Tryout UTBK-SNBT Gratis

Keuntungan Masuk PTN Lewat Jalur SNBT Daripada Jalur Mandiri

Keuntungan Masuk PTN Lewat Jalur SNBT

Jalur SNBT adalah jalur resmi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang didakan serentak oleh Pemerintah. 

Sedangkan jalur mandiri, ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara. 

Jalur SNBT memiliki beberapa keuntungan dibandingkan masuk PTN lewat jalur mandiri. Apa saja keuntungan tersebut? simak di bawah ini.

Keuntungan Masuk PTN Lewat Jalur SNBT


1. Menghemat Biaya Pendidikan

Masuk PTN lewat jalur SNBT tentunya lebih menguntungkan dari segi biaya. 

Ada beberapa perbedaan biaya anatara jalur SNBT dan jalur Mandiri.

Pertama, biaya pendaftaran untuk mengikuti tes SNBT sama semua PTN karena ditentukan oleh BP3 (Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan), pada tahun 2024 sendiri biaya mengikuti UTBK-SNBT adalah Rp200.000. Sedangkan, biaya mengikuti jalur mandiri ditentukan oleh perguruan tinggi penyelenggara dan relatif lebih mahal dari biaya mengikuti UTBK-SNBT.

Kedua, biaya kuliah mahasiswa yang lolos jalur snbt lebih murah, karena tidak dikenakan uang pangkal, melainkan hanya membuat UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang dibayarkan tiap semester. Setiap mahasiswa juga membayar UKT sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa tersebut. Sangat berbeda dengan mahasiswa yang lewat jalur mandiri, karena mereka dikenakan uang pangkal yang biasanya sangat tinggi, ditambah dengan uang semester juga. 

Jadi dari segi biaya sangat jelas lolos jalur snbt adalah pilihan paling murah.

2. Memiliki Kebanggaan Tersendiri

Keuntungan dari aspek emosional juga penting loh. Jika kita lolos jalur snbt, selain untung dari segi biaya, kita juga memiliki kebanggaan tersendiri karena telah lolos SNBT.

Lolos jalur snbt berarti kita adalah mahasiswa yang beruntung dan terpilih. Bagaimana tidak, dari sekian ribu calon mahasiswa yang mengikuti UTBK-SNBT, kita menjadi salah satu yang lolos. 

3. Waktu Luang Lebih Panjang

Pelaksanaan UTBK-SNBT yang lebih awal dari jalur mandiri. Biasanya dilaksanakan pada bulan Mei, sedangkan perkuliahan biasanya dimulai pada bulan september/oktober. Sehingga kita masih punya beberapa bulan untuk menikmati waktu dirumah ataupun liburan.

4. Persiapan Kebutuhan Kuliah Lebih Maksimal

Dengan waktu tunggu yang cukup lama sebelum perkuliahan dimulai. Kita bisa mempersiapkan kebutuhan kuliah dengan maksimal.

5. Mendapatkan Privillage

Lolos jalur SNBT memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah mendapatkan privillage. 

Privillage apa yang dimaksud? 

Sekarang ini banyak bimbel utbk-snbt yang mencari mahasiswa atau alumni kampus PTN yang dulunya masuk lewat jalur SNBT. Jika kita juga hobi mengajar, sebagai seorang yang lolos SNBT, kita bisa dilirik oleh penyedia bimbingan tersebut dan ditawari sebagai tutor/guru. 

Jadi privillage nya kita bisa mendapatkan pekerjaan sampingan sebagai tutor bimbingan belajar snbt, yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh orang yang telah lolos SNBT itu sendiri.


Demikian beberapa keuntungan masuk PTN lewat jalur SNBT dibandingkan jalur mandiri.

Posting Komentar

tryout gratis