Tryout UTBK-SNBT Gratis

Mengenal Universitas Negeri Makassar (UNM), Sejarah Hinggga Fasilitasnya

universitas negeri makassar

Anda yang telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri, ada rekomendasi untuk Anda, yaitu Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berlokasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Sejarah Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar tidak dapat dipisahkan dari sejarah pendirian IKIP Ujung Pandang sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Awalnya, IKIP Ujung Pandang merupakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dari Universitas Hasanuddin Makassar, berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) tanggal 1 Agustus 1961 hingga 31 Agustus 1964, serta Keputusan Menteri PTIP No. 30 Tahun 1964 tanggal 1 Agustus 1961. 

Dari September 1964 hingga Januari 1965, statusnya adalah IKIP Yogyakarta cabang Makassar, berdasarkan Keputusan Menteri PTIP No. 154 Tahun 1965 tanggal 1 September 1965. Pada periode 5 Januari hingga 3 Agustus 1999, statusnya adalah mandiri dengan nama IKIP Makassar, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 272 Tahun 1965 tanggal 5 Januari 1965. 

Selanjutnya, sejak 1 April 1972, IKIP Makassar berubah menjadi IKIP Ujung Pandang mengikuti perubahan nama Kotamadya Makassar menjadi Kotamadya Ujung Pandang. Pada 4 Agustus 1999, statusnya berubah menjadi Universitas dengan nama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999.

Visi UNM

UNM sebagai pusat pendidikan, pengkajian dan pengembangan pendidikan, sains, teknologi, dan seni berwawasan kependidikan dan kewirausahaan.

Misi UNM

  • Menyelenggarakan kegiatan Tridharma untuk menghasilkan sumber daya manusia profesional dalam bidang kependidikan dan nonkependidikan yang berwawasan kewirausahaan.
  • Menciptakan iklim dan budaya akademik yang kondusif sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik ( good university governance).
  • Mengembangkan UNM menjadi universitas penelitian dan pengajaran (teaching and research university) yang dapat memenuhi kebutuhan pembangunan bangsa.
  • Memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa, dan negara.
  • Mengembangkan jejaring dengan pemerintah, swasta, dan/atau/institusi/lembaga/badan lain pada tingkat nasional da internasional.

Kedudukan, Tugas Dan Fungsi Dalam Universitas Negeri Makassar

Sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Universitas Negeri Makassar, kedudukan, tugas, dan fungsi UNM adalah sebagai berikut:

  • Universitas Negeri Makassar, yang selanjutnya disingkat UNM, merupakan perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
  • UNM sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
  • Menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi, serta, jika memenuhi syarat, dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Pemimpin Universitas Negeri Makassar

  • Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn.

    Rektor Universitas Negeri Makassar
  • Prof. Dr. Andi Aslinda, M.SI.

    Wakil Rektor Bidang Akademik
  • Prof. Dr. Ir. M.Ichsan Ali, MT.

    Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan
  • Dr. Arifin Manggau, S.Pd., M. Pd.

    Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
  • Prof. Dr. Syahruddin, M. Kes.

    Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama

Biro Administrasi 

Di bawah Rektor dan Pembantu Rektor terdapat Biro yang berfungsi untuk mengimplementasikan dan mengkoordinasikan program universitas. Biro-biro tersebut adalah sebagai berikut:

  • Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK). Kepala: Drs. Bakkarang, M.Pd
  • Biro Administrasi Perencanaan dan Kerjasama. Kepala:  Mufti Muin Ismail, M.Pd.
  • Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK). Kepala: Dra. Andi Farisna, M.Pd.

Lembaga

Untuk melaksanakan program-program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Negeri Makassar memiliki dua lembaga struktural dan satu lembaga non-struktural:

  • Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
  • Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Unit Pelaksana Teknis (UPT)

Untuk menunjang pelaksanaan program pendidikan, sivitas akademika Universitas Negeri Makassar dilengkapi dengan beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT). Unit-unit ini dirancang untuk memfasilitasi pelaksanaan proses belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. UPT dalam lingkup UNM adalah sebagai berikut:

  1. Perpustakaan
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  3. Layanan Bimbingan dan Konseling
  4. Bahasa

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Republik Indonesia No. 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik, berikut adalah Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara di lingkungan Universitas Negeri Makassar yang telah diperiksa, diverifikasi, dan dikirimkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Fasilitas Yang Ada Di Universitas Negeri Makassar

Fasilitas Umum

Beberapa sarana dan fasilitas umum yang diperlukan dan tersedia di kampus UNM antara lain: Poliklinik, Kantor Kas Pembantu BNI UNM, Kantor Kas Bank Mandiri UNM, Auditorium, Masjid, tempat ibadah, asrama mahasiswa, guest house, sarana olahraga dan kesenian, kafetaria, kantin, toko dan koperasi, tempat parkir, serta wartel.

Poliklinik

Layanan terhadap pemakai jasa medis ditangani oleh 3 dokter umum, 1 dokter ahli penyakit jantung, 1 perawat, 1 bidan, 1 asisten apoteker, 1 perawat gigi, 1 tenaga laboratorium, 1 tenaga administrasi, dan 1 tenaga pembersih. Layanan dokter dilakukan setiap hari kerja pada pukul 11.30 – 13.00; untuk pelayanan khusus penyakit jantung dilakukan pada hari Senin pukul 11.00 – 13.00, dan layanan lainnya tersedia dari pukul 08.30 – 15.00. Jenis layanan yang dapat diperoleh meliputi: pemeriksaan kesehatan umum dan surat keterangan dokter untuk keperluan administrasi bagi yang memerlukannya.

Masjid Nurul Ilmi

Di lingkungan kampus UNM Gunungsari Baru terdapat Masjid Nurul Ilmi dengan luas sekitar 850 m². Pembangunan masjid ini merupakan hasil swadaya warga UNM dan sumbangan dari pemerintah. Di kampus Banta-Bantaeng terdapat mushola dengan luas 30 m², sementara di kampus Parangtambung juga terdapat sebuah masjid.

Asrama Mahasiswa

Untuk menampung mahasiswa yang kurang mampu, Universitas Negeri Makassar menyediakan asrama mahasiswa. Asrama-asrama tersebut masing-masing terletak di Kampus III Banta-Bantaeng, Kampus UPP PGSD Tidung, UPP PGSD Parepare, dan UPP PGSD Bone.

Auditorium/Aula

Universitas Negeri Makassar memiliki 1 buah auditorium yang diberi nama Auditorium Amanagappa dengan luas 2.430 m² dan aula Lanto Dg. Pasewang dengan luas 427 m². Kedua gedung pertemuan tersebut difungsikan sebagai tempat kegiatan sivitas akademika di lingkungan UNM dan juga dapat dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Sarana Olahraga

Untuk sarana olahraga, UNM telah menyediakan berbagai fasilitas di beberapa kampus yang tersebar di berbagai lokasi. Di Kampus Gunungsari, terdapat sarana olahraga berupa beberapa lapangan tenis, lapangan bulu tangkis, dan lapangan bola voli yang digunakan setiap hari oleh sivitas akademika. Sementara itu, di Kampus III Banta-Bantaeng, tersedia berbagai sarana olahraga, termasuk stadion sepak bola, kolam renang, gedung olahraga, ring tinju, dan gedung latihan senam.

Sarana Kesenian

Sarana pentas seni drama bagi mahasiswa seni sebagai media pengembangan minat, bakat, dan kreasi seni mahasiswa terletak di Kampus II UNM Parangtambung.

Koperasi Karyawan

Di lingkungan UNM didirikan koperasi pegawai negeri yang dinamakan Koperasi Karyawan (Lokal) KPN UNM, yang anggotanya terdiri dari dosen dan tenaga administrasi. Jumlah anggota KPN UNM sebanyak 1.185 orang. Bidang usaha yang dioperasikan mencakup dua bidang, yaitu simpan pinjam serta cicilan barang, kebutuhan pokok, dan layanan fotokopi.

Yayasan Pembina

Selain KPN UNM, dibentuk pula Yayasan Pembina Kesejahteraan UNM. Bidang usahanya meliputi pemberian layanan simpan pinjam kepada pegawai negeri UNM dengan bunga rendah, serta penyediaan cicilan untuk barang-barang elektronik bagi pegawai negeri UNM.

Ikatan Alumni

Untuk menjalin hubungan antar alumni UNM, maka dibentuk Ikatan Alumni UNM Makassar, dan gedung alumni bertempat di lingkungan kampus Parang Tambung.

Fakultas Yang Ada Di Universitas Negeri Makassar

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Psikologi
  3. Fakultas Ilmu Pendidikan
  4. Fakultas MIPA
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Bahasa dan Sastra
  7. Fakultas Ilmu keolahragaan
  8. Fakultas Ilmu Sosial
  9. Fakultas Seni dan Desain
  10. Fakultas Ekonomi

Posting Komentar