Tryout UTBK-SNBT Gratis

Kamu Harus Tahu! 7 Perlengkapan Kuliah untuk Maba ini


Simbus PTN - Jika kamu menemukan artikel ini, itu berarti 90% kamu telah lolos ptn favoritmu. Bagaimana dengan bayanganmu tentang menjadi maba? apakah menyenangkan?. Menyenangkan atau tidak yang terpenting adalah kita harus mempersiapkannya dengan baik, salah satunya dengan menyiapkan perlengkapan kuliah yang tepat dan yang dibutuhkan oleh seorang maba.

Dunia perkuliahaan akan berbeda dengan sekolah menengah, ada beberapa perlengkapan yang harus kita siapkan khusus untuk menunjang kegiatan perkuliahan.

Tentunya perlengkapan kuliah tersebut akan sangat banyak ya, namun disini kami hanya membahas yang penting dan sangat dibutuhkan oleh seorang maba.


7 Perlengkapan Kuliah untuk Maba

Berikut ini perlengkapan kuliah untuk maba yang menurut kami sangat dibutuhkan oleh seorang maba agar bisa menunjang kegiatan perkuliahannya.


1. Baju Kuliah

contoh baju kuliah
Contoh Baju Kuliah Src: Blibli


Kenapa baju kuliah masuk dalam perlekapan kuliah? Karena menurut penulis, baju kuliah merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk kita siapkan.

Baju kuliah disini bukan berarti kita harus membeli baju baru ya, akan tetapi kita harus menyiapkan beberapa stel baju yang dikhususkan untuk berangkat kuliah.

Kalau bisa kita membuat jadwal baju kuliah yang akan dipakai setiap harinya, dengan begitu kita tidak akan kekurangan baju dan tetap tampil kece saat kuliah.

Rekomendasi Toko Online untuk pembelian baju kuliah: https://s.shopee.co.id/5VBGxeT5HS


2. Laptop

perlengkapan kuliah laptop
contoh laptop untuk kuliah src: buka review


Laptop adalah perlengkapan kuliah yang saat ini hampir wajib kita punya. Karena akan banyak kegiatan kuliah yang memerlukan laptop sebagai media atau alat penunjang.

Contoh saja saat kita diberikan tugas untuk membuat makalah, maka laptop akan sangat dibutuhkan untuk membuat dokumen tersebut.

Lalu bagaimana kalau saya tidak punya laptop? 

Tidak bisa dipungkiri memang, sebagian mahasiswa belum bisa memiliki laptop sendiri.

Tapi tenang saja, kami disini akan coba memberikan solusinya. 

Langkah pertama untuk memenuhi perlengkapan kuliah ini adalah dengan cara meminjang kepada teman, tentunya ada resiko disini ya. Karena teman anda juga membutuhkan laptop jadi akan memerlukan waktu untuk kita bisa menggunakannya. Terlebih lagi ada resiko rusak di tangan kita yang berakibat kita harus menanggung biaya perbaikan.

Solusi kedua adalah dengan menggunakan smartphone untuk menyusun dokumen atau menunjang belajar lainnya. Kita bisa beli keyboard dan mouse eksternal agar lebih cepat dalam membuat dokumen. Hanya saja solusi ini hanya berlaku jika sekedar membuat dokumen, dan tidak akan bisa untuk menunjang kegiatan belajar yang membutuhkan software berat.

Solusi ketiga adalah dengan ke warnet, kita bisa dengan leluasa membuat tugas disitu. Pastikan cari warnet yang spek komputernya memadai.


3. Smartphone

Contoh smartphone untuk mahasiswa baru src:sediksi


Kami telah menyingung smartphone di atas yang bisa menjadi alternatif perlengkapan kuliah laptop.

Namun, sebenarnya perang dari smartphone lebih dari itu. Banyak kegiatan kuliah atau pemberian informasi tentang kuliah yang cukup kita akses menggunakan smartphone.

Dan jangan kaget grup whatsappmu bertambah banyak, karena saat masuk kuliah pasti akan ada beberapa grup yang dibuat seperti grup kelas, grup kegiatan mahasiswa dan lain sebagainya.


4. Alat Tulis

alat tulis untuk kuliah
Contoh alat tulis untuk kuliah


Sebagai seorang pelajar, alat tulis adalah wajib tidak ada toleransi disini.

Karena dengan adanya alat tulis kita bisa mencatat dan mengerjakan tugas kuliah dengan lancar. 

Adapun perlengkapan alat tulis yang kita perlu siapkan dalam perkuliahan antara lain:

  • Buku tulis
  • Notebook/buku catatan
  • Pulpen
  • Pensil
  • Penghapus
  • Tipe X
  • Sticky note
  • Highlighter
  • Penggaris

5. HVS

Contoh HVS dari merek sidu,, ukuran A4 70 Gsm


Kertas HVS bisa kita siapkan bisa tidak, akan tetapi akan lebih hemat jika kita sudah menyiapkan sendiri. 

Karena akan banyak tugas yang mewajibkan kita mencetak dokumen, dengan menyiapkan HVS sendiri kita akan berhemat karena tinggal datang ke percetakan lalu memproses cetaknya dengan kertas yang ktia bawa.


6. Tas Kuliah

Perlengkapan kuliah selanjutnya adalah tas kuliah. Kita harus tahu kebutuhan tas kuliah yang sesuai dengan barang yang akan kita bawa. 

Jika kita sering membawa laptop ke kampus, sebaiknya siapkan tas kuliah yang mendukung partisi laptop, karena akan lebih aman. Bisa juga totebag dan laptop ditaroh tas tersendiri (khusus laptop).


7. Flash Disk/Penyimpanan Eksternal

Menjadi mahasiswa bukan hanya soal mencatat dengan alat tulis. Banyak tugas yang mendorong kita untuk menyimpan file, dan tak jarang file tersebut berkapasitas besar. 

Dengan mempunyai penyimpanan eksternal seperti flash disk, hard disk dan lain sebagainya, kita akan lebih mudah manajemen penyimapanan file-file tersebut.

Adapun alternatif lain yaitu dengan menggunakan penyimpanan cloud (Cloud Storage) seperti google drive dan one drive. Akan tetapi penyimpanan tersebut membutuhkan internet dan perlu upgrade premium jika membutuhkan kapasistas lebih.


Itulah 7 perlengkapan kuliah yang sebaiknya seorang maba persiapkan agar bisa menunjang kegiatan perkuliahan mereka.

Ada pendapat lain? yuk diskusikan di kolom komentar.


Posting Komentar

tryout gratis