Tryout UTBK-SNBT Gratis

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Termurah di Indonesia

ptn termurah

Sobat Simbus yang berencana masuk Perguruan Tinggi Negeri, pasti mempertimbangkan biaya kuliahnya. Pada dasarnya biaya kuliah di PTN akan lebih murah daripada kampus swasta. Daintara ratusan kampus PTN, mana yang biayanya lebih murah? mari kita bahas pada artikel ini!.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh pemerintah. PTN berada di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PTN dikenal dengan biaya kuliahnya yang terjangkau, karena mendapatkan subsidi oleh pemerintah. 


Perguruan Tinggi Negeri Termurah di Indonesia

Berikut ini daftar PTN yang menawarkan biaya kuliah paling murah versi Simbus PTN.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Salah satu universitas terkemuka di Yogyakarta adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), yang diakui sebagai salah satu dari tiga kampus terbaik di Indonesia. Biaya kuliah di UGM sangat terjangkau, dimulai dari Rp500.000 untuk Golongan UKT I, ditambah dengan biaya hidup yang ekonomis.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Di Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menawarkan biaya kuliah terendah. Dengan beragam fakultas dan jurusan, biaya kuliah di UNY berkisar antara Rp500.000 hingga Rp7.250.000, tergantung pada golongan UKT yang diperoleh.

Universitas Jendral Soedirman (UNSOED)

Bagi yang berada di Jawa Tengah, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) bisa menjadi pilihan. Dengan 12 fakultas dan berbagai fasilitas lengkap, biaya kuliah di UNSOED disesuaikan dengan jalur masuk dan berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp17.500.000.

Universitas Padjajaran (UNPAD)

PTN termurah selanjutnya datang dari Kota Bandung. Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung menawarkan biaya kuliah yang terjangkau dengan 17 fakultas dan puluhan jurusan. Biaya kuliah di UNPAD mulai dari Rp500.000 hingga Rp20.500.000 untuk Golongan UKT I hingga tertinggi.

Universitas Brawijaya (UB)

Malang menjadi rumah bagi Universitas Brawijaya (UB), salah satu universitas negeri terjangkau di Jawa Timur. Biaya kuliah di UB bervariasi dari Rp500.000 hingga Rp12.000.000 untuk Golongan UKT 1, tergantung pada jurusan dan klasifikasi UKT.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

UNDIP menyediakan berbagai program studi dengan biaya kuliah yang sangat terjangkau, dimulai dari Rp500.000 untuk Golongan 1 hingga Rp22.000.000 untuk Golongan 8 dalam jurusan kedokteran.

Universitas Sumatera Utara (USU)

USU menjadi incaran banyak calon mahasiswa karena biaya kuliah yang terjangkau, mulai dari Rp500.000 hingga Rp10.000.000, tergantung pada Golongan UKT.

Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang (UM) menawarkan biaya kuliah yang sangat terjangkau, bahkan gratis untuk Golongan 1, dengan biaya hidup yang ekonomis di Malang.

Universitas Negeri Semarang (UNNES)

UNNES dikenal sebagai kampus yang memperhatikan lingkungan dan kualitas akademik yang unggul, dengan biaya kuliah yang terjangkau, mulai dari Rp500.000 hingga Rp10.000.000.

Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Di Medan, Universitas Negeri Medan (UNIMED) menawarkan biaya kuliah yang terjangkau, berkisar antara Rp500.000 hingga Rp7.500.000 untuk Golongan 1 hingga 8, dengan fokus pada pembentukan guru yang berkualitas.


Jadi bagaimana apakah daftar PTN termudah di atas sudah menjadi incaranmu? jangan lupa berusaha semakimal mungkin agar bisa mencapainya. Yuk cek peluang lulus SNBT mu di tryout snbt Simbus PTN.

Posting Komentar

tryout gratis