Tryout UTBK-SNBT Gratis

10 Prodi Favorit di Universitas Indonesia

prodi favorit di universitas Indonesia

Universitas Indonesia menjadi salah satu PTN unggulan dan favorit para calon mahasiswa Indonesia. Saat ini terdapat sekitar 290an program studi yang ada di Universitas Indonesia. Lalu dari 290 an prodi tersebut, prodi apa saja yang menjadi favorit? kita akan bahas pada artikel ini.

Mengetahui prodi favorit di Universitas Indonesia bisa menjadi informasi penting jika kita ingin masuk kuliah di UI. Karena biasanya prodi yang favorit pasti memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Sedangkan dalam memilih jurusan kita juga harus memperhatikan aspek persaingan. Maka dari itu kita akan bahas lengkap 10 Program Studi Favorit di UI.


Daftar Prodi Favorti di Universitas Indonesia


1. Pendidikan Dokter

Prodi Pendidikan Dokter atau sarjana kedokteran menjadi salah satu unit tertua di Universitas Indonesia. Univeristas Indonesia telah mengembangkan pengajaran mereka yang sesuai standar internasional pengajaran ilmu kedokteran. Tak heran bahwasanya prodi ini menjadi yang ter favorit di Univeristas Indonesia.


2. Ilmu Psikologi

Fakultas Psikologi UI menjadi peringkat satu di Indonesia dan peringkat 301-400 dunia, menjadikan program studi psikologi Universitas Indonesia incaran para calon mahasiswa. Hal itu dibuktikan dengan minat peserta SNBT tahun 2022 yang mencapai lebih dari 2.600 peserta yang mana daya tampung Psikologi UI pada jalur SNBT hanya sebanyak 99 mahasiswa.


3. Prodi S1 Ilmu Hukum UI

Fun fact: Mba Najwa Shihab juga lulusan Fakultas Hukum UI loh. 

Fakultas Hukum UI telah melahirkan banyak tokoh terkenal dalam bidang hukum, tak heran prodi ilmu hukum ui menjadi salah satu ter favorit. 

Peminat jalur SNBT pada tahun 2022 saja hampir sama dengan ilmu psikologi yaitu sekitar 2.600 peserta jalur SNBT. 


4. Prodi S1 MANAJEMEN

Pada tahun 2016 program studi S1 Manajemen Universitas Indonesia telah menerima akreditasi A dengan skor 371 dari 400 skor maksimal. Sebuah skor yang fantastis hampir mencapai sempurna.

Dengan akreditasi yang baik tersebut, Prodi S1 Manajemen UI menjadi favorit para calon mahasiswa. Pada tahun 2022 sebanyak 2.300 calon mahasiswa ingin masuk ke program studi ini dan pastinya terus meningkat setiap tahunnya.


5. S1 Ilmu Komunikasi

Prodi favorit di Universitas Indonesia selanjutnya adalah S1 Ilmu Komunikasi. Prodi ini memiliki peminat yang cukup tinggi di jalur SNBT yaitu sebanyak 1.900an calon mahasiswa. 


6. Ilmu Komputer

Program Studi S1 Ilmu Komputer merupakan prodi di bawah naungan fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI). 

Program Studi Ilmu Komputer UI telah berkiprah kurang lebih 30 tahun dan telah diakui kualitas dan kemampuannya dalam memberikan pendidikan pada jenjang sarjana di bidang ilmu komputer. 


7. S1 Akuntansi

Prodi S1 Akuntansi juga menjadi salah satu prodi favorit di Universitas Indonesia. Pasalnya program studi ini telah diakui oleh dunia industri dan memberikan landasan yang kuat bagi calon akuntan profesional. 

Pastinya dengan bukti dari lulusan akuntasi UI yang telah sukses para calon mahasiswa yang ingin belajar akuntansi akan memilih Prodi Akuntansi Universitas Indonesia sebagai tujuan kuliahnya.


8. Program Studi S1 Sistem Informasi UI

Program Studi S1 Sistem Informasi UI telah menerima akreditas A, itu berarti program studi ini menjadi salah satu yang terbaik di antara prodi sistem informasi dari seluruh perguruan tinggi Indonesia.

Dengan begitu calon mahasiswa yang tertarik dengan jurusan ini, pasti akan memilih Universitas Indonesia sebagai target PTN mereka. 


9. Program Studi S1 Kriminologi UI

Prodi favorit di Universitas Indonesia selanjutnya adalah prodi S1 Kriminologi. 

Program Studi ini mempelajari berbagai aspek tentang kejahatan seperti faktor penyebab timbulnya kejahatan hingga merumuskan alternatif kebijakan dalam penanggulangan kejahatan. 

Prodi ini di UI sendiri memiliki peminat yang tinggi, yaitu sekitar 1.200 mahasiswa ingin masuk program studi ini melalui jalur SNBT.


10. S1 Ilmu Hubungan Internasional

Daftar prodi favorit ui yang terakhir adalah S1 Ilmu Hubungan Internasional. 

Ilmu Hubungan Internasional UI yang di bawah naungan FISIP UI ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkemampuan untuk memahami, menjelaskan, dan menganalisis beragam fenomena dalam hubungan internasional. Mereka juga dapat berperan secara aktif dalam berbagai bidang profesi yang relevan, baik di sektor pemerintahan, riset, pendidikan, maupun sektor lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional.


Jadi bagaimana, apakah dari daftar prodi favorit UI di atas ada prodi tujuan kamu? 

Coba spil di kolom komentar ya.

Posting Komentar

tryout gratis