Tryout UTBK-SNBT Gratis

Pentingnya Akreditasi Perguruan Tinggi dan Cara Mengetahuinya


Saat memilih tujuan Perguruan Tinggi pada Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) kita perlu memastikan akreditasinya. 

Akreditasi adalah suatu penilaian dan pengakuan resmi yang dilakukan oleh lembaga penguji independen suatu institusi, program, atau satuan pendidikan. 

Akreditasi pada perguruan tinggi menilai apakah perguruan tinggi tersebut sesuai standar penilaian mulai dari segi pendidikannya, peneltian, pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa, dan lain sebagainya.

Perguruan tinggi akan diberikan peringkat akreditasi sesuai dengan nilai yang mereka dapat. Nah peringkat tersebut yang harus kita lihat saat menentukan perguruan tinggi.


Mengapa Kita Harus Tahu Akreditasi Kampus Tujuan?

Rasa Aman untuk Mahasiswa

Merupakan hak mahasiswa untuk merasa aman saat melaksanakan kegiatan perkuliahannya, dengan memilih kampus yang tepat kita akan terhindar dari tragedi "Kampus Tutup", karena tidak sedikit kampus yang harus gulung tikar lantaran mendapatkan pelanggaran yang berat. Nah, dengan adanya akreditasi yang jelas, setidaknya itu sebagai jaminan bahwa kita bisa menyelesaikan kuliah tanpa kendala seperti itu.

Syarat Melamar Kerja

Menurut pengalaman penulis, pelamar kerja lulusan dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi baik akan lebih mendapatkan perhatian, karena memang lulusan kampus tersebut sudah terkenal dengan kualitas lulusannya yang bagus. Namun, syarat akreditasi untuk melamar kerja bukanlah hal utama dan tidak diterapkan oleh semua perusahaan, akan tetapi bisa dijadikan perhatian utama bagi sobat simbus yang berencana bekerja pada lembaga pemerintahan.

Menilai Kualitas Perguruan Tinggi Tersebut

Peringkat akreditasi dilakukan oleh lembaga berwenang dan sifatnya penilaian berdasarkan data. Jika kita melihat kampus tersebut memiliki akreditasi yang bagus, seharusnya komponen pendidikan, fasilitas, hingga jaminan lulusannya pun memiliki kualitas yang tinggi.

Setelah kita memahami betapa pentingnya mengetahui akreditasi perguruan tinggi, terutama kampus yang akan kita tuju. Selanjutnya bagaimana cara tahu akreditasi perguruan tinggi tersebut.


Cara Mengetahui Akreditasi Perguruan Tinggi di Indonesia

1. Mengunjungi Website Resmi Perguruan Tinggi Terkait

Cara mengetahui akredtiasi perguruan tinggi yang pertama adalah dengan mengunjungi website resmi perguruan tinggi tersebut, karena biasanya mereka akan mempampang akreditas yang didapatkan.

2. Melalui Website Resmi BAN PT

Jika cara pertama kita harus mengunjungi satu per satu websiste perguruan tinggi. Kita bisa menggunakan cara yang lebih efektif dan terjamin keasliannya, yaitu dengan mengunjungi website BAN PT. BAN PT adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang merupakan badan resmi yang mengurus akreditasi perguruan tinggi di Indonesia. Ada beberapa cara untuk mengetahui akreditasi kampus melalui website BAN PT ini.

Terlebih dahulu kita harus mengunjuni link di atas. Kemudian kita bisa mencari akreditasi perguruan tinggi dengan beberapa cara

  • Mencari sesuai nama perguruan tinggi. Masukan nama perguruan tinggi pada klom "Perguruan Tinggi" di pojok kiri atas.

  • Filter sesuai dengan peringkat akreditasi. Klik tombol setelah kolom pencarian "Perguruan Tinggi".


  • Mengetahui akreditasi perguruan tinggi sesuai dengan nomor SK. Jika kita tahu nomor SK perguruan tinggi tersebut, di sini juga bisa mencari berdasarkan nomor SK untuk mengetahui peringkat akreditasi.

  • Selain 3 hal di atas, kita juga masih bisa mengetahui akreditasi dengan melakukan filter sesuai dengan Tahun SK, Wilayah, Tanggal Kadaluarsa, dan Status Kadaluarsa.



Ambang Batas Nilai dan Pemeringkatan Akreditasi Perguruan Tinggi


Daftar Perguruan Tinggi Negeri dengan Akreditasi "Unggul"

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  5. Politeknik Negeri Bandung
  6. Universitas Airlangga
  7. Universitas Andalas
  8. Universitas Brawijaya
  9. Universitas Diponegoro
  10. Universitas Gadjah Mada
  11. Universitas Hasanuddin
  12. Universitas Indonesia
  13. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  14. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  15. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  16. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  17. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  18. Universitas Jember
  19. Universitas Lampung
  20. Universitas Negeri Gorontalo
  21. Universitas Negeri Jakarta
  22. Universitas Negeri Makassar
  23. Universitas Negeri Malang
  24. Universitas Negeri Padang

dan Masih banyak lagi.


Demikian informasi mengenai akreditasi perguruan tinggi, mulai dari definisi, pentingnya akreditasi, hingga cara melihat akreditasi perguruan tinggi tersebut. 

Semoga bisa bermanfaat bagi sobat simbus.

Posting Komentar

tryout gratis