Tryout UTBK-SNBT Gratis

5 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Mahal


Salah satu aspek penting dalam menentukan jurusan kuliah adalah melihat besaran biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa. Jurusan kuliah termahal berikut ini bisa menjadi informasi penting saat menentukan jurusan kuliah. 


1. Kedokteran

Sudah bukan rahasia lagi kalau jurusan kedokteran termasuk jurusan kuliah dengan biaya paling mahal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Kedokteran menjadi jurusan termahal yaitu dari segi alat dan bahan praktikum yang banyak dan mahal, membutuhkan banyak fasilitas pendukung praktikum, tenaga pendidik berkelas yang otomatis mempengaruhi gajinya, hingga prospek kerja yang menjanjikan. 

Biaya kuliah kedokteran per semesternya mulai dari 10 juta hingga 20 juta. Belum termasuk biaya-biaya lainnya.

Walaupun mahal, jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan favorit calon mahasiswa jalur snbt.


2. Penerbangan

Ada berbagai macam program studi yang termasuk dalam jurusan penerbangan, seperti Teknik Dirgantara, Aeronautika, Manajemen Transportasi dan lain sebagainya. Dimana program studi tersebut memiliki biaya yang cukup mahal, mulai dari 6 juta hingga 10 juta per semesternya. 

Selain itu, jika ingin mengambil sekolah khusus menjadi Pilot, kita harus mengeluarkan biaya yang tidak main-main nominalnya. Sekolah Private Pilot Lisence (PPL) membutuhkan biaya kurang lebih 700 juta, dan Commercial Pilot Lisence (CPL) sekitar Rp 1,2 miliar.


3. Perfilman

Kita coba ambil contoh kuliah perfilman di Institut Kesenian Jakarta. Biaya per semesternya mencapai Rp 18 juta, ditambah uang pengembangan pendidikan Rp 9,5 juta dan uang pengembangan sarana prasarana (P2S) Rp 7,5 juta.

Selain biaya kuliah, kita juga memerlukan perlengkapan penunjang kuliah yang tentunya tidak murah.


4. Teknik komputer

Jurusan termahal selanjutnya adalah Teknik Komputer. Dibeberapa kampus unggulan, biaya kuliah Teknik Komputer mencapai Rp 25 juta per semesternya, ditambah uang pangkal bisa mencapai Rp 40 juta.

Walaupun mahal, prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Komputer sangat luas, dengan gaji yang bisa dibilang akan "Balik Modal".


5. Seni

Per semesternya, mahasiswa jurusan seni bisa mengeluarkan biaya sebesar Rp 15 juta. Jurusan ini unik karena rasio praktiknya 70:30, 70% praktik dan 30% teori. Dimana jurusan-jurusan sarjana lainnya biasanya 30% teori, 70% praktik.


6. Arsitektur

Bukan hanya mahal biaya persemesternya, perlengkapan yang dibutuhkan agar bisa kuliah di jurusan Arsitektur juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Mahasiswa jurusan Arsitektur memerlukan perlengkapa seperti Laptop/PC dengan spek tinggi, dimana untuk membeli atau membangun Laptop/PC tersebut memerlukan biaya kurang lebih 8-50 jutaan.


Demikian informasi jurusan kuliah termahal versi Simbus PTN. Semoga kita semua bisa bijak dalam memilih jurusan kuliah.

Posting Komentar

tryout gratis