Tryout UTBK-SNBT Gratis

7 Universitas Terbaik di Semarang Versi Edurank

7 Universitas Terbaik di Semarang

Table of Contents

Hai Sobat Simbus, ada yang tertarik kuliah di Semarang? atau memang kamu sudah mentarget salah satu universitas terbaik di semarang?

Pada artikel ini kita akan membahas 10 kampus terbaik yang ada di Semarang baik itu PTN ataupun PTS versi EduRank.

EduRank merupakan lembaga pemeringkatan asal Amerika, mereka mengukur kinerja suatu universitas, fakultas ataupun sistem keilmuan diseluruh dunia. Pemeringkatan yang dilakukan oleh EduRank ini berdasarkan berbagai faktor seperti kualitas pengajaran, riset, serta citra universitas.

Nah pada artikel ini, kita mengambil data universitas terbaik di Semarang melalui EduRank. Penaran apa saja daftar universitasnya? Simak berikut ini.


1. Universitas Dipenogoro (UNDIP)

Siapa sih yang gak tahu UNDIP, Universistas Negeri di Semarang ini menjadi peringkat pertama Kampus Terbaik di Semarang Versi EduRank dan nomor 7 seluruh Indonesia.

UNDIP menawarkan fasilitas yang lengkap mulai dari persputakaan, laboratorium, masjid, arena olahraga, hingga menyediakan rumah susun bagi mahasiswa. 

Selain itu sistem pengajaran disini pastinya memiliki standar yang tinggi, sehingga menjadikan UNDIP sebagai universitas terbaik di Semarang.


2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

UNNES menempati urutan kedua di EduRank sebagai jejeran universitas terbaik di Semarang. 

Universitas Negeri yang terletak di pusat Semarang ini menawarkan berbagai macam fasilitas  yang akan membantu mahasiswa mencapai pembelajaran yang efektif, seperti UNNES Training Center, Pusat pengembangan karir dan usaha, Pusat Bahasa dan Budaya, hingga UNNES Press. 

UNNES berkomitmen menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi ilmu kependidikan dan berkarakter, profesional, kompeten, dan kompetitif dengan menyelenggarakan pendidikan yang cemerlang dan bereputasi dunia.

Oiya UNNES juga menjadi salah satu Favorit calon mahasiswa jalur snbt loh.


3. Universitas Katolik Soegijapranata

Unika Soegijapranata, sebuah perguruan tinggi swasta pertama di Jawa Tengah, berhasil meraih akreditasi "A" pada tanggal 26 Januari 2017. 

Awalnya, universitas ini bermula dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Cabang Semarang yang didirikan pada tahun 1964, dan kemudian berubah menjadi Institut Teknologi Katolik Semarang (I.T.K.S.) pada tahun 1973. 

Pada tanggal 5 Agustus 1982, melalui Surat Keputusan Mendikbud RI tertanggal 24 September 1983 Nomor.0400/0/1983, I.T.K.S. berganti nama menjadi Universitas Katolik Soegijapranata.


4. Universitas Islam Sultan Agung

Menempati urutan ke-4 UNISSULA menjadi salah satu universitas terbaik di Semarang dengan Akreditasi Unggul BAN PT. 

Universitas Islam Sultan Agung bertujuan membangun generasi Khaira Ummah, mengembangkan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi atas dasar nilai-nilai Islam dan membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil’alamin.

Dilengkapi fasilitas yang lengkap seperti RSI dan RS Pendidikan Sultang Agung sebagai fasilitas belajar mahasiswa kedokteran dan Kesehatan, menjadikan UNISSULA layak sebagai universitas terbaik di Semarang, Jawa Tengah.


5. Universitas Dian Nuswantoro

Univeristas Dian Nuswantoro dalah universitas swasta yang terakreditasi A dan menjadi salah satu universitas terbaik menurut EduRank. 

UDINUS terletak di Kecamatan Semarang Tengah dan juga beberapa kota lainnya seperti Kediri dan Lombok.

Perguruan Tinggi Swasta ini identik dengan multikultural dimana mahasiswanya berasal dari berbagai latar belakang suku, agama, dan budaya.


6. Universitas Semarang

USM atau Universitas Semarang berbeda ya dengan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

USM adalah universitas swasta yang menempati posisi 6 universitas terbaik di Semarang versi EduRank dan menempati peringkat 135 di Indonesia.


7. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (UIN Walisongo)

Universitas terakhir yang menempati peringkat terbaik di Semarang adalah UIN Walisongo. 

UIN Walisongo menjadi Universitas Islam Negeri Terbaik di Semarang dengan menyediakan fasilitas yang menunjang pembelajaran mahasiswa seperti Auditorium, Gedung Serba Guna, Laboratorium Bahasa, Laboratorium MIPA, Lapangan Tenis, Perpustakaan, Wisma, Layanan Bank, dan Ma'Had.


Demikian 7 Universitas terbaik yang ada di Semarang Versi EduRank. Semoga bisa membantu Sobat Simbus dalam menentukan kampus tujuan di Semarang. 

Jangan lupa untuk mengukur peluang lulusmu di SNBT 2024, melalui tryout snbt Simbus PTN.

Stay tune untuk informasi menarik lainnya.

Posting Komentar

tryout gratis