Tryout UTBK-SNBT Gratis

Kamus MaBa: Pengertian Fakultas dan Contohnya

pengertian fakultas

Hai Sobat Simbus, bagaimana dengan persiapan menghadapi snbt 2024 nya? apakah lancar. Sobat Simbus pasti pernah mendengar istilah fakultas kan? Sebenarnya apa sih fakultas itu? Yuk kita bahas!

Pengertian Fakultas

Kata fakultas merupakan serapan dari bahasa latin yaitu facultas, merupakan bagian administratif pasa sebuah universitas.

Arti umumnya seperti ini Sobat Simbus, fakultas adalah sebuah divisi dari suatu universitas yang terdiri dari subyek, atau sejumlah program studi terkait. 

Kalau kita analogikan dalam suatu organisasi kecil seperti OSIS (Organisasi Intra Sekolah) Fakultas merupakan departemen, jadi dalam sebuah departemen tersebut ada program-program yang akan di jalankan. 


Contoh Fakultas dalam Universitas/Perguruan Tinggi

Agar lebih mudah dimengerti mari kita ke contohnya langsung.

Pada Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terdapat beberapa fakultas, salah satunya adalah Fakultas Matematika dan IPA atau biasa disingkat FMIPA.

Dalam fakultas tersebut, terdapat beberapa program studi yang relevan sesuai namanya yaitu, S1 Fisika, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Matematika, S1 Kimia, dan masih banyak lagi.

Apakah satu fakultas hanya ada program sarjana? tentu tidak.

Kita ambil contoh salah satu fakultas di UNJ juga yaitu Fakultas Teknik. 

Fakultas ini menaungi 2 program yaitu Diploma Tiga (D3) dan Sarjana (S1), masing-masing program juga memiliki program studinya. 

Bahkan beberapa universitas unggulan lainnya, dalam satu fakultas terdapat 4 program, Diploma Tigas (D3), Diploma Empat (D4), Sarjana (S1), Master (S2), dan juga beberapa fakultas di universitas yang sudah mempunyai program Doctor (S3).


Dari penjelasan di atas, apakah sudah memahami pengertian dari fakultas? 

Jadi misal tetangga tanya, kuliah di fakultas apa mba/mas? jawab saja sesuai pengertian tadi.

Oke kalau begitu kita akhiri pembahasan kali ini dengan bseryukur (alhamdulillah). 

Komen kalian ingin kuliah di fakultas apa.

Posting Komentar

tryout gratis