Tryout UTBK-SNBT Gratis

BEM dan HIMA Apa Perbedaannya? Yuk Simak Penjelasan Ini



Mahasiswa merupakan bagian integral dari kehidupan kampus. Mereka tidak hanya berkutat pada aktivitas akademis, tetapi juga terlibat dalam kegiatan non-akademis yang berperan penting dalam mengembangkan karakter, kepemimpinan, dan keterampilan sosial. Dalam struktur organisasi di perguruan tinggi, terdapat dua entitas utama yang mewadahi aspirasi serta kegiatan mahasiswa, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa (HIMA). Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, namun terdapat perbedaan signifikan dalam fokus, tugas, dan ruang lingkup kerja. Mari kita telaah lebih lanjut perbedaan antara BEM dan HIMA.

1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi resmi yang mewakili seluruh mahasiswa di tingkat universitas. Berikut beberapa karakteristik utama BEM:

Fokus Utama:

BEM memiliki fokus yang lebih luas dan umum, mewakili kepentingan dan aspirasi semua mahasiswa di tingkat universitas.

Tugas utamanya adalah memperjuangkan hak-hak mahasiswa, memfasilitasi kegiatan akademis dan non-akademis, serta memperjuangkan isu-isu sosial dan politik yang relevan dengan lingkungan kampus.

Struktur Organisasi:

BEM dipimpin oleh seorang ketua atau presiden BEM yang dipilih melalui pemilihan umum.

Strukturnya terdiri dari berbagai departemen dan divisi yang mengelola beragam program dan kegiatan.

Kegiatan:

BEM mengorganisir berbagai macam kegiatan, mulai dari seminar, diskusi, aksi sosial, hingga festival dan acara budaya.

Mereka juga berperan dalam mengelola dan memfasilitasi hubungan antara mahasiswa dengan pihak universitas serta pemerintah daerah.


2. Himpunan Mahasiswa (HIMA)

Himpunan Mahasiswa (HIMA) merupakan organisasi yang mewadahi mahasiswa dari program studi atau jurusan tertentu. Berikut beberapa karakteristik utama HIMA:

Fokus Utama:

HIMA memiliki fokus yang lebih spesifik, memperjuangkan kepentingan dan aspirasi mahasiswa dari satu program studi atau jurusan tertentu.

Mereka berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, membantu mahasiswa dalam akademik, serta mengadakan kegiatan yang relevan dengan bidang studi mereka.

Struktur Organisasi:

HIMA dipimpin oleh seorang ketua atau presiden HIMA yang juga dipilih melalui pemilihan umum di tingkat program studi atau jurusan.

Strukturnya biasanya lebih sederhana dibandingkan BEM, tetapi tetap memiliki beberapa departemen atau divisi yang mengelola kegiatan internal dan eksternal.

Kegiatan:

Kegiatan yang diadakan oleh HIMA lebih fokus pada bidang studi tertentu, seperti seminar keilmuan, workshop, kunjungan industri, dan kegiatan akademik lainnya.

Mereka juga bertanggung jawab dalam mengelola dan memfasilitasi kegiatan akademik yang berkaitan dengan program studi mereka.


Kesimpulan

Meskipun BEM dan HIMA memiliki tujuan yang sama dalam mewadahi aspirasi serta kegiatan mahasiswa, namun keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam fokus, struktur organisasi, dan jenis kegiatan yang diadakan. BEM mewakili seluruh mahasiswa di tingkat universitas dengan fokus pada isu-isu umum, sedangkan HIMA mewakili mahasiswa dari satu program studi atau jurusan dengan fokus pada isu-isu yang lebih spesifik sesuai dengan bidang studi mereka. Keduanya memiliki peran yang penting dalam memperjuangkan hak dan kepentingan mahasiswa serta dalam memperkaya pengalaman belajar di lingkungan kampus.

Posting Komentar

tryout gratis