliah adalah pengangguran dengan gaya?

Kini para sobat simbus lagi semangat-semangatnya untuk mempersiapkan diri masuk Perguruan Tinggi favorit mereka, terutama bagi sobat simbus yang target masuk perguruan tinggi lewat jalur SNBT. 

Akan tetapi, ditengah perjuangan para Sobat Simbus tersebut, banyak steorotip yang mengatakan bahwa "Kuliah adalah pengangguran 4 tahun", "kuliah adalah pengangguran dengan gaya". 

Kalian yang akan kuliah, pasti juga kepo dong dengan kenyataannnya dan pandangan beberapa orang terhadap steorotip tersebut. Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Namun sebelum kita lanjut. Perlu diketahui, beberapa jawaban disini penulis ambil dari berbagai sumber, yang kalian bisa lihat di foot note tulisan ini. Selain itu, penulis juga akan memberikan pandangan sendiri terkait steorotip tersebut.

Kuliah Adalah Pengangguran dengan Gaya. Apakah Benar?

Tugas utama seorang mahasiswa adalah untuk belajar. Jadi kalau dikatakan pengangguran sebenarnya kuranglah tepat. Karena sejatinya pelajari ya belajar, bukan untuk bekerja. 

Tapi statement "Kuliah adalah pengangguran dengan gaya" muncul akibat banyak lulusan sarjana yang banyak nganggurnya atau bekerja tapi tidak sesuai bidangnya, alias ijazah S1 nya tidak berguna. Hal itu mungkin yang menjadi dasar bagi orang yang mengatakan kuliah adalah pengangguran dengan gaya. Jadi kalau ujung-ujungnya bekerja tidak sesuai bidang kuliah, ngapain kuliah. Kira-kira mungkin seperti itu yang mereka pikirkan.

Selain itu, menurut beberapa akun Quora. Kuliah bukanlah untuk mencari kerja melainkan untuk menuntut ilmu. Dan memang benar ada beberapa jurusan kuliah yang kebanyakan lulusannya bekerja tidak sesuai bidangnya. Contoh salah satu jurusan kuliah dari pengguna Quora yaitu Sastra, dia tidak bekerja sesuai dengan bidangnya, karena itu memang pilihan dia. 

Tapi berbeda dengan jurusan kedokteran dan sejenisnya. Jurusan-jurusan tersebut memang diperlukan kuliah agar bisa bekerja, jadi sudah benar orientasinya untuk bekerja dan pastinya untuk menuntut ilmu.

Salah satu pengguna Quora juga berpendapat bahwa orang yang tersinggung dengan pernyataan "Kuliah adalah pengangguran dengan gaya" berarti kuliahnya memang tidak bersungguh-sungguh. Waktu kuliah banyak nebeng tugas, bolos kuliah, dan kuliah hanya ingin mendapatkan ijazah saja. 


Referensi:

  • https://id.quora.com/Apa-pandangan-anda-terkait-Kuliah-adalah-pengangguran-dengan-gaya
  • https://www.kompasiana.com/rohmatul63075/6490736010d8e070487f2352/kuliah-itu-pengangguran-4-tahun-katanya-benarkah
  • https://kumparan.com/dhifa-febriyanti/status-mahasiswa-dan-stereotipe-menganggur-dengan-gaya-20i1g1q4Tql

Posting Komentar

tryout gratis