Tryout UTBK-SNBT Gratis

Apa Saja Penyebab Kuliah Tidak Menyenangkan? Yuk Simak Penjelasannya!


Sobat Simbus yang belum kuliah mungkin pernah mendengar atau membaca threads yang mengatakan bahwa kuliah nggak seenak yang dibayangkan. Memang benar kenyataannya seperti itu? dan apakah alasannya banyak mahasiswa yang merasa kuliah tidak menyenangkan? mari kita bahas bersama di sini.

Kuliah adalah kegiatan pembelajaran pada perguruan tinggi. Nah sistem belajar di Perguruan Tinggi sangat berbeda dengan Sekolah Menengah. Banyak mahasiswa baru susah beradaptasi dengan sistem belajar yang ada di Perguruan Tinggi, sehingga menganggap kuliah tidak menyenangkan. 


Apa Benar Kuliah Tidak Menyenangkan?

Banyak perdebatan pendapat mengenai kuliah "Menyenangkan" atau tidak. Seperti halnya pelajaran Matematika, tidak semua siswa senang ketika belajar Matematika, tapi bagi siswa yang memang menyukai pelajaran Matematika pasti akan menyenangkan ketika mempelajarinya. 

Mungkin seperti itu analogi yang tepat untuk menggambarkan suasana kuliah.

"Apakah Kuliah Menyenangkan?" itulah pertanyaan yang ditulis salah satu pengguna Quora. Lalu apa jawaban para pengguna lainnya di Quora?

Dari kesiumpulan yang kami baca dari jawaban-jawaban pengguna Quora adalah Kuliah bisa menyenangkan apabila memenuhi beberapa kriteria seperti, tahu tujuan kuliah, memiliki motivasi yang kuat dan tinggi, jurusan yang diambil sesuai minat, hingga memiliki circle atau pertemanan yang bagus. 

Salah satu pengguna juga mengatakan "Kuliah bisa menyenangkan kuncinya yaitu Nikmati Prosesnya".

Lalu apakah penyebab kuliah tidak menyenangkan? Yuk kita bahas lagi di bawah ini.


Penyebab Kuliah Tidak Menyenangkan

Berikut ini beberapa penyebab yang sering dikeluhkan oleh mahasiswa sehingga kuliahnya tidak menyenangkan.

1. Salah Ambil Jurusan/Program Studi


Akar muasal dari kuliah yang tidak menyenangkan adalah salah ambil jurusan. Kenyataannya memang masih banyak mahasiswa di Indonesia yang menyesal dengan jurusan kuliah mereka. Pengambilan jurusan yang salah itulah membuat kuliah tidak menyenangkan. 

Sobat Simbus yang sedang menentukan jurusan kuliah perlu tahu tips memilih jurusan kuliah yang tepat, agar tidak menyesal di tengah jalan.

2. Tidak Mengikuti Kegiatan Organisasi Seperti UKM, HIMA, Dll


Organisasi bisa menjadi penyegar ditengah jadwal kuliah yang monoton dan relatif membosankan.

Mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi mungkin akan lebih mudah bosan karena tidak memiliki kegiatan baru selain mengikuti perkuliahan. 

Sobat Simbus jika sudah masuk kuliah, sebisa mungkin mengikuti kegiatan organisasi, karena bisa memberikan dampak positif untuk masa depan.

3. Pembagian Waktu yang Kurang Tepat


Alasan kuliah tidak menyenangkan selanjutnya adalah pemilihan dan pembagian waktu yang tidak tepat. 

Dibeberapa perguruan tinggi, kita bisa mengatur waktu perkuliahan sendiri atas dasar kesepakan para mahasiswa dan dosen. Jika kita salah mengambil waktu kuliah, hal itu bisa menyebabkan diri kita tidak menikmati perkuliahan yang berlangsung.

Selain itu, pembagian waktu untuk belajar, pengembangan diri, organisasi juga perlu diperhatikan agar tidak mengalami "Overload".

4. Sistem Pembelajaran Membosankan


Tidak bisa dipungkiri beberapa Perguruan Tinggi memiliki sistem pembelajaran yang cenderung membuat bosan, memang bukan salah dari kampusnya tapi terkadang dari kreatifitas pengajarnya yang kurang sehingga tidak bisa menghasilkan konten pembelajaran yang menarik. 

Jika proses pembelajaran sudah membuat bosan, kita sebagai mahasiswa bisa kehilangan semangat dan motivasi belajar. Maka dari itu jangan sungkan untuk memberikan pendapat kepada pihak kampus jika mengalami kegiatan belajar yang membosankan. 

5. Beban Kuliah yang Berat


Sobat Simbus juga perlu tahu kalau beban perkuliahan pasti berbeda-beda. Tapi banyak dari mahasiswa yang mengeluhkan masalah tugas yang menumpuk dengan tenggat waktu pengerjaan singkat. Hal itu membuat frustasi dan menyebabkan perkuliahan tidak menyenangkan. 

6. Salah Memilih Pertemanan

Terakhir, menurut kami yang menyebabkan kuliah tidak menyenangkan adalah salah memilih pertemanan, biasanya pertemanan yang baik adalah yang saling support baik dalam hal akademis ataupun hal lainnya.

Jadi Sobat Simbus harus pandai dalam memilih pertemanan ya. 


Itulah beberapa penyebab kuliah tidak menyenangkan yang sering terjadi dikalangan mahasiswa. Jika ingin merasakan perkuliahan yang menyenangkan maka perlu memenuhi syarat seperti yang telah dijelaskan di atas, dan harus memiliki prinsip "Menikmati Proses".

Posting Komentar

tryout gratis