Tryout UTBK-SNBT Gratis

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk yang Suka Ngomong


Menjadi seseorang yang gemar berbicara didepan umum memang menjadi keunggulan tersendiri. Bakat berbicara tersebut bisa kita kembangkan jika memilih jurusan kuliah yang tepat. Pada artikel kali ini kita akan membahas jurusan kuliah yang cocok untuk orang yang suka berbicara di depan umum. 


1. Ilmu Komunikasi

Tentunya jurusan ini akan sangat cocok untuk orang yang suka berbicara dan mempunyai bakat komunikasi publik.

Jurusan ilmu komunikasi mempelajari berbagai macam aspek komunikasi manusia, mulai dari komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, komunikasi massa, hingga komunikasi lintas budaya. 

2. Jurnalistik

Jurusan jurnalistik akan mengajarkan kita bagaimana caranya mengorek informasi dari narasumber, melaporkan informasi, hingga menjadi presenter berita. Dengan bakat berbicara yang kita miliki jurusan jurnalistik sangatlah cocok untuk menempa bakat alami ini.

3. Kedokteran

Percaya atau tidak, jurusan dokter memang cocok menjadi pilihan bagi orang yang suka ngomong, pasalnya seorang dokter dituntut untuk bisa menjelaskan diagnosis penyakit pasien dengan bahasa yang mudah dimengerti, seorang dokter akan mempelajari ilmu komunikasi yang baik agar bisa menyampaikan informasi dengan tepat kepada pasien.

Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan dengan tingkat persaingan tinggi, oleh karena itu jika kalian mendaftar PTN lewat jalur SNBT harus mempersiapkannya dari sekarang dan juga bisa mengikuti tryout snbt simbus ptn untuk mengetahui peluang lulusmu.

4. Pendidikan

Jika kamu ingin menggunakan kemampuan komunikasi kamu untuk membantu orang lain dalam belajar dan mengembangkan potensi mereka, maka jurusan Pendidikan bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam program studi ini, Kita akan mempelajari teori dan praktik pembelajaran serta pengajaran, strategi komunikasi efektif dalam mengajar, dan teknologi pendidikan. Kita akan dilatih untuk menjadi seorang pendidik yang inspiratif, mampu memotivasi siswa, dan membantu mereka mencapai kesuksesan akademik dan pribadi.

5. Psikologi

Meskipun mungkin tidak terdengar seperti jurusan yang berfokus pada komunikasi, psikologi sebenarnya juga menawarkan banyak peluang bagi mereka yang gemar berbicara dan mendengarkan orang lain. Dalam program studi ini, Kita akan mempelajari tentang proses mental dan perilaku manusia, termasuk komunikasi interpersonal, keterampilan sosial, dan dinamika kelompok. Kita akan belajar bagaimana memahami motivasi, emosi, dan pola pikir orang lain, serta mengembangkan keterampilan dalam memberikan dukungan dan konseling.

6. Teater dan Seni Pertunjukan

Jika Kita menikmati ekspresi diri melalui kata-kata, gerakan, dan emosi, maka jurusan Teater dan Seni Pertunjukan bisa menjadi pilihan yang menarik. Dalam program studi ini, Kita akan belajar tentang teori-teori teater, teknik akting, penyutradaraan, serta produksi dan manajemen pertunjukan. Kita akan memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal, serta mempelajari cara berinteraksi secara efektif dalam situasi peran.

7. Bahasa dan Sastra

Jurusan Bahasa dan Sastra cocok untuk mereka yang memiliki minat dalam mempelajari berbagai bahasa dan karya sastra. Dalam program studi ini, Kita akan memperdalam pemahaman tentang struktur bahasa, sastra klasik dan kontemporer, serta budaya-budaya yang terkait dengan bahasa yang dipelajari. Kita akan dilatih untuk menjadi penerjemah, penulis, atau peneliti yang dapat berkomunikasi dengan lancar dan memahami nuansa bahasa dengan baik.

8. Politik dan Hubungan Internasional

Jika Kita tertarik dalam mengkaji isu-isu politik, diplomasi, dan hubungan internasional, maka jurusan Politik dan Hubungan Internasional bisa menjadi pilihan yang menarik. Dalam program studi ini, Kita akan mempelajari teori politik, analisis kebijakan, diplomasi, serta hubungan antar negara. Kita akan dilatih untuk menjadi pembicara yang mampu memahami dan mengartikulasikan berbagai isu global dengan jelas dan persuasif.

9. Hukum

Jurusan Hukum menawarkan peluang bagi mereka yang memiliki minat dalam memahami sistem hukum dan berbicara dalam konteks legal. Dalam program studi ini, Kita akan mempelajari prinsip-prinsip hukum, penelitian hukum, penulisan kasus, serta persiapan dan penyelesaian kasus. Kita akan diajarkan keterampilan komunikasi yang diperlukan untuk berinteraksi dengan klien, rekan kerja, dan pihak-pihak terkait lainnya dalam praktik hukum.


Itulah beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk orang yang gemar bicara dan mempunyai bakat komunikasi yang baik. Selain mengambil jurusan yang berhubungan dengan komunikasi, Kita sebagai orang yang gemar berbicara juga masih bisa mengambil jurusan lain yang mungkin lebih cocok dengan minat kita.

Posting Komentar

tryout gratis