Tryout UTBK-SNBT Gratis

Ekspektasi vs Realita Pada Di Dunia Perkuliahan

ekspektasi vs realitas dunia perkuliahan

Halo Sobat Para Pejuang PTN!

Pada saat masa SMA, apakah kalian sering berpikir ketika nanti kuliah akan ngapain aja sih, sewaktu perkuliahan. Perlu kalian tahu ada hal-hal yang kalian ingin capai di kuliah, tapi kok beda pada saat sudah masuk di dunia perkuliahan. Berikut dibawah ini adalah Ekspektasi vs Realita yang ada di dunia Perkuliahan.

Sebelum Memasuki Topik Apakah Kalian Tau Bedanya Eksptektasi dan Realita Itu Apa? Simak Penjelasan Dibawah Ini.

Ekspektasi adalah munculnya keinginan, harapan, dan cita-cita untuk sesuatu hal yang ingin dicapai dengan adanya kegiatan dan perilaku yang secara nyata.

Realita adalah realistis atau disebut dengan kenyataan yang dalam bahasa sehari-hari ”hal yang begitu sangat nyata benar-benar adanya”.

Ekspektasi Vs Realitas Ke-1

  • Ekspektasi : Kuliah Itu Tidak Ada Beban

    Bisa bermain game, bisa izin sakit taunya malah pergi ama temen, bisa nongkrong kapan aja, bisa melalaikan tugas meski sudah kasih terakhir mengumpulkan.

  • Realita : Kuliah Itu Beda Dengan Masa Sekolah

    Kuliah itu sangat sibuk dan padat jadwalnya. Meski kalian ada banyak waktu yang sengga pada saat tidak ada kelas, kalian harus tetap menambah skill meski itu diluar jam kuliah, belajar lewat internet, mengikuti seminar, mengikuti komunitas dan dll. Jangan lupa tugas yang dieberikan oleh dosen bisa acak dalam sehari, ada yang pagi, ada yang siang, ada yang sore, dan ada juga pada malam hari.

Ekspekteasi Vs Realitas Ke-2

  • Ekspektasi : Jadwal Kuliah Hanya Sedikit

    Jadwal anak kuliah tuh beda banget pada saat sekolah berangkat pagi pulang sore, kalau anak kuliah ada namanya kelas. Kelas itu jam masuknya bisa acak, ada yang pagi,siang,sore. Dan ada waktu istirahat begitu lama sebelum memasuki kelas kembali.

  • Realita : Jadwal Kuliah Itu Sangat Padat

    Jadwal yang sangat begitu padat, pasti ada waktu istirahat yang begitu lama, tetapi pada saat waktu istirahat, akan ada yang namanya tugas maupun belajar materi lewat internet, dan ada juga yang mengikuti komunitas, lebih padat jadwalnya.

Ekspektasi Vs Realitas Ke-3

  • Ekspektasi : Pasti Ngak Ada PR

    Jadi mahasiswa itu sangat enak tidak terlalu banyak PR, walaupun ada tidak sebanyak pada masa Sekolah Menengah Atas atau biasanya disebut SMA.

  • Realita : Mengerjakan tugas kapanpun dan dimanapun

    Memang tidak banyak PR, tetapi tugas yang akan dikerjakan pada saat di kampus sangat banyak. Seperti adanya praktikum, ada membuat laporan, bahkan ada beberapa tugas harus dikumpulkan pada hari itu juga, meski tugas baru diberikan.

Ekspektasi Vs Realitas Ke-4

  • Ekspektasi : Bisa Memakai Pakaian Bebas

    Mahasiswa tidak ada yang namanya seragam resmi seperti pada masa sekolah, bisa memakai baju bebas, bisa memakai celana bebas, bisa memakai sepatu bebas.

  • Realita : Memakai Pakaian Yang Tertera Sesuai Aturan Di Universitas

    Walaupun memakai pakaian bebas apa saja, tetapi pakaian mahasiswa yang ingin dipakai harus sopan dan rapi. Memakai sepatu formal, kemeja, kaos berkerah, dan bawahan celana panjang. Jangan melarang peraturan seperti, memakai kaos yang ketat, celana pendek, celana ketat, sarung, dan sendal.

Ekspektasi Vs Realitas Ke-5

  • Ekspektasi : Mempunyai Banyak Teman

    Lingkungan yang baru, teman-teman pun pastinya baru. Menyenangkan banget bisa bertemu teman-teman baru dari berbagai daerah indonesia maupun luar indonesia.

  • Realita : Hanya Mempunyai Sedikit Teman

    Faktanya temenan sama anak kuliah itu sangat susah, harus mempunyai circle atau sudah mempunyai hubungan deket, seperti teman masa SMA/SMK. Kalian harus aktif dalam kelas sehingga teman sekelas kamu tau bahwa, kamu berbakat melebihi dari yang lain.


Dari banyak hal yang mengandung pro dan kontra, manakah yang menurutmu itu sangat valid bagi kehidupanmu di dunia perkuliahan.

Posting Komentar