Tryout UTBK-SNBT Gratis

5 Kampus yang Memiliki Gedung Terbaik

kampus yang memiliki gedung terbaik

Perguruan tinggi membangun gedung sebagai sarana pembelajaran mahasiswanya. Tentunya mereka membangun gedung perkuliahan senyaman dan seefektif mungkin. Diantara banyaknya kampus yang ada di Indonesia, terdapat kampus yang memiliki gedung terbaik. Gedung dan kampus apa saja itu? yuk simak di bawah ini.


Kampus yang Mempunyai Gedung Terbaik

Berikut ini kampus yang memiliki gedung termegah dan terkeren versi Simbus PTN.

1. New Media Tower - Universitas Media Nusantara (UMN)

new media tower


New Media Tower milik Universitas Media Nusantara (UMN), Tangerang adalah gedung pusat kreatifitas mahasiswa dan kebutuhan akademis lainnya. 

Gedung ini bebentuk seperti iglo berwarna abu-abu dengan tinggi 12 lantai dan satu basement. 

Lantai 12 gedung ini digunakan sebagai business incubator lewat Skystar Ventures sebagai perwujudan visi UMN dalam mendukung kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan mahasiswa.

Dengan konsep arsitektur yang ramah lingkungan, gedung ini bisa hemat energi hingga 53,25 kWH per tahun per meter persegi. Sungguh teknologi yang bagus bukan? 

2. The Crystal of Knowledge - Universitas Indonesia (UI)

the crystal of knowledge

Kampus hijau yang berada di Depok, Jawa Barat ini juga memiliki gedung terbaik di Indonesia.

The Crystal of Knowledge (Kristal Pengetahuan), adalah gedung perpustakaan Universitas Indonesia (UI) yang menggunakan tenaga surya sebagai pemasok energinya. 

The Crystal of Knowledge memiliki 3-5 juta judul buku, dilengkapi ruang baca, 100 silent room bagi dosen dan mahasiswa, taman, restoran, bank, serta toko buku.

Kabar baiknya, kita yang ingin menikmati fasilitas membaca buku digedung megah ini tidak perlu kuliah di Universitas Indonesia. Karena perpustakaan ini dibuka untuk umum juga loh. Yuk mampir ke The Crystal of Knowledge Universitas Indonesia.

3. Rektorat UNPAD Sumedang - Universitas Padjadjaran (UNPAD)

rektorat unpad

Gedung ini unik karena mirip dengan koloseum tempa pertujunkan pertarungan para gladiator masa silam di Roma. 

Selain itu, Gedung ini kaya akan filosofi tentang bambu yang mengusung konsep "Lembur Alwi". Konsep ini dipilih karena bambu bagi masyarakat sunda memiliki beragam fungsi.

4. Gedung Kampus Binus - Universitas Bina Nusantara (BINUS)

gedung kampus binus

Gedung ini berkonsep "Modern" dan "Green Engery" dengan adanya hanging garden secara vertikal dan bentuk bangunan kotak secara vertikal memungkinkan cahaya matahari dan udara alami masuk ke dalam bangunan secara leluasa.

5. Menara Pinisi - Universitas Negeri Makassar (UNM)

menara panisi

Gedungini kaya akan budaya. Menara Pinisi difungsikan sebagai Gedung Pusat Pelayanan Akademik (GPPA) UNM yang didesain berdasarkan kearifan lokal, yaitu makna logo UNM, rumah tradisional Makassar, falsafah hidup masyarakat Sulawesi Selatan (Sulapa Eppa/empat persegi), dan mahakarya Perahu Pinisi sebagai simbol kejayaan, kebanggaan, dan keagungan.

Menara Pinisi memiliki 3 bagian seperti Rumah Trasional Makassar yaitu Kolong/awa bola, badan/lotang, dan kepala/rakkeang).

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah Menara Pinisi, silahkan KLIK DISINI.


Jadi itulah 5 gedung kampus terbaik yang ada di Indonesia. Dari kelima gedung tersebut, mana yang jadi favorit kalian?

Posting Komentar

tryout gratis