Tryout UTBK-SNBT Gratis

9 Jurusan Kuliah Tersulit, Apakah Jurusanmu Salah Satunya?

jurusan kuliah tersulit

Menjalai perkuliah pada jurusan pilihan memang menjadi kebahagian tersendiri. Tapi apakah kita tahu ada jurusan kuliah tersulit yang diperlukan dedikasi tinggi untuk luluss dari jurusan tersebut.

Dibilang sulit karena ilmu yang dipelajarinya memerlukan pengetahuan ekstra di atas rata-rata jurusan kuliah lainnya. Penasaran apa saja jurusannya? yuk simak berikut ini


Jurusan Kuliah Tersulit


1. Fisika

Fisika adalah jurusan kuliah yang mempelajari hukum alam dan matematika tingkat tinggi. Mahasiswa yang masuk jurusan ini memerlukan pengetahuan tentang matematika dan kemampuan memecahkan masalah komplk.


2. Matematika

Walaupun jurusan ini sudah cukup umum dan banyak diminati oleh calon mahsiswa, tapi kenyataannya mahasiswa yang masuk ke jurusan ini juga orang-orang yang sedari awal menyukai matematika. Karena tak semua orang menyukai ilmu hitung-menghitung ini. 


3. Teknik Nuklir

Dari nama jurusannya saja sudah membuat orang berfikiran bahwa untuk masuk jurusan ini sangat sulit, apalagi keluarnya.

Mahasiswa jurusan teknik nuklir akan mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material.


4. Kedokteran

Menjadi jurusan yang paling banyak diminati lewat jalur snbt bukan berarti karena jurusan ini mudah, justru sebaliknya, jurusan ini terkenal dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan masa studinya pun lama.


5. Kimia

Jurusan kuliah tersulit selanjutnya ialah jurusan kimia. Jurusan ini mempelajari tentang ilmu kimia meliputi sifat, struktur, hingga reaksi zat-zat kimia. 

Mahasiswa lulusan jurusan ini akan mendapatkan gelar S.Si atau Sarjan Sains. 


6. Teknik Aeroangkasa

Ingin menjadi penerus B.J. Habibie? kamu bisa mengambil salah satu jurusan tersulit ini, yaitu Teknik Aeroangkasa atau Teknik Penerbangan. 

Jurusan ini akan mempelajari perancangan, pembuatan, dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa. Teknik Aeroangkasa juga berkaitan dengan aspek penerbangan di dalam atmosfer Bumi, seperti pesawat komersil, helikopter, dan pesawat militer.


7. Hukum

Jurusan hukum menjadi tersulit karena harus mempelajari segala aspek hukum yang ada, selain itu berkuliah di jurusan ini juga harus memiliki skill komunikasi yang mumpuni.


8. Arsitektur

Teknik dan seni berpadu menjadi satu dalam jurusan arsitektur. Jurusan yang mempelajari struktur bangunan ini menjadi salah satu jurusan kuliah tersulit. Mahasiswa dituntut memahami perancangan bangunan yang tepat dan efisien dan tetap mengedepankan estetika.


9. Astronomi

Masuk jurusan ini sudah sulit, saat sudah masuk pun mempelajari ilmu-ilmunya cukup sulit. Terlebih di Indonesia hanya ada satu kampus yang membuat jurusan Astronomi yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).


Itulah beberapa jurusan tersulit versi Simbus PTN, apakah di antara kalian ada yang memilih jurusan kuliah tersulit di atas? coba comment di bawah ya.

Posting Komentar